Mendidik Jiwa Wirausaha Pada Anak

Di balik kesuksesan pengusaha ketika ini, tidak terlepas dari kiprah sekolah yang semenjak dini sudah mulai menawarkan semangat berwirausaha.
Banyak cara yang sanggup dilakukan untuk membiasakan bawah umur terpelajar dalam beriwirausaha. Karena hampir 50% waktu anak berada di sekolah, terutama sekolah yang menerapkan fullday school, kegiatan yang sanggup menggali potensi anak dalam berwirausaha sanggup dilakukan. Karena ada banyak waktu bagi siswa untuk melaksanakan kegiatan berwirausaha tersebut.

Di balik kesuksesan para pengusaha ketika ini, tidak terlepas dari kiprah orang tua, dan sekolah yang semenjak dini sudah mulai menawarkan semangat berwirausaha. Hal ini sudah dilakukan oleh SDIT Al Ittihad melalui kegiatan kegiatan rutinnya “Bussiness Day”. Contohnya ibarat yang sudah dilakukan oleh siswa-siswa kelas 4C SDIT Al Ittihad. Hari Jumat sebagai hari terakhir siswa sekolah, sehubungan dengan liburnya siswa kelas 1 s/d 5 pada ahad depannya alasannya adanya ujian sekolah, maka mereka setuju mengadakan proyek untuk berwirausaha di sekolah.

Dengan memanfaatkan uang kas kelas yang ada, mereka mengelola uang tersebut untuk dijadikan perjuangan minuman sehat berupa sup buah. Beberapa siswa ditunjuk menjadi petugas intinya, ibarat menyediakan bahan, alat dan menentukan salah seorang temannya menjadi kasir. Akhirnya proyek kelaspun digulirkan di halaman sekolah, pada hari Jumat tanggal 17 April 2015 silam. Transaksi jual beli sudah dimulai pada pukul 09.00 wib sampai pukul 10.30 wib, dengan izin guru kelasnya. Karena kegiatan ini juga berkenaan dengan pembelajaran di kelas, yaitu tema Makanan sehat & bergizi, guru kelas turut serta mengkoordinir dan memantau siswa di lapangan.

Alhamdulillah, pembelajaran wirausaha siswa berjalan dengan sukses dan lancar. Walaupun laba dari perjuangan ini tidak terlalu besar, namun bawah umur kelihatan sangat antusias dan gembira, alasannya dagangan mereka habis, terjual. Banyak manfaat yang sanggup kita ambil dalam memupuk dan mendidik jiwa wirausaha siswa semenjak dini, diantaranya ialah melatih ketrampilan emosional siswa, ibarat kata peneliti psikiatri anak dari New York University Langone's Child Study Center, Andrea Vazzana, (Viva.com) "Ini semua perihal membentuk sikap anak. Keterampilan emosional sangat penting dan membantu anak menjadi lebih baik,".

Baca juga: Mengajar dan Mendidik dengan Hati

Selain dari pada itu, kegiatan yang melibatkan siswa secara eksklusif dalam berwirausaha juga sanggup melatih siswa untuk terbiasa memecahkan problem secara efektif, membantu siswa berguru dari kegagalan, yang menjadi pengalaman berharga bagi diri mereka selanjutnya. Serta melatih siswa berani dan percaya diri dalam mengambil keputusan, dan menumbuhkan keahlian dalam menghadapi tantangan maupun resiko. Yang tidak kalah pentingnya yaitu mengajarkan siswa untuk berkomunikasi dengan baik. Semoga dengan banyaknya kegiatan-kegiatan yang bermanfaat ibarat ini, sanggup menggali potensi dan ide-ide kreatif anak.

*) Ditulis oleh Delta Nia, S.Pd, M.Pd. Guru SDIT Al Ittihad Rumbai

0 Response to "Mendidik Jiwa Wirausaha Pada Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel