17 Tips Menentukan Pasangan Hidup Yang Baik

17 Tips Memilih Pasangan Hidup yang Baik -- Tips Memilih Pasangan Hidup yang Ideal, Tips Memilih Jodoh yang Baik, Tips Memilih Jodoh yang Baik dan Ideal, Tips Memilih Pasangan yang Tepat Sebelum Menikah, Kriteria Memilih Calon Suami / Istri, Kriteria Jodoh Yang Baik Menurut Islam, Tips Memilih Jodoh yang Baik, Cara Menemukan Pasangan Hidup Yang Tepat.

Kali ini admin akan membuatkan info tentang 17 Tips Memilih Pasangan Hidup yang Baik. Informasi ini ditujukan terutama untuk kau yang ingin mencari pasangan hidup yang baik atau ideal. Mari baca informasinya yang telah admin rangkum berikut ini.

Tips Memilih Pasangan yang Tepat Sebelum Menikah 17 Tips Memilih Pasangan Hidup yang Baik

Memilih pasangan hidup yang baik menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini diharuskan alasannya kita akan hidup bersama pasangan kita selama di dunia hingga akherat kelak.

Dalam menjalani kehidudpan bersama di dunia ini, tentu saja duduk kasus akan muncul dalam kehidupan rumah tangga kita, jikalau pasangan kita ialah orang yang baik, maka duduk kasus bisa segera diselesaikan dan mendapat solusi yang tepat.

Berbeda dengan pasangan yang kurang baik, terkadang sangat gampang untuk berkata pisah. Ketika ada duduk kasus kecil pun sangat gampang untuk berkata "pisah saja kita". Maka dari itu, sebelum kau tetapkan untuk menikahi seseorang, maka kau harus mempertimbangkan banyak hal.

Kita harus mencari tahu cara-cara menentukan pasangan hidup menrut agama dan juga berdasarkan orang-orang ahli. Dengan berbekal panduan tersebut, mudah-mudahan kita mendapat pasangan hidup yang baik sesuai harapan.

Berikut ini ialah beberapa hal yang harus kau pertimbangkan ketika kau ingin menentukan pasangan hidup yang baik. Silahkan dibaca dan pahami.

17 Tips Memilih Pasangan Hidup yang Baik

1. Pilih Pasangan yang Baik Agamanya

Agama ialah hal mutlak yang harus dipertimbangkan. Pilihlah jodoh yang seiman dan seagama. Kamu yang mencari istri atau mencari suami wajib menentukan pasangan hidupmu yang seiman dan seagama alasannya supaya kau bisa menjalakan ibadah bersama-sama, keimananmu bertambah baik dan kau diberi keturutnan belum dewasa yang sholeh dan solehah.

2. Keturunan dari Keluarga Baik-baik

Pepatah mengatakah "buah jatuh tidak jauh dari pohonnya", ini artinya sifat-sifat atau nilai-nilai orang renta akan diturutkan pada anak-anaknya. Jika orang tuanya baik, maka anak-anaknya akan baik juga. Jika orang tuanya kurang baik, maka anak-anaknya juga kurang baik.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa ada orang renta yang baik namun akannya ada juga yang tidak baik. Begitu pula sebaliknya ada orang renta yang kurang baik namun anaknya ada yang baik.

Yang jelas, pastikanlah bahwa keluarga calon pasanganmu ialah keluarga baik-baik dan calon pasanganmu juga orang baik-baik.

3. Memiliki Akhlak yang Baik

Wanita yang mempunyai akhlak yang baik insyaAllah bisa menjadi istri yang baik dan ibu yang baik untuk belum dewasa kita. Begitu pula pria yang baik, maka bisa menjaga keluarga secara utuh dengan memperlihatkan bimbingan kepada istri dan saling mengingatkan untuk kebaikan dan kesabaran.

4. Paras yang Cantik / Tampan

Paras yang manis bisa menentramkan pandangan seorang laki-laki. Makara seorang pria yang akan menentukan pasangan hidup perlu untuk menentukan perempuan yang mempunyai paras cantik.

Sedangkan bagi seorang wanita, kalau bisa dapatkan pasanga hidup yang ganteng alasannya ketampanan seorang pria bisa menciptakan perempuan senang memandangnya.

5. Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Pada dasarnya setiap insan ialah pemimpin. Suami memimpin keluarga dengan membimbing istri dan anaknya, istri membimbing anak-anaknya, dan sebagainya. Memilih pasangan hidup yang mempunyai jiwa kepemimpinan ialah salah satu hal yang harus dipertimbangkan.

6. Memiliki Sifat Penyayang

Pasangan yang sama-sama mempunyai sifat penyayang akan menimbulkan keduanya hidup berbahagia. Sifat penyayang akan membawa banyak kebaikan dan memberi dampak yang besar dalam kehidupan ini.

Kamu juga harus memastikan bahwa rasa sayang yang kau berikan padanya akan dibalas dengan rasa sayang darinya. Pda intinya, kalian berdua harus saling menyayangi. Jadi, pilihlah pasangan hidup yang mempunyai sifat penyayang.

7. Memiliki Ilmu Agama yang Baik

Laki-laki atau perempuan yang mempunyai ilmu agama yang baik akan menjalani hari-harinya dengan nuansa islami. Perilaku atau sikapnya akan dijaga sebaik mungkin serta taat dalam beribadah. Ilmu agama yang baik harus kau pertimbangkan untuk menentukan pasangan hidup.

8. Sehat secara Fisik dan Mental

Laki-laki yang sehat secara fisik dan mental akan bisa bekerja dengan baik untuk memperlihatkan nafkah pada keluarga. Bagitu pula dengan perempuan yang sehat secara fisik dan mental akan membantu suaminya dalam bekerja dan mengurusi rumah tangga. Pilihlah pasangan hidup yang sehat secara fisik dan mental.

9. Utamakan Pilih yang Masih Perawan

Bagi seorang cowok (laki-laki) yang ingin menentukan pasangan hidup sebaiknya menentukan perempuan yang masih perawan. Salah satunya yaitu supaya kehidupan rumah tangga yang dibuat terhindar dari duduk kasus masa kemudian yang tidak baik yang dibawa oleh pasangan.

10. Pilih Wanita yang Bisa Melahirkan Anak

Bagi seorang pria yang akan menentukan pasangan hidup, maka sebaiknya menentukan perempuan yang bisa melahirkan anak.  Andaikan seorang pria muda menikah dengan perempuan berusia 50 tahunan mungkin alasannya perempuan itu kaya, maka kemungkinan untuk mempunyai keturunan sangatlah kecil, maka pilihlah perempuan yang masih muda yang bisa melahirkan anak.

11. Pilih Pasangan Hidup yang Bukan Saudara

Kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk tidak menentukan pasangan hidup yang masing ada silsilah kekeluargaan. Salah satunya yaitu untuk menambah tali persaudaran antar sesama muslim lainnya. Maka pilihlah pasangan hidup dari keluarga muslim lainnya yang tidak ada kekerabatan sedarah.

12. Penyabar dan Penurut

Pilihlah perempuan yang penyabar alasannya perempuan yang demikian akan menguatkan pria untuk semangat bekerja, menentramkan pikiran, dan bisa meredam amarah, mencairkan suasana yang tegang, dan lain-lain. Selain itu, pilih juga perempuan yang penurut. Wanita penurut akan berdasarkan jikalau diberi nasehat baik. Wanita menyerupai itulah yang akan menciptakan pasangan hidupnya semakin baik dan sukses.

13. Memilih Pasangan yang Setia dan Bisa Dipercaya

Memilih pasangan hidup yang setia dan bisa dipercaya itu harus. Dalam menjalani hidup ini pastilah ada kita harus saling menjaga kepercayaan dan setia satu sama lain. Jika kau dan ia sama-sama bisa menjaga kepercayaan dan kesetiaan, maka kebahagiaan akan dirasakan bersama.

Kamu bisa memprediksikan, apakah ia bisa setia dan dipercaya atau tidak ketika kau dan ia saling mengenal. So, pilihlah pasangan hidup yang setia dan bisa dipercaya.

14. Pertimbangkan Kecerdasan Pasangan

Jika kau orang yang santai, sedangkan pasanganmu orang yang sangat luar biasa, maka bisa terjadi ketidakseimbangan ketika bicara atau berkomunikasi sehingga ada rasa kinder ataau kurang puas atas pertanyaan-jawaban yang disampaikan ketika berbicara. Jadi, kecerdasan bisa kau pertimbangkan untuk menentukan pasangan hidup.

15. Status Sosial yang Setara

Status sosial terkadang menjadi salah satu pemicu timbulnya suatu pertengkaran dalam rumah tangga. Status sosial yang dimaksud ialah kekayaan (harta). Menikahi seseorang yang mempunyai harta yang setara akan memperlihatkan keseimbangan dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

Hal ini ditegaskan oleh Rasulullah SAW yang menganjurkan supaya menentukan pasangan hidup yang setara dalam agama dan status sosialnya.

Misalnya : Seorang pria miskin yang menikahi seorang perempuan kaya. Ketika ada suatu duduk kasus dalam keluarga tersebut, bisa saja pria itu dihina oleh istrinya dengan kata-kata yang tidak mengenakkan dan rumah tangga pun bisa-bisa tidak langgeng lagi.

Jadi, pilihlah pasangan hidup yang setara status sosialnya terutama dilihat dari segi kekayaan.

16. Memiliki Ketertarikan pada Hal yang Sama

Setiap orang niscaya mempunyai suatu hobi dan terkadang satu orang bisa mempunyai banyak hobi. Jika kau dan pasangan mempunyai satu hobi yang sama, maka itu ialah hal kasatmata yang bisa menunjang kekerabatan lebih hidup.

Misalnya, jikalau kau suka olahraga dan pasanganmu juga suka olahraga, maka kalian sama-sama mempunyai ketertarikan atau hobi yang sama pada bidang olahraga.

Ketertarikan pada hal yang sama akan menciptakan kekerabatan lebih hidup. Kamu bisa saling support dan ketika bercerita bisa nyambung sehingga kalian berdua bisa nyaman menjalani hubungan.

Jadi, pertimbangkan untuk menentukan pasangan hidup yang mempunyai ketertarikan pada hal yang sama.

17. Pastikan Kamu Cocok dan Nyaman Bersamanya

Ketika kau merasa cocok dan nyaman ketika bersamanya dalam banyak sekali situasi, maka kau telah menemukan calon pasangan hidupmu. Jagalah ia supaya terus bersamamu. Kamu bisa melanjutkan kekerabatan tersebut ke jenjang pernikahan.

Baca juga :

Itulah beberapa Tips Memilih Pasangan Hidup yang Baik untuk dijadikan pertimbangan. Semoga Tips-tips tersebut bisa memperlihatkan pencerahan untuk kita semua terutama yang akan menentukan pasangan hidup (jodoh).

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga kita bisa menemukan jodoh kita segera. Amin. Mari baca juga artikel lainnya. Jangan lupa untuk membuatkan artikel ini dan mengajak teman lain untuk membaca artikel-artikel di blog ini. Cukup sekian dan hingga jumpa lagi.

0 Response to "17 Tips Menentukan Pasangan Hidup Yang Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel