Pembelajaran Memakai Media Komik “Suki”

Apakah itu komik “Suki”? Komik Suki merupakan akronim dari “ Semua Untuk Karakter Siswa”. Salah satu penemuan yang dihasilkan oleh salah satu kelompok penemuan pendidikan mahasiswa PGSD UNY 2009. Komik Suki merupakan media pembelajaran yang dikembangkan untuk lebih memahamkan siswa mengenai abjad tertentu. Dalam komik yang pertama ialah mengenalkan mengenai abjad kedisiplinan.

Komik Suki menceritakan seorang anak yang tidak disiplin dan yang kurang disiplin. Setiap hari ia terlambat. Di juga jarang mandi. Kemudian ada suatu insiden yang mengakibatkan ia kapok untuk tidak disiplin. Apa gerangan insiden tersebut. Silahkan di baca.

Strategi pembelajaran memakai media komik “SUKI” (Semua Untuk Karakter Siswa) . Komik ini diberikan untuk anak kelas tinggi pada pembelajaran perihal karakter. Dapat diberikan dengan terintegrasi dengan mata pelajaran tertentu pada kurikulum 2013, bahasa Indonesia atau mata peajaran PKn. Ciri khas pada komik ini ialah berkolaborasi dengan metode cooperative learnening serta “SUKI” sebagai seorang tokoh atau mascot dalam komik.

Bentuk Komik. Kritik dan saran sangat kami harapkan
Langkah Penggunaan
Komik SUKI dipakai dalam sebuah pembelajaran, komik ini disajikan untuk memperlihatkan rujukan sikap yang kurang baik yang kadang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Langkah-langkah penggunaan komik SUKI dalam pembelajaran ialah sebagai berikut:
1. Apersepsi mengenai kondisi dikala ini, masa depan dan keseharian warga kelas.
2. Guru membagikan komik kepada siwa.
3. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, dimana setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa.
4. Siswa berdiskusi mengenai tokoh, sifat dan pesan yang terkandung dalam komik yang dibacanya.
5. Guru memperlihatkan pemfokusan mengenai banyak sekali cerita, unsur yang ada di dalamnya.

*) Ditulis dan dikirim oleh Anjar Nanuwijaya | anjarnanuwijaya@gmail.com

0 Response to "Pembelajaran Memakai Media Komik “Suki”"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel