Asal Ajakan Kulkas Atau Lemari Es

Sebuah kulkas (biasa disebut "lemari es") merupakan alat pendingin.
Yng umum perlengkapan keluarga terdiri dari termal terisolasi kompartemen serta pompa panas -kimia atau mekanis berarti-untuk mentransfer panas dari ke lingkungan eksternal (misalnya, ruang di mana ia berada), pendinginan isi ke suhu di bawah lingkungan.
Pendinginan merupakan ternama teknik penyimpanan makanan di negara maju serta bekerja yang dengannya menurunkan tingkat reproduksi bakteri.
Perangkat demikian digunakan bagi atau sanggup juga dikatakan untuk mengurangi proses pembusukan materi pangan.
Mesin pendingin yng melindungi suhu beberapa derajat di atas titik beku air. Kisaran suhu optimum bagi atau sanggup juga dikatakan untuk penyimpanan makanan mudah anyir merupakan 3 sampai 5 ° C (37 sampai yang dengannya 41 ° F).
Sebuah perangkat serupa yng mempertahankan suhu di bawah titik beku air disebut menjdai "freezer".
kulkas merupakan inovasi modern yng relatif di antara perlengkapan dapur .
Ia menggantikan lemari es , yng sudah menjadi alat keluarga biasa selama hampir satu kala serta 1/2 sebelumnya.
Bagi atau sanggup juga dikatakan untuk alasan ini, lemari es adakala disebut menjdai "peti es".
ASal Usul Kulkas atau Lemari Es
Sebelum inovasi kulkas, icehouses digunakan bagi atau sanggup juga dikatakan untuk menyediakan penyimpanan hambar bagi atau sanggup juga dikatakan untuk sebagian tahun. Ditempatkan di bersahabat danau air tawar atau dikemas yang dengannya salju serta es selama demam isu dingin, orang-orang pernah Amat umum. memiliki arti alam masih digunakan bagi atau sanggup juga dikatakan untuk mendinginkan makanan era itu.
Pada pegunungan, limpasan dari pencairan salju merupakan tatacara yng nyaman bagi atau sanggup juga dikatakan untuk mendinginkan minuman, serta selama demam isu hambar yng sanggup menyimpan susu segar lebih usang cuma yang dengannya menyimpannya di luar ruangan.
Pada kala ke-11, para fisikawan Persia serta kimiawan Ibnu Sina (Avicenna) menemukan kumparan pendingin , yng terkondensasi aromatik uap.
Ini merupakan sebuah terobosan dalam penyulingan teknologi serta ia mempergunakan serta memanfaatkan itu dalam bukunya distilasi uap proses, yng memerlukan tabung berpendingin, bagi atau sanggup juga dikatakan untuk menghasilkan minyak esensial .
Pendingin buatan pertama yng diketahui sudah ditunjukkan oleh William Cullen di Universitas Glasgow pada 1748.
Antara 1805, disaat Oliver Evans merancang mesin pendingin pertama yng mempergunakan uap menjdai alternatif cairan, serta 1902 disaat Willis Haviland Carrier mendemonstrasikan pertama AC , puluhan penemu menunjukkan bantuan kemajuan kecil di pendinginan mesin.
Di rumah pendingin menjadi fakta pada tahun 1834 yang dengannya inovasi system pendingin kompresi oleh penemu Amerika Jacob Perkins .
Pada tahun 1850 atau 1851, Dr John Gorrie pertanda pembuat es
Pada tahun 1857, Australia James Harrison membangun dunia es mudah pertama menciptakan serta system pendinginan mesin, serta itu digunakan dalam industri pengepakan daging serta peragian Geelong, Victoria. Ferdinand Carré dari Perancis berbagi system agak lebih kompleks pada tahun 1859.
Tak semisal mesin kompresi-kompresi sebelumnya, yng digunakan menjdai pendingin udara, perlengkapan Carré's terkandung berkembang pesat amonia.
Ini kulkas perembesan diciptakan oleh Baltzar von Platen serta Carl Munters dari Swedia pada 1922, era orang-orang masih mahasiswa di Royal Institute of Technology di Stockholm.
Ini menjadi kunci berhasil di seluruh dunia serta dikomersialisasikan oleh Electrolux . pionir lain salah satunya Charles Tellier , David Boyle , serta Raoul Pictet .
Carl von Linde merupakan orang pertama yng paten serta menciptakan serta kompak kulkas praktis.
Unit-unit rumah umumnya diharapkan instalasi dari motor, bab mekanik serta kompresor, di ruang bawah tanah atau ruang yng berdekatan sedangkan kotak hambar terdapat atau terletak di dapur.
Ada model 1922 yng terdiri dari sebuah kotak kayu dingin, air-cooled kompresor, sebuah watu es serta baki-kubik kaki (0,25 m 3) kompartemen 9, serta biaya $ 714. (A 1922 Model-T Ford cost about $450.)
Pada tahun 1923 Frigidaire memperkenalkan diri pertama-unit yng terkandung. Ihwal waktu yng percis lemari besi berlapis porselen mulai muncul.
Es nampan diperkenalkan lebih serta lebih selama tahun 1920, sampai era ini pembekuan bukan fungsi pemanis dari kulkas modern.
Kulkas pertama bagi atau sanggup juga dikatakan untuk melihat secara luas merupakan General Electric "Monitor-Top" kulkas diperkenalkan pada tahun 1927, disebut karena kemiripannya yang dengannya pistol menara di kapal perang besar lengan berkuasa USS Monitor dari 1860-an.
Majelis kompresor, yng dipancarkan tidak sedikit panas, ditempatkan di atas kabinet, serta dikelilingi yang dengannya sebuah cincin dekoratif.
Menjdai medium pendingin, kulkas ini digunakan baik welirang dioksida, yng korosif terhadap mata serta sanggup memicu kehilangan penglihatan, kulit terbakar sakit serta luka, atau formate metil , yng Amat mudah terbakar, rawan bagi mata, serta beracun andai terhirup atau tertelan.
Tidak sedikit dari unit-unit ini masih fungsional era ini.
System pendinginan tak sanggup secara legal diisi ulang yang dengannya pendingin orisinil rawan andai orang-orang bocor atau rusak.
Pengenalan Freon pada tahun 1920 memperluas pasar kulkas selama 1930-an serta menunjukkan rendah,-toksisitas pengganti yng lebih kondusif bagi atau sanggup juga dikatakan untuk digunakan refrigeran sebelumnya.
Freezer terpisah menjadi umum selama tahun 1940-an, istilah yng ternama pada waktu unit merupakan "deep freeze".
Perangkat ini, atau "peralatan", tak masuk ke produksi massal bagi atau sanggup juga dikatakan untuk digunakan dalam rumah sampai setelah Perang Dunia II.
1950-an serta 1960-an melihat kemajuan teknis semisal otomatis pencairan serta menciptakan es otomatis.
Lebih efisien kulkas dikembangkan pada tahun 1970-an serta 1980-an, walaupun info lingkungan memicu pelarangan yng Amat efektif freon) refrigeran
Awal kulkas model (dari 1916) memiliki kompartemen hambar bagi atau sanggup juga dikatakan untuk nampan es batu.
Dari simpulan 1920-an sayuran segar sudah sukses diproses melalui pembekuan oleh Perusahaan Postum (pendahulu dari General Foods ), yng sudah mengakuisisi teknologi disaat membeli hak bagi atau sanggup juga dikatakan untuk Clarence Birdseye 's segar metode pembekuan berhasil.
Software yng sukses pertama dari makanan beku terealisasi disaat Jenderal Makanan pewaris Marjorie Merriweather Post (lantas istri Joseph E. Davies , Duta Besar AS bagi atau sanggup juga dikatakan untuk Uni Soviet) yng dikhususkan kelas freezer komersial di Spaso House, Kedutaan Besar AS di Moskow, sebelum yng Davies 'kedatangan.
Post, takut pengolahan makanan standar keamanan Uni Soviet itu, terisi penuh pada freezer yang dengannya produk dari unit Birdseye General Foods '.
Menyimpan makanan beku memungkinkan Davies bagi atau sanggup juga dikatakan untuk menghibur boros serta melayani makanan beku segar yng seharusnya sanggup keluar dari musim.
Sesudah kembali dari Moskow, Pos (yng kembali nama gadisnya setelah bercerai Davies) diarahkan Umum Makanan bagi atau sanggup juga dikatakan untuk memasarkan produk beku ke restoran kelas atas.
freezer Home menjdai kompartemen terpisah (lebih besar dari yng diharapkan cuma bagi atau sanggup juga dikatakan untuk watu es), atau menjdai unit terpisah, diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1940.
Frozen foods, previously a luxury item, began to be commonplace. makanan beku, sebelumnya barang mewah, mulai menjadi hal yng umum.
Diambil dari Wikipedia org

Sumber Rujukan Dan Gambar :

0 Response to "Asal Ajakan Kulkas Atau Lemari Es"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel