Hikmah Idul Fitri Yang Perlu Diperkenalkan Kepada Anak

Hikmah Idul Fitri yang Perlu Diperkenalkan Kepada Anak Hikmah Idul Fitri yang Perlu Diperkenalkan Kepada Anak
Ada banyak sekali nasihat Idul Fitri yang perlu diperkenalkan ke anak. Sudahkah anak Anda diberi pemahaman makna idul fitri?

Idul Fitri hadir sebagai epilog puasa Ramadhan. Sebagai kaum muslimin tentunya kita selalu menyambut dan merayakannya dengan rasa gembira.Terdapat banyak sekali nasihat Idul Fitri yang perlu diperkenalkan ke anak. Tujuannya tidak lain ialah supaya anak memahami dengan baik apa bersama-sama makna dari idul fitri tersebut yang bukan hanya sebatas kegembiraan saja. Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut.

5 Hikmah Idul Fitri

Terdapat 5 nasihat Idul Fitri yang perlu diperkenalkan keanak. Berikut rinciannya:

1. Hikmah Kegembiraan serta Rasa Syukur

Hikmah yang sangat menonjol dari Idul Fitri yaitu nasihat kegembiraan serta syukur. Seluruh umat muslim bergembira menyambut Idul Fitri. Kita memang dianjurkan untuk berbahagia, bergembira dan juga bersuka cita pada hari ini. Sebab makna dari kata ‘ied itu sendiri yaitu hari raya, hari yang dirayakan, hari perayaan.

Tentunya perayaan identik dengan kebahagiaan dan kegembiraan. Kegembiraan yang seharusnya dimiliki dan dirasakan pada momen Idul Fitri ialah berupa kegembiraan syukur kepada Allah. Bersyukur alasannya ialah Allah yang sudah mengkaruniakan taufiq-Nya sehingga kita bisa melaksanakan aneka macam macam amalan yang istimewa di bulan Ramadhan.

2. Hikmah Kefitrahan

Hadirnya Idul Fitri menerangkan kita sebagai umat muslim kembali fitrah pada kesucian. Jika bulan
Ramadhan dioptimalkan dengan baik, maka upaya peleburan dosa serta pembatalan noda yang mengotori hati bisa dilakukan dengan segala macam amaliah istimewa yang dimilikinya. Memberikan pemahaman anak mengenai hal ini dibutuhkan semoga ia lebih bersemangat dalam menjalani bulan Ramadhan sebelum hadirnya Idul Fitri.

3. Hikmah Keimanan, Ketaqwaan dan Ketauhidan

Tasbih, tahlil, takbir dan tahmid disunnahkan untuk banyak dikumandangkan saat menyambut Idul Fitri.Lafal-lafal tersebut dikumandangkan sebagai bentuk penegasan dan juga pembaharuan deklarasi iman serta tauhid. Jadi, identitas iman dan tauhid harus senantiasa diperbaharui dan ditunjukkan.

Termasuk dalam momen perayaan serta kegembiraan yang biasanya justru malah bisa menciptakan banyak orang lalai untuk berdzikir kepada Allah. Rasulullah saat mendapat karunia kenikmatan puncak yang diinginkan memerintahkan untuk bertasbih, bertahmid dan beristighfar dalam upaya mensyukuri dan merayakannya.



4. Hikmah Kebersamaan dan Persatuan

Nuansa kebersamaan dan persatuan umat selama bulan Ramadhan sangat kental dan terasa begitu indah. Diawali dengan berpuasa Ramadhan yang dilakukan secara bersama-sama, kemudian sehabis berbuka puasa melaksanakan tarawih bersama. Selain itu berbuka puasa, bertadarus, beri’tikaf, bederma fitrah dan merayakan Idul Fitri yang semuanya dilakukan secara bersama-sama.

Segala sesuatu yang dilakukan secara bersama-sama akan terasa lebih menyenangkan dan memperlihatkan motivasi untuk lebih bersemangat. Apalagi jikalau dalam hal melaksanakan ibadah. Kebersamaan yang dipupuk juga akan menanamkan perilaku saling menghargai antar sesama.

5. Hikmah Kepedulian

Selama bulan Ramadhan, sifat kepedulian tampak faktual tumbuh dan berkembang. Pada bulan ini ada banyak umat muslim yang memanfaatkannya untuk berbagi. Baik itu mengembangkan dalam bentuk semangat maupun dalam bentuk bahan yaitu berupa sedekah maupun kewajiban berzakat.

Misalnya yang seringkali ditemui ialah orang-orang membagikan takjil sebagai sajian berbuka untuk orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Bahkan banyak masjid juga yang menyediakan sajian berbuka gratis. Anak perlu dipahamkan mengenai nasihat yang satu ini. Apalagi jikalau Anda bisa mengajaknya untuk aneka macam juga kepada orang lain.

Masih banyak lagi nasihat Idul Fitri yang perlu diperkenalkan ke anak. Minimal anak dikenalkan pondasi nasihat yang utama terlebih dulu. Jadi, Anda sebagai orangtua harus memperlihatkan pemahaman kepada anak bahwa Idul Fitri bukan hanya kegembiraan saja. Ada banyak nasihat yang bisa didapatkan jikalau bisa memahaminya dengan baik.

0 Response to "Hikmah Idul Fitri Yang Perlu Diperkenalkan Kepada Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel