Kebijakan Gres Setiap Siswa Dua Rapor Sulit Diterapkan

Kebijakan Baru Setiap Siswa Dua Rapor Sulit Diterapkan Kebijakan Baru Setiap Siswa Dua Rapor Sulit Diterapkan
Kebijakan gres Kemendikbud memperlihatkan setiap siswa dua buku rapor akan sulit diterapkan.
Kebijakan gres Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai dampak jadwal penguatan pendidikan huruf (PPK) dengan memberikan setiap siswa dua buku rapor akan sulit diterapkan. Selain buku rapor akademik, siswa juga akan ada buku rapor ihwal catatan pendidikan karakter.

Pengamat pendidikan dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Jejen Musfah menjelaskan, rapor untuk merekam catatan pendidikan huruf memang baik. Tetapi buku rapor ini efektif diterapkan kalau jumlah siswa di dalam kelas sedikit. Maksimal 25 siswa dalam satu kelas.

"Tetapi realita di sekolah-sekolah negeri jumlah murinya besar-besar. Sampai 36 murid," kata Jejen yang kutip dari JPNN (31/08/17).

Untuk kelas-kelas besar menyerupai itu, evaluasi huruf siswa tidak efektif untuk dikerjakan oleh guru. Menurut Jejen, guru akan kesulitan menilai huruf murid satu per satu. Jika dipaksakan, hasil penilaiannya dapat cenderung copy paste untuk sekedar menggugurkan kewajiban.

Sementara itu, Mendikbud Muhadjir Effendy menuturkan bahwa buku rapor untuk menilai ekstrakurikuler atau pendidikan huruf anak itu tidak serumit buku rapor akademik. Ia menyampaikan teknis atau format buku rapor untuk menilai rekam jejak huruf siswa itu sedang dimatangkan oleh Balitbang Kemendikbud.

"Cukup ada dua catatan saja sudah bagus. Misalnya catatan anak ini pernah jadi ketua OSIS. Itu memperlihatkan mempunyai huruf kepemimpinan," terang Mendikbud.

Baca: Tumbuhkan Budi Pekerti Guru Harus Dampingi Anak

Mantan rektor UMM ini berharap tahun depan, saat jadwal PPK sudah berjalan cukup masif, buku rapor huruf siswa dapat diterapkan di sekolah-sekolah. Ia menyampaikan initinya guru harus mengamati belum dewasa saat mengikuti ekstrakurikuler. Mereka Tidak boleh dilepas begitu saja.

0 Response to "Kebijakan Gres Setiap Siswa Dua Rapor Sulit Diterapkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel