Cara Stimulasi Anak Yang Belum Dapat Baca Tulis

Cara stimulasi bagi anak yang belum bisa baca tulis memerlukan kesabaran dan kreativitas orang tua. Tidak pula fokus pada metode berguru yang formal.

Mempersiapkan anak untuk masuk SD (SD) diperlukan kemampuan membaca dan menulis bahkan berhitung dengan sederhana. Salah satu cara stimulasi bagi anak yang belum bisa baca tulis dan berhitung ialah memasukkan anaknya ke tampat kursus Calistung (Baca, tulis dan berhitung). Tetapi cara tersebut hanya beberapa persen saja yang berhasil.

Pada karenanya tetap orang bau tanah harus ikut berperan dalam menstimulasi anak semoga bisa membaca, menulis dan berhitung. Nah, Anda bisa melaksanakan metode learning by playing (belajar dengan bermain). Untuk mengetahui bagaimana cara stimulasi bagi anak yang belum bisa baca tulis, berikut ulasannya untuk Anda.

1. Mengenal huruf huruf yang belum lancar

Bagi anak diusia 4-5 tahun, masuk akal saja kalau belum mengetahui semua huruf abjad. Meskipun setiap hari beliau mengucapkan huruf huruf dengan komunikasinya, tetapi pemahaman pada huruf huruf tersebut belum sanggup dipastikan anak mengetahuinya.

Stimulasi:

Hal pertama yang harus dilakukan semoga anak mengenal semua huruf huruf yaitu melaksanakan metode khusus dengan beberapa cara secara konsisten. Misalkan Anda menemukan huruf huruf yang terlihat besar, tunjukkanlah pada anak dan terangkan. Contoh: “Nak, yang sebelah kiri itu namanya A, yang ditengahnya P dan dipinggir kanannya ialah I”.

2. Masih terbata-bata dalam mengucapkannya

Mungkin sebab bawaan anak, seringkali diusia 4-5 tahun anak belum lancar mengucapkan beberapa huruf tertentu, menyerupai huruf “R”. Apalagi anak disuruh membaca, beliau merasa tidak akan peracaya diri.

Stimulasi:

Latih terus kemampuan anak mengucapkan setiap huruf abjad. Satu persatu dikenalkan secara konsisten dengan metode membaca. Misalkan, “Nak, coba sebutkan huruf R, A, M, B, U, T, kini baca perlahan ya!”. Meskipun anak membacanya dengan terbata-bata, jangan khawatir sebab nanti juga kepasihan lidahnya akan meningkat dengan bertambahnya usia anak.

3. Memegang alat tulis yang belum sempurna

Wajar kalau diusia menyerupai ini, anak belum hebat memegang alat tulis. Karena kemampuan jari jemarinya masih kaku dan aneh terhadap benda-benda yang dipegangnya.

Stimulasi:

Anak yang belum bisa memegang alat tulis, jangan dipaksakan dengan cara yang Anda mau. Biarkan saja sesuai dengan yang beliau suka. Mula-mula ajarkan untuk mencoret-coret kertas dan mewarnai semoga anak terbiasa memegang alat tulisnya. Sambil melatih memegang alat tulis, Andapun bisa mengajarkan pada anak membaca, menulis dan berhitung.

4. Hindari intervensi gadget di usia dini

Tanpa disadari, anak yang terlalu sering bermain gadget sanggup memperlambat kemampuan menulisnya. Dengan hanya menekan satu atau dua sentuhan, maka akan muncul huruf pada layar gadget. Hal tersebut tidak akan membantu anak bisa menulis, sebab kemampuan menulis anak harus hebat terlebih dahulu memegang alat tulis dan praktiknya pribadi tanpa cara instan, menyerupai gadget atau komputer.

Stimulasi:

Alihkan kebiasaan bermain gadget dengan sesuatu yang bernilai kreativitas. Seperti mengajaknya menciptakan makanan ringan cantik dengan bentuk-bentuk huruf atau angka ataupun dengan memberi beberapa teladan goresan pena nama-nama binatang yang gambarnya Anda buat sendiri. Nanti anak akan memalsukan apa yang Anda contohkan tersebut.

Dengan menerapkan cara stimulasi bagi anak yang belum bisa baca tulis tersebut, kemungkinan besar anak lebih cepat paham dan mengerti apa yang mereka pelajari. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Stimulasi Anak Yang Belum Dapat Baca Tulis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel