35 Rumah Adab Di Indonesia + Gambar Dan Pembahasan Lengkapnya 3/5

Melanjut goresan pena atau artikel sebelumnya perihal rumah istiadat di Indonesia yng terdapat atau terletak di sekitar Pulau Jawa, pada peluang sore hari ini, saya akan membagikan info seputar rumah istiadat yng berasal dari tanah Borneo, Kalimantan. Berikut pemaparannya!

17. Rumah Adat Panjang, Kalimantan Barat

Rumah Panjang, begitu hunian tradisional istiadat orisinil Indonesia yng berasal dari Kalimantan Barat ini disebut. Semisal kebanykan rumah istiadat di Sumatera, rumah khas suku Dayak di tanah Borneo Barat ini pula secara arsitektur tergolong dalam jenis rumah panggung. Bentuknya yng memanjang sesuai yang dengannya namanya, tiang penyangga yng tinggi, dan anak tangga yng lebar merupakan kekhasan yng menciptakan rumah istiadat satu ini berbeda dibandingkan yang dengannya rumah istiadat lain-lainnya. Akan tetapi, walau unik keberadaan rumah istiadat Provinsi Akcaya ini dikala ini telah mulai punah. Selain karena trend masyarakat yng lebih menentukan membangun rumah yang dengannya gaya modern, biaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembangunan dan perawatannya yng besar merupakan alasan utama kenapa rumah istiadat panjang begitu susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa ditemui kala ini.
Melanjut goresan pena atau artikel sebelumnya perihal rumah istiadat di Indonesia yng terdapat a 35 Rumah Adat di Indonesia + Gambar dan Pembahasan Lengkapnya 3/5

18. Rumah Adat Betang, Kalimantan Tengah

Walau secara demografis, Kalimantan Tengah Amat erat yang dengannya Kalimantan Barat, akan tetapi, bukan berkhasiat sesungguhnya Provinsi yng memiliki semboyan Isen Mulang ini tidak memiliki rumah adatnya sendiri. Ya, Kalimantan Tengah punya rumah istiadat yng orang-orang kasih nama Rumah Bentang.
Rumah bentang secara gaya arsitektur memanglah masih memiliki kaitan erat yang dengannya rumah Panjang di Kalimantan Barat, akan tetapi sebetulnya ada satu hal unik yng membedakan keduanya. Rumah khas Suku Dayak Palangkaraya memiliki dimensi yng lebih besar, dimana panjang bisa mencapai 150 meter, lebar 30 meter dan tinggi antara 3-5 meter dari permukaan tanah. Dimensi yng lebih besar ini beliau yng menciptakan satu rumah bentang khas Kalimantan tengah ini bisa dihuni malah oleh lebih dari 150 jiwa.
Melanjut goresan pena atau artikel sebelumnya perihal rumah istiadat di Indonesia yng terdapat a 35 Rumah Adat di Indonesia + Gambar dan Pembahasan Lengkapnya 3/5

19. Rumah Adat Lamin, Kalimantan Timur

Bergerak ke arah timur, kita akan menemui rumah yng jauh lebih unik hasil akulturasi budaya suku Dayak, Kutai, dan Banjar. Rumah Lamin begitu ia disebut, merupakan rumah istiadat Kalimantan Timur yng menjadi tanda khas sekalian identitas bagi Provinsi yng beribukota di Balikpapan ini di kancah pergaulan nasional.
Melanjut goresan pena atau artikel sebelumnya perihal rumah istiadat di Indonesia yng terdapat a 35 Rumah Adat di Indonesia + Gambar dan Pembahasan Lengkapnya 3/5 Jauh melebihi rumah istiadat bentang dan panjang, rumah lamin memiliki dimensi benar-benar menakjubkan. Panjangnya bisa mencapai 300 meter, lebar sampai-sampai 15 meter, dan tinggi sekitar 3 meter. Yang dengannya dimensi sebesar ini menciptakan 30 keluarga bisa tinggal dan hidup bantu-membantu di sana.

20. Rumah Adat Bubungan Tinggi, Kalimantan Selatan

Tidak mau tertinggal, masyarakat suku Banjar di Kalimantan Selatan pula punya rumah adatnya sendiri. Rumah Bubungan Tinggi begitu orang-orang menyebutnya, merupakan rumah kebanggan bagi masyarakat Provinsi asal Ian Kasela ini. Rumah ini malah menjadi maskot. Lihat gaya arsitekturnya pada gambar yang akan di sajikan kali ini.
Melanjut goresan pena atau artikel sebelumnya perihal rumah istiadat di Indonesia yng terdapat a 35 Rumah Adat di Indonesia + Gambar dan Pembahasan Lengkapnya 3/5

21. Rumah Adat Baloy, Kalimantan Utara

Walau gres berdiri 2013 lalu, bukan berkhasiat sesungguhnya Kalimantan Utara bisa tertinggal dalam hal kebudayaan. Provinsi yng beribukota di Tanjung Selor ini punya rumah adatnya sendiri yng orang-orang kasih nama Rumah Baloy. Rumah baloy merupakan hasil kebudayaan arsitektur dari suku Tidung, suku orisinil Kalimantan Utara. Desainnya yng lebih modis ketimbang rumah istiadat provinsi lain di Kalimantan menciptakan miniatur rumah istiadat di Indonesia yng satu ini begitu ramai dicari.
Melanjut goresan pena atau artikel sebelumnya perihal rumah istiadat di Indonesia yng terdapat a 35 Rumah Adat di Indonesia + Gambar dan Pembahasan Lengkapnya 3/5 Nah, itulah beberapa rumah istiadat di Indonesia yng berasal dari tanah Borneo, Kalimantan. Cukup unik bukan? Lanjutkan membaca ya, di goresan pena atau artikel selanjutnya kita akan membahas perihal rumah istiadat khas dari kebudayaan Sulawesi.
Halaman ke : 1 2 3 4 5

Sumber Rujukan Dan Gambar :

0 Response to "35 Rumah Adab Di Indonesia + Gambar Dan Pembahasan Lengkapnya 3/5"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel