Kerajaan Tarumanegara, Pendirian Sampai Keruntuhannya [Lengkap]

Kerajaan Tarumanegara merupakan satu dari sekian banyaknya kerajaan bercorak Hindu yng pernah ada di Kepulauan Indonesia. Kerajaan yng terdapat atau terletak di tempat Jawa Barat ini didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman sekitar antara tahun 358 - 450 M. Beberapa sumber gosip serta peninggalan semisal prasasti, candi, serta benda purbakala sudah membenarkan keberadaan kerajaan ini di masa silam. Yang akan di sajikan kali ini akan kita simak rangkuman mengenai sejarah Kerajaan Tarumanegara yng mungkin bisa Kamu genakan menjdai tumpuan kiprah sekolah ataupun materi bacaan semata.

Sumber Informasi Kerajaan Tarumanegara

Para mahir sejarah sudah setuju membenarkan andai kerajaan Tarumanegara memanglah benar-benar ada di masa lampau. Kesepakatan yang telah di sebutkan dibentuk didasari bukti sejarah yng berupa keterangan 7 prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara, gosip dari Kerajaan China, benda purbakala, serta naskah Wangsakerta. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui seputar keempat sumber gosip yang telah di sebutkan, silakan kunjungi goresan pena atau artikel kami yng berjudul 4 Sumber Kerajaan Tarumanegara, Prasasti Salah Satunya.
Kerajaan Tarumanegara merupakan satu dari sekian banyaknya kerajaan bercorak Hindu yng per  Kerajaan Tarumanegara, Pendirian hingga Keruntuhannya [LENGKAP]

Terbentuk, Masa Kejayaan, serta Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara

Dari banyak sekali sumber sejarah yang telah di sebutkan, para mahir lantas menawarkan kesimpulan andai terbentuknya kerajaan Tarumanegara dimotori oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada sekitar tahun 450 M.
Kerajaan ini lantas mencapai masa kejayaan pada pemerintahan Raja Purnawarman. Purnawarman yakni cucu dari pendiri kerajaan Tarumanegara, Jayasingawarna. Ia sukses memperluas wilayah kekuasaan kerajaan, membangun tidak sedikit infrastruktur, serta mensejahterakan rakyatnya. Keterangan mengenai masa kejayaan ini bisa didapati dalam gesekan pena yng terpahat di prasasti Tugu.
Tarumanegara lantas runtuh pada masa pemerintahan Raja Tarusbawa, raja ke 13 dari silsilah raja-raja Kerajaan Tarumanegara. Keruntuhan kerajaan Tarumanegara penyebabnya yaitu oleh lemahnya kekuatan Tarusbawa serta besarnya gempuran kerajaan-kerajaan lain di sekeliling Pulau Jawa, semisal Majapahit misalnya.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui lebih detail mengenai rentang waktu dari awal pembentukan hingga keruntuhan kerajaan tarumanegara, silakan Kamu kunjungi goresan pena atau artikel kami yng berjudul Terbentuk, Masa Kejayaan, serta Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara.

Letak Kerajaan Tarumanegara, Lokasi, Pendiri, serta Petanya

Semisal sudah diketahui, Kerajaan Tarumanegara terdapat atau terletak di Jawa Barat sedangkan ibukotanya di Bekasi (Sundapura). Wilayah kekuasaannya mencakup seluruh Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah, Jakarta, serta Banten. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya, silakan lihat peta Kerajaan Tarumanegara di bawah ini
Kerajaan Tarumanegara merupakan satu dari sekian banyaknya kerajaan bercorak Hindu yng per  Kerajaan Tarumanegara, Pendirian hingga Keruntuhannya [LENGKAP]

Kerajaan Tarumanegara: Sosial, Ekonomi, Politik, serta System Pemerintahan

Didasari gesekan pena yng terdapat pada naskah Wangsakerta diketahui sebetulnya Kerajaan Tarumanegara yng bersistem monarki otoriter ini mulai dari pendirian hingga keruntuhannya sudah mengalami pergantian raja sebanyk 13 kali. Ketigabelas raja kerajaan Tarumanegara itu sudah disebutkan pada goresan pena atau artikel ini.
Terkait yang dengannya sektor perekonomian, Tarumanegara cenderung mengandalkan pertanian menjdai penghasilan utama. Ini dibuktikan oleh pembangunan sungai Gomati serta sungai Candrapura menjdai bisnis bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi banjir serta sarana irigasi bagi lahan pertanian di masa itu. Selain pertanian, peternakan, serta perburuan, serta perdagangan pula cukup vital bagi ke hidup-an ekonomi Kerajaan Tarumanegara.
Dalam ke hidup-an sosial-budaya serta keagamaan, efek Hindu Amat kental terasa dari peninggalan-peninggalan kerajaan tarumanegara yng selama ini didapati. Pengaruh hindu ini sudah memicu masyarakat Kerajaan Tarumanegara sudah mengenal system dewa-dewi, mitologi, bahasa Sansekert serta huruf Palawa, dan upacara-upacara keagamaan Hindu. Nah, bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya mengenai ke hidup-an sosial, ekonomi, politik serta system pemerintahan Kerajaan Tarumanegara, silakan kunjungi link ini.
Demikianlah tidak banyak pemaparan mengenai sejarah Kerajaan Tarumanegara. Mudah-mudahan bisa menawarkan manfaat bagi Kamu serta andai ada pertanyaan, kritik, ataupun saran, sampaikanlah yang dengannya tatacara yng benar melalui kolom komentar di bawah ini.

Sumber Rujukan Dan Gambar :

0 Response to "Kerajaan Tarumanegara, Pendirian Sampai Keruntuhannya [Lengkap]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel