Metode Pembelajaran Paikem Gembot

 dan mengonstruksi ilmu pengetahuan dan ketrampilan Metode Pembelajaran Paikem Gembot
Peserta didik aktif menemukan, memproses, dan mengonstruksi ilmu pengetahuan dan ketrampilan.
Metode pembelajaran PAIKEM GEMBOT (Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, dan Berbobot). Metode ini memakai pendekatan proses aktif membangun makna dan pemahaman problem yang berkait informasi, ilmu pengetahuan dan pengalaman akseptor didik. Peserta didik aktif menemukan, memproses, dan mengonstruksi ilmu pengetahuan dan ketrampilan.

AKTIF
Guru memfasilitasi akseptor didik
Untuk melaksanakan percobaan
Melibatkan akseptor didik mencari isu wacana topik/materi yang sedang dipelajari

INOVATIF
Dapat memunculkan wangsit /gagasan gres dalam penyelesaian masalah

KREATIF
Menemukan banyak sekali cara /jalan dalam pembelajaran

EFEKTIF
Penggunaan waktu yang terbatas untuk menuntaskan problem dalam KBM sesuai rencana/tujuan yang akan dicapai.

MENYENANGKAN
Peserta didik mencar ilmu dalam suasana menyenangkan (tidak tertekan, tidak takut)

GEMBIRA
Suasana yang bangga tanpa tekanan
Sesuai perkembangan akseptor didik

BERBBOBOT
Proses mencar ilmu mengajar yang sesuai dengan planning dan tujuan
Mengarah pada keberhasilan proses mencar ilmu mengajar sesuai kompetensi dasar

Prinsip Metode Pembelajaran Paikem Gembot
1. Guru memahami karakteristik akseptor didik: sifat ingin tahu dan berimajinasi (modal dalam perkembangan sikap, berpikir kritis dan kreatif)
2. Guru mengenal akseptor didik secara individu (latar belakang dan kemampuannya)
3. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif
4. Menciptakan ruang kelas sebagai linkungan mencar ilmu yang menarik (fisik,sosial, budaya)
5. Umpan balik untuk meningkatkan aktivitas (interaksi antara guru dan akseptor didik)

0 Response to "Metode Pembelajaran Paikem Gembot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel