Asal Seruan Tinju

Tinju merupakan olahraga serta seni bela diri yng menampilkan dua orang partisipan yang dengannya berat yng serupa bertanding satu percis lain yang dengannya mempergunakan tinju orang-orang dalam rangkaian pertandingan berinterval satu ataupun tiga menit yng disebut "ronde". Baik dalam Olimpiade maupun olahraga profesional, kedua petarung (disebut petinju) menghindari pukulan lawan orang-orang sambil mencoba mendaratkan pukulan orang-orang sendiri ke lawannya.
Nilai diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pukulan yng higienis serta mantap ke bab depan pinggang ke atas yng sah dari lawan, yang dengannya pukulan ke kepala serta dada mendapat nilai lebih. Petinju yang dengannya nilai yng lebih tinggi sehabis sejumlah ronde yng direncanakan akan dinyatakan menjdai pemenang. Kemenangan pula bisa dicapai andai lawan dipukul jatuh serta tak bisa bangun sampai hitungan kesepuluh dari wasit (suatu Knockout ataupun KO) ataupun andai lawan dinyatakan tak bisa atau bisa melanjutkan pertandingan (suatu Technical Knockout ataupun TKO). Bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan rekor pertandingan, TKO dihitung menjdai KO.
Kata Tinju merupakan terjemahan dari kata Inggris "boxing" ataupun "Pugilism". Kata Pugilism berasal dari kata latin, pugilatus ataupun proteksi dari kata yunani Pugno, Pignis, Pugnare, yng mengambarkan segala sesuatu yng berbentuk kotak ataupun "Box" dalam bahasa Inggrisnya. Tinju Kita-kita, jika terkepal, berbentuk semisal kotak. Kata Yunani pugno berkhasiat tangan terkepal menjadi tinju, siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk pugnos, berkelahi, bertinju. Dalam mitologi, bapak serta Boxing merupakan Poliux, saudara kembar dari Castor, putera legendaris dari Jupiter serta Leda.
Pertandingan tinju yng pertama tercatat dalam sejarah merupakan antara lain melawan Abel. Kitab mahabrata pula mencatat pertandingan-pertandingan tinju, hal mana mendahului pencatatan cerita-cerita perkelahian di antara bangsa Yunani, Romawi, serta Mesir. Petinju populer pertama berkebangsaan Yunani berjulukan Theagenes dari Thaos yng menjadi juara Olympic Games 450 Masehi. Ia melaksanakan pertandingan sebanyk 1.406 kali yang dengannya mempergunakan cetus sarung tinju yng terbuat dari besi. Kebanykan dari lawan-lawan itu tewas disaat bertarung melawannya. Walaupun boxing populer berabad-abad lamanya menjdai suatu bentuk hiburan, akan tetapi seorang Inggris yng berjulukan James Ping merupakan James Broughton, juara britania, yng pula ialah orang pertama yng mempergunakan sarung tinju. Aturan serta sarung tinju ini di perkenalkan pada tanggal 10 Agustus 1973.
Diambil dari Wikipedia Indonesia

Sumber Rujukan Dan Gambar :

0 Response to "Asal Seruan Tinju"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel