Budidaya Kayu Jati Lengkap Pembibitan Dan Penanaman


usaha kayu jati


Halo apakah anda telah tidak aneh ketika mendengar ungkapan kayu jati?

kali ini berwirasuaha akan sedikit mengupas tentang kesempatan perjuangan kayu jati.

Jati ialah salah satu sejenis tanaman pohon penghasil kayu berkualitas tinggi. Jati memiliki ciri Pohon besar, berbatang lurus, dapat tumbuh mencapai tinggi 30-40 m.

Pohon Jati ialah salah satu penghasil kayu terbaik ketika ini dan paling banyak dicari untuk berbagai kebutuhan diantaranya ialah pengerjaan kerajinan mebel dan furniture, bahan pembuatan bangunan, dinding rumah dan lain sebagainya.

Hal yang menciptakan jati menjadi sangat digemari sebab kayu jati memiliki banyak sekali keunggulan dibanding dengan kayu lain.



Berikut ini keunggulan yang dimiliki oleh kayu jadi diantaranya :

1.    Memiliki kekuatan dan keawetan yang sangat baik

2.    Mudah diiris dan diolah menjadi banyak produk

3.    tidak gampang berubah bentuk akibat pergeseran cuaca.

4.    Tidak mudah lapuk

5.    Memiliki bobot yang berat dan kuat dan masih banyak lagi


Jenis Jenis Kayu Jati

 Jati sendiri memiliki berbagai jenis, yang dikenal luas diantara penduduk luas, diantaranya ialah :

1.    Jati unggul

2.    jati emas

3.    Jati super

4.    Jati jumbo

5.    Jati perhutani

6.    Jati utama

7.    Jati biotropika dan masih banyak lagi


Harga bibit Jati


Sebenarnya Harga bibit jati beraneka ragam tergantung dengan harga sesuai pasaran didaerah tersebut. Sedangkan penjualan bibit umumnya dibagi menjadi dua :


1.    yang pertama adalah dijual benih utuh

benih bibit jati biasanya dihargai antara 700.000 hingga dengan 2.000.000 perkilo, tergantung dengan jenis dan kelebihan benih itu sendiri.


2.    yang kedua bibit siap tanam

adalah bibit yang sudah ditumbuhkan dalam pot/bag tanam dan siap di tanam dalam lahan. Untuk bibit jati yang telah berkembang dan siap di tanam harganya lebih mahal adalah berkisar antara 7.000 sampai 20.000 ribu perbatang/pot.


Tips Budidaya Jati

1.Persiapan lahan

Tanaman jati elok dibudidayakan di ketinggian 600 meter di atas permukaan maritim. Mendapat curah hujan cukup ialah antara 1.200 mililiter (mm) hingga 3.000 mm pertahun. Suhu udaranya 10 – 40 derajat Celcius, kecepatan angin 40 kilometer (km) per jam- 48 km per jam, serta tingkat keasaman (pH) tanah antara 5.5 – 7.5.


2.Penanaman

Untuk Proses penanaman kayu jati sendiri tidak jauh berbeda dengan tanaman pohon pada umumnya, yaitu dengan menciptakan lubang tanam berukuran 40 cm x 40 cm x 40 cm. Sedangkan jarak ideal tanaman jati ialah 3 meter (m) x 3 m. Pastikan jarak tanam antar pohon tidak terlalu erat biar pohon menerima cukup terkena matahari.


3.Pemupukan

Untuk mendapatkan laba kurun panen yang cepat tentunya juga perlu perawatan dan pemupukan. Awal tanam dilaksanakan pemupukan dengan diberikan pupuk sangkar dan NPK dilubang tanam dengan dosis 3 sampai 5 kilogram pupuk kandang dan 200 gram NPK dalam satu lubang.

Pemupukan dikerjakan berkala setiap 6 bulan sekali dengan pupuk sangkar dan NPK dengan dosis 250 gram. Jika flora jati telah berumur lebih satu tahun, pemupukan dilakukan setahun sekali dan diberikan menjelang trend hujan.

Dengan perawatan dan pemupukan yang tepat, pohon jati mampu dipanen pada usia 5 tahun atau pohon telah berdiameter 30 cm. Demikian sedikit gambaran Usaha Budidaya Jati Unggulan biar membantu anda.


4.Panen

Untuk panen anda mampu pastikan sendiri lamanya tergantung dengan pertumbuhan kayu jati anda lazimnya panen mampu dikerjakan dikala usia pohon mencapai usia antara 10 hingga 15 tahun.

Harga perbatang kayu jati sendiri terbilang cukup menggiurkan mampu meraih 15 juta/m3.


Bagaimana sangat puluang perjuangan investasi yang sangat menjanjikan bukan.

Mungkin hanya itu dahulu yang bisa aku bagikan semoga bermanfaat dan supaya berhasil.


0 Response to "Budidaya Kayu Jati Lengkap Pembibitan Dan Penanaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel