Pembelajaran Menemukan (Discovery Learning)

 yaitu Pembelajaran untuk  menemukan konsep Pembelajaran Menemukan (Discovery Learning)

Pembelajaran menemukan (Discovery Learning), yaitu Pembelajaran untuk menemukan konsep, makna, dan relasi kausal melalui pengorganisasian pembelajaran yang dilakukan oleh penerima didik.

Tiga ciri utama berguru Discovery Learning yaitu: (1) mengeksplorasi dan memecahkan persoalan untuk menciptakan, menggabungkan dan menggeneralisasi pengetahuan; (2) berpusat pada penerima didik; (3) kegiatan untuk menggabungkan pengetahuan gres dan pengetahuan yang sudah ada.

Karakteristik dari pembelajaran Discovery Learning 

1. Peran guru sebagai pembimbing.
2. Peserta didik berguru secara aktif sebagai seorang ilmuwan.
3. Bahan asuh disajikan dalam bentuk isu dan penerima didik melaksanakan kegiatan menghimpun, membandingkan, mengkategorikan, menganalisis, serta membuat kesimpulan.

Langkah-Langkah Pembelajaran Discovery Learning

Tahap 1 : Persiapan
Guru memilih tujuan pembelajaran, identifikasi karakteristik penerima didik (kemampuan awal, minat, gaya belajar, dan sebagainya).

Tahap 2 : Stimulasi/pemberian rangsangan
Guru sanggup memulai kegiatan PBM dengan mengajukan pertanyaan, tawaran membaca buku, dan acara berguru lainnya yang mengarah pada persiapan pemecahan masalah. Stimulasi pada tahap ini berfungsi untuk menyediakan kondisi interaksi berguru yang sanggup membuatkan dan membantu penerima didik dalam mengeksplorasi bahan.

Tahap 3 : Identifikasi persoalan
Guru mengidentifikasi sumber belajardan memberi kesempatan kepada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin agenda-agenda persoalan yang relevan dengan materi pelajaran, kemudian salah satunya dipilih dan dirumuskan dalam bentuk hipotesis (jawaban sementara atas pertanyaan masalah)

Tahap 4 : Mengumpulkan data
Guru Membantu penerima didik mengumpulan dan mengeksplorasi data.

Tahap 5 : Pengolahan data
Guru membimbing penerima didik dalam kegiatan mengolah data dan isu yang telah diperoleh para penerima didik baik melalui wawancara, observasi, dan sebagainya

Tahap 6 : Pembuktian
Guru membimbing penerima didik melaksanakan investigasi secara cermat untuk pertanda benar atau tidaknya hipotesis yang ditetapkan dengan temuan alternatif, dihubungkan dengan hasil

Tahap 7 : Menarik kesimpulan
Guru membimbing penerima didik merumuskan prinsip dan generalisasi hasil penemuannya.

0 Response to "Pembelajaran Menemukan (Discovery Learning)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel