Teori Perkembangan Kognitif Berdasarkan Jean Piaget
Jean Piaget lebih memfokuskan kajiannya dalam aspek perkembangan kognitif anak dan mengelompokkannya dalam empat tahap. |
1) Tahap sensorimotorik (0-2 tahun)
Tahap ini juga disebut masa discriminating dan labeling. Pada masa ini kemampuan anak terbatas pada gerak-gerak reflex, bahasa awal, dan ruang waktu kini saja.
2) Tahap praoperasional (2-4 ahun)
Pada tahap praoperasional, atau prakonseptual, atau disebut juga denga masa intuitif, anak mulai membuatkan kemampuan mendapatkan stimulus secara terbatas. Kemampuan bahasa mulai berkembang, pedoman masih statis, belum sanggup berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas.
3) Tahap operasional konkrit (7-11 tahun)
Tahap ini juga disebut masa performing operation. Pada masa ini, anak sudah bisa menuntaskan tugas-tugas menggabungkan, memisahkan, menyusun, menderetkan, melipat, dan membagi.
4) Tahap operasonal formal (11-15 tahun)
Tahap ini juga disebut masa proportional thinking. Pada masa ini, anak sudah bisa berfikir tingkat tinggi, menyerupai berfikir secara deduktif, induktif, menganalisis, mensintesis, bisa berfikir secara abnormal dan secara reflektif, serta bisa memecahkan aneka macam masalah.
Baca juga: Tanda Anak Ber-IQ Tinggi Sesuai Tahapan Umurnya
0 Response to "Teori Perkembangan Kognitif Berdasarkan Jean Piaget"
Post a Comment