Macam Macam Ukuran Foto Yang Biasa Dipakai (Lengkap)

Ukuran Foto – Foto merupakan gambar yang dihasilkan oleh kamera dan peralatan fotografi yang lain. Alasan kenapa foto digunakan oleh insan yaitu salah satunya untuk mengabadikan momen-momen. Benda-benda, makhluk hidup, atau fenomena-fenomena akan tergoda waktu apabila tidak diabadikan dalam bentuk foto. Selain itu foto juga sanggup digunakan sebagai sebuah barang bukti yang kuat, meski kini sudah banyak orang yang sanggup mengedit foto.


Pengertian Foto


 Foto merupakan gambar yang dihasilkan oleh kamera dan peralatan fotografi yang lain Macam Macam Ukuran Foto yang Biasa Digunakan (Lengkap)

Ukuran Foto


Foto sanggup diartikan sebagai kata benda dan sanggup menjadi kata kerja dengan sebutan “memfoto”. Saat ini banyak cara yang digunakan untuk mengambil foto, salah satunya yaitu swafoto atau yang lebih bersahabat disebut selfie, yakni mengambil foto diri sendiri tanpa dibantu oleh orang lain. Swafoto sangat terkenal di kalangan anak muda zaman sekarang.


Sejarah Singkat perihal Fotografi


 Foto merupakan gambar yang dihasilkan oleh kamera dan peralatan fotografi yang lain Macam Macam Ukuran Foto yang Biasa Digunakan (Lengkap)

Ukuran Foto


Sejarah fotografi (ilmu perihal foto) berawal saat masa sebelum masehi. Pada kala ke-5 sebelum masehi, seorang berjulukan Mo Ti mengamati suatu gejala, yakni saat dinding ruangan yang gelap terdapat sebuah lubang kecil, maka pecahan dalam ruang itu akan merefleksikan pemandangan di luar ruangan secara terbalik. Mo Ti merupakan orang pertama yang menemukan fenomena kamera obscura.


Nama kamera obscura diciptakan pada tahun 1611 oleh Johannes Kepler. Dia menciptakan desain kamera portable dengan menciptakan ibarat sebuah tenda. Di dalam tenda tersebut terdapat ruangan yang sangat gelap, hanya sedikit cahaya yang ditangkap oleh lensa yang membentuk gambar keadaan di luar tenda di atas sebuah kertas.


Penelitian terus berlanjut. Pada 19 Agustus 1839, seorang berjulukan Louis Jacques Mande Daguerre dinobatkan sebagai orang pertama yang menciptakan foto sebenarnya, yakni sebuah gambar permanen pada lembaran plat tembaga. Proses ini dinamakan daguerreotype. Sebelumnya ia ingin mematenkan penemuannya itu, namun pemerintah Perancis lebih menyarankan untuk dibagikan ke seluruh dunia secara gratis.


Kemajuan teknologi memacu pula kemajuan fotografi dengan cepat. Kini kamera atau alat untuk mengambil foto sudah majemuk dengan hasil tangkapan yang berkualitas tinggi. Beberapa jenis kamera di antaranya yaitu kamera saku, DSLR, Bridge Camera, Kamera Mirrorless, kamera digital, kamera jam tangan, CCTV, sampai kamera smarphone.


Jenis Kertas untuk Mencetak Foto


 Foto merupakan gambar yang dihasilkan oleh kamera dan peralatan fotografi yang lain Macam Macam Ukuran Foto yang Biasa Digunakan (Lengkap)

Ukuran Foto


Kertas foto yang sering digunakan dalam dunia percetakan yaitu matte, luster, glossy, dan metalik. Jenis kertas foto yang digunakan akan menghipnotis hasil final foto. Selain itu, peralatan yang digunakan untuk mencetak juga menghipnotis kualitas foto, termasuk juga jenis tinta yang digunakan. Semakin baik kualitas alat cetak dan tintanya, semakin baik pula kualitas foto yang dihasilkan.


1. Matte


Kertas foto dengan jenis matte ini mempunyai sifat halus tetapi tidak mengkilat pada permukaannya. Jenis kertas ini mempunyai kelebihan pada tekstur cetak. Selain itu, pada kertas ini sidik jari tidak akan terlihat. Untuk foto klasik yang berwarna hitam putih, kertas ini sangat baik. Dalam beberapa situasi, Matter sering digunakan oleh para fotografer profesional sebab mempunyai kualitas yang sangat bagus.


2. Glossy


Seperti namanya, kertas jenis ini merupakan jenis kertas yang mempunyai sifat mengkilap dan reflektif. Kualitas foto dari kertas jenis ini terlihad hidup dengan warna-warna yang tajam. Selain mengatakan saturasi yang cerah, kertas jenis ini tidak menghasilkan tampilan yang bertekstur ibarat kertas jenis Matte sehingga tidak akan menghasilkan tampilan yang bertekstur saat diubah menjadi format digital.


Ada beberapa kelemahan dari kertas jenis ini. Permukaan pada foto dengan kertas jenis ini cenderung melekat pada beling saat diberi bingkai. Kertas Glossy juga sanggup meninggalkan sidik jari ketiga tersentuh dan rentan terhadap goresan. Biasanya foto-foto yang menggunakan kertas jenis ini yaitu foto sehari-hari dan foto dengan warna cerah.


3. Luster


Kertas jenis ini mengatakan saturasi warna yang lebih dalam dibandingkan dengan kertas Matte. Hasil kertas foto Luster yang diterapkan mempunyai sedikit lapisan yang berkilau dengan tekstur ibarat mutiara. Kelebihan kertas jenis ini yaitu tidak meninggalkan sidik jari ketiga tersentuh, anti silau, dan sanggup menyajikan foto dengan kualitas tinggi untuk dipajang di bingkai dinding.


4. Metallic


Jenis kertas yang terakhir yaitu metallic. Kualitas kertas jenis ini sangat tahan lama. Selain itu, hasil yang diberikan juga mengkilap, mencolok, dan metallic ibarat logam. Bagi Anda yang menyukai foto yang mempunyai durasi ketahanan yang cukup tinggi dan diiringi dengan kualitas yang baik, kertas metallic cocok untuk dicoba.


Ukuran Standar Foto


 Foto merupakan gambar yang dihasilkan oleh kamera dan peralatan fotografi yang lain Macam Macam Ukuran Foto yang Biasa Digunakan (Lengkap)

Ukuran Foto


Ukuran standar foto biasanya menggunakan satuan R ibarat 2R, 3R, 4R, 5R, 6R, 8R. Biasanya, ukuran ini digunakan saat hendak mencetak foto. R merupakan satuan yang digunakan sebagai contoh ukuran foto. Satuan ini sudah diterapkan di level internasional. Artinya, ukuran R di Indonesia sama dengan ukuran R di negara lain, ibarat halnya satuan-satuan yang lain, ibarat meter, liter, dan gram.


Detail Ukuran Foto dalam R ke cm


30R sama dengan 75 x 100 cm

24R sama dengan 60 x 80 cm

20R sama dengan 50 x 60 cm

16R sama dengan 40 x 50 cm

12R sama dengan 30 x 39 cm

10R sama dengan 25 x 38 cm

8R plus sama dengan 20 x 30 cm

8R sama dengan 20 x 25 cm

6R sama dengan 15 x 20 cm

5R sama dengan 12 x 17 cm

4R sama dengan 10 x 15 cm

3R sama dengan 8 x 12 cm

2R sama dengan 6 x 9 cm


Detail Ukuran Foto dalam R ke inci


30R sama dengan 30 x 40 inci

24R sama degnan 24 x 31.5 inci

20R sama dengan 20 x 24 inci

16R sama dengan 16 x 20 inci

12R sama dengan 12 x 15.5 inci

10R sama dengan 10 x 12 inci

8R plus sama dengan 8 x 12 inci

8R sama dengan 8 x 10 inci

6R sama dengan 6 x 8 inci

5R sama dengan 5 x 7 inci

4R sama dengan 4 x 6 inci

3R sama dengan 3.5 x 5 inci

2R sama dengan 2 x 3.5 inci


Ukuran Foto 3 x 4


Ukuran foto 3 x 4 biasanya digunakan dalam kepentingan-kepentingan dokumen resmi, ibarat CV, ijazah, dan surat-surat lainnya. Karena itulah, tak jarang orang-orang akan menyimpan fotonya yang berukuran 3 x 4 dengan jumlah yang cukup banyak untuk kebutuhan sewaktu-waktu yang tidak terduga. Pas foto 3 x 4 biasanya akan dibentuk resmi dengan menggunakan pakaian rapi atau hitam putih dengan background merah atau biru.


Ukuran Foto 3R


Foto ukuran 3R umumnya mempunyai ukuran ibarat kartu pos. Dalam satuan cm, ukuran 3R setara dengan 8,9 x 12,7 cm dan 3,5 x 5 dalam inci. Untuk mencetak foto dengan ukuran 3R, gambar yang hendak dicetak minimal harus berukuran 1051 x 1500 pixel supaya saat dicetak gambar tidak pecah. Foto tersebut sanggup dipajang pada frame dengan ukuran 3R.


Ukuran Foto 4R


Ukuran foto 4R lebih besar dibandingkan dengan ukuran 3R. Dalam satuan sentimeter, ukuran 4R setara dengan 10,2 x 15,2 cm atau 4 x 6 dalam inci. Untuk mencetak foto dengan ukuran 4R, sebaiknya gambar yang hendak dicetak mempunyai ukuran minimal 1205 x 1795 pixel supaya gambar yang tercetak tidak pecah. Ukuran ini cukup terkenal untuk dicetak dan diberikan bingkai.


Ukuran Foto 5R


Selain ukuran 4R, foto dengan ukuran 5R juga tak jarang dicetak dan dibingkai untuk dipajang di dalam rumah. Biasanya foto kenang-kenangan kelulusan, ulang tahun, dan ijab kabul menggunakan foto ukuran 5R. Dalam sentimeter, ukuran 5R setara dengan 12,7 x 17,8 cm dan 5 x 7 dalam satuan inci. Agar tidak pecah, gambar yang hendak dicetak sebaiknya mempunyai ukuran minimal 1500 x 2102 pixel.


Ukuran Foto 10R


Ukuran foto 10R termasuk ukuran foto yang cukup besar. Ukuran ini setara dengan 254 x 305 mm atau 10 x 12 inci. Agar tidak pecah saat gambar hendak dicetak dengan ukuran ini, sebaiknya pilih gambar dengan minimal 3000 x 3602 pixel untuk ukuran 10R atau 3000 x 4500 pixel untuk ukuran 10R plus. Jika tidak mempunyai gambar dengan ukuran tersebut, Anda sanggup meminta daerah percetakan untuk mengeditnya.



Cara Mengubah Ukuran Foto Menggunakan Paint


 Foto merupakan gambar yang dihasilkan oleh kamera dan peralatan fotografi yang lain Macam Macam Ukuran Foto yang Biasa Digunakan (Lengkap)

Ukuran Foto


1. Buka gambar yang akan diubah ukurannya. Perhatikan pula ukuran pixelnya.

2. Pada pilihan “menu”, pilih “ubah ukuran”.

3. Sesuaikan ukuran dengan ukuran yang dikehendaki. Anda sanggup menentukan “presentase” atau “pixel”.

4. Untuk mempertahankan keseimbangan gambar, centang checkbox “pertahankan rasio aspek”. Dengan begitu, ukuran panjang dan lebar akan menyesuaikan.

5. Klik OK

6. Setelah ukuran telah disesuaikan, simpan gambar dengan cara menekan CTRL + S atau pilih “menu” kemudian “save”.

7. Foto sudah siap digunakan.


Aplikasi Smartphone Untuk Mengubah Ukuran Foto


 Foto merupakan gambar yang dihasilkan oleh kamera dan peralatan fotografi yang lain Macam Macam Ukuran Foto yang Biasa Digunakan (Lengkap)

Ukuran Foto


1. Photo and Picture Resizer


Software Photo and Picture Resizer sudah digunakan dan didownload oleh lebih dari 50.000 pengguna. Aplikasi ini mengatakan fitur berupa fasilitas dalam mengatur ukuran foto. Untuk mengubah ukuran foto, caranya sangat mudah, yakni dengan cara menentukan foto yang hendak diubah ukurannya. Kemudian, akan muncul tampilan untuk mengubah ukuran foto (panjang dan lebar). Foto pun siap digunakan.


2. Images Easy Resizer


Images Easy Resizer ini tak hanya mempunyai kegunaan untuk mengubah ukuran foto, namun sanggup juga mengubah format gambar JPG menjadi PNG. Cara menggunakan aplikasi ini untuk mengubah ukuran cukup mudah, yakni hanya tinggal menentukan foto yang ukurannya hendak diubah, kemudian mengatur ukuran yang dikehendaki. Jika sudah, gambar tinggal disimpan.


3. Reduce Photo Size


Aplikasi ini lebih khusus untuk mengubah ukuran foto menjadi lebih kecil. Selain kecil dalam ukuran panjang lebarnya, foto yang diedit dengan aplikasi ini mempunyai ukuran file yang ringan sehingga tidak terlalu memakan ruang di ponsel. Yang menjadi nilai lebih dari aplikasi ini yaitu hasil gambar yang telah diubah ukurannya tersebut sanggup eksklusif dibagikan melalui facebook.


4. Compress Image Size in KB & MB


Apabila foto yang Anda milki terlalu besar, Anda sanggup menggunakan aplikasi ini. Compress Image Size in KB & MB lebih khusus untuk mengubah ukuran file menjadi lebih kecil sehingga tidak memenuhi memori pada smartphone Anda. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni hanya tinggal memasukkan foto yang hendak diubah ukurannya, kemudian ketikkan ukuran file yang dikehendaki. Tunggu sebentar dan gambar Anda sudah jadi.



5. Photo Resizer


Aplikasi Photo Resizer sanggup mengubah ukuran foto yang dilengkapi dengan empat ukuran foto, yakni 1024 x 768 pixel, 800 x 600 pixel, 640 x 480 pixel, dan 480 x 320 pixel. Jika Anda tidak terlalu cocok dengan ukuran tersebut, aplikasi ini menyediakan fitur custom size. Jadi, Anda bebas untuk menentukan berapa ukuran foto yang dikehendaki. Maksimal ukuran hasil editing aplikasi ini yaitu 2048 x 2048 pixel.


6. Resize Me!


Seperti namanya, aplikasi Resize Me! merupakan aplikasi untuk meresize atau mengatur ukuran dari sebuah foto. Aplikasi ini mempunyai kegunaan bagi Anda yang ingin mengubah ukuran foto baik dengan cara manual maupun otomatis. Selain sanggup mengubah ukuran foto, aplikasi ini juga sanggup digunakan untuk mengubah rotasi foto dan juga memotong foto.


7. Photo Compress 2.0


Aplikasi Photo Compress 2.0 mempunyai fitur pengecilan foto ibarat yang diinginkan oleh para penggunanya. Seperti aplikasi pengubah ukuran foto lainnya, untuk menggunakan aplikasi ini Anda cukup menentukan foto yang hendak diubah ukurannya, kemudian masukan ukuran yang dikehendaki, dan foto dengan ukuran gres sudah siap untuk disimpan. Aplikasi ini juga sanggup digunakan untuk mengubah ukuran banyak foto sekaligus.


8. Adobe Photoshop Express


Adobe Photosop Express sama-sama tiba dari developer Adobe ibarat halnya Adobe Photoshop. Masih sama ibarat aplikasi pengubah ukuran foto yang lain, menggunakan aplikasi ini untuk mengubah foto amat mudah. Caranya, masukan foto yang ingin diubah ukurannya, kemudian pilih resize tools, kemudian ubah ukuran sesuai dengan kebutuhan. Foto pun siap untuk digunakan.


9. Photo Resizer HD


Seperti Photo Compress 2.0, Photo Resizer HD ini sanggup mengubah ukuran beberapa foto secara bersamaan. Hal ini sebab aplikasi ini dilengkapi dengan fitur multiple resize photos yang memungkinkan untuk mengubah ukuran banyak foto hanya dalam satu kali klik. Aplikasi ini juga sanggup digunakan untuk mengedit satu persatu foto. Cara menggunakannya masih sama dengan aplikasi yang lain.


10. Resize Photo


Aplikasi yang dinaungi oleh developer GetProf ini mempunyai fungsi untuk memperkecil ukuran foto. Sama ibarat aplikasi sebelumnya, aplikasi ini menyuguhkan fitur memperkecil ukuran foto secara otomatis maupun manual sesuai ukuran yang terdapat pada aplikasi. Resize Photo juga menjamin bahwa hasil editing foto dengan aplikasi ini tidak akan memperburuk kualitas foto. Hasil dari editing dengan aplikasi ini sanggup eksklusif dibagikan di akun media umum Anda.


11. Photo Editor


Sesuai namanya, Photo Editor digunakan khusus untuk mengedit foto. Fungsi dan fitur dari aplikasi ini ibarat dengan Adobe Photoshop Express, yakni sebuah aplikasi untuk edit foto dengan fitur memperkecil ukuran foto. Selain mempunyai fitur editing foto, Photo Editor juga sanggup digunakan untuk mengubah ukuran foto. Caranya hanya tinggal pilih gambar, sesuaikan ukuran yang dikehendaki, dan simpan gambar Anda.



12. Image Size – Photo Resizer


Satu lagi aplikasi untuk mengubah ukuran foto, Aplikasi Image Size Photo Resizer ini merupakan sebuah aplikasi besutan Codenia yang dikhususkan untuk mengecilkan ukuran foto. Fitur aplikasi ini pun termasuk lengkap. Dalam aplikasi ini, Anda sanggup mengecilkan ukuran foto menurut ukuran sentimeter, milimeter, inci, dan pixel. Cara menggunakannya pun cukup mudah, hanya perlu masukkan foto, pilih ukuran, dan simpan.


Foto merupakan sebuah sarana untuk mengabadikan momen-momen istimewa serta mengabadikan benda-benda yang tidak abadi ibarat makhluk hidup. Maka dari itu, kini foto pun sudah mulai dianggap penting dalam kehidupan. Namun, hal ini juga harus tetap dibatasi sebab banyak perkara yang merenggut nyawa hanya sebab ingin mengabadikan momen, ibarat seorang yang jatuh dari bangunan saat hendak melaksanakan swafoto.


Boleh cop paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih


Ukuran Foto



0 Response to "Macam Macam Ukuran Foto Yang Biasa Dipakai (Lengkap)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel