Ujian Nasional Sd Dihapus Sesuai Pp No. 32/2013

 Pemerintah melaksanakan perombakan di dunia pendidikan dengan menerapkan Kurikulum Baru dan  Ujian Nasional SD Dihapus Sesuai PP No. 32/2013
Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SD (SD) akan segera di hapus. Pemerintah melaksanakan perombakan di dunia pendidikan dengan menerapkan Kurikulum Baru dan meniadakan UN untuk tingkat SD. Mulai tahun aliran gres 2013/2014 mulai diterapkan Kurikulum Baru secara sedikit demi sedikit hingga 7 tahun mendatang. Ujian Nasional yang selama ini diterapkan pada jenjang SD dan sederajat (MI/SDLB) akan ditiadakan.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 wacana Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 wacana Standar Nasional Pendidikan menugaskan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) untuk menyelanggarakan Ujian Nasional yang diikuti akseptor didik pada setiap satuan pendidikan jalur formal pendidikan dasar dan menengah, dan jalur nonformal kesetaraan.

Pasal 67 Ayat (1a) PP No. 32/2013 tersebut berbunyi, “Ujian Nasional untuk satuan pendidikan jalur formal pendidikan dasar sebagaimana dimaksud, dikecualikan untuk SD/MI/SDLB atau bentuk lain yang sederajat,”. Selanjutnya pada pada Ayat (2a) Pasal 69 PP itu ditegaskan, akseptor didik SD/MI/SDLB atau bentuk lain yang sederajat dikecualikan dari ketentuan mengikuti Ujian Nasional.

PP No. 32/2013 yang telah ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 7 Mei 2013 ini bahkan secara tegas menghapus ketentuan Pasal 70 Ayat (1,2) PP No. 19/2005, yang di dalamnya disebutkan mengenai materi Ujian Nasional tingkat SD dan sederajat. Sebelumnya mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional SD yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Khusus akseptor didik dari SD/MI/SDLB atau bentuk lain yang sederajat, berdasarkan Pasal 72 Ayat (1a) PP ini, dinyatakan akseptor didik lulus sehabis memenuhi ketentuan pada Ayat (1), yaitu; a. Menyelesaikan seluruh kegiatan Pembelajaran; b. Memperoleh nilai minimal baik pada evaluasi tamat untuk seluruh mata pelajaran; c. Lulus ujian sekolah/madrasah. Untuk jenjang SD/MI/SDLB tidak ada ketentuan lulus Ujian Nasional.

“Kelulusan akseptor didik dari satuan pendidikan ditetapkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan sesuai dengan kriteria yang dikembangkan oleh BSNP dan ditetapkan dengan Peraturan Menteri,” suara Pasal 72 Ayat (2) PP Nomor 32 Tahun 2013 ini. Ketentuan pengecualian Ujian Nasional SD/MI/SDLB atau bentuk lain yang sederajat berlaku semenjak tahun aliran 2013/2014.

0 Response to "Ujian Nasional Sd Dihapus Sesuai Pp No. 32/2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel