6 Tips Membantu Anak Melewati Hari Pertama Puasa

 Tips Membantu Anak Melewati Hari Pertama Puasa 6 Tips Membantu Anak Melewati Hari Pertama Puasa
Ingin mengajari anak puasa di ramadhan ini, tapi gundah caranya? Langsung saja terapkan tips membantu anak melewati puasa pertama ini.

Para orangtua biasanya akan berusaha untuk mengajarkan anaknya berpuasa meskipun dengan puasa yang tidak penuh satu hari. Apa sih tujuan anak berpuasa semenjak dini? Apa saja tips yang sanggup dilakukan untuk membantu anak melewati hari pertama puasanya mengingat anak mungkin merasa kesulitan berpuasa pada hari pertamanya. Nah, untuk mengetahuinya simak klarifikasi berikut mengenai tips membantu anak melewati puasa pertama.

Tujuan Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini

Meskipun bawah umur belum terkena aturan wajib untuk melaksanakan puasa, namun mengajarkan bawah umur berguru berpuasa semenjak dini diperlukan. Tujuannya yakni supaya ketika anak sudah saatnya terkena kewajiban untuk berpuasa, mereka tidak merasa kaget.Puasa merupakan sebuah ibadah yang berat dijalani jikalau tidak dibiasakan.

Bagian terberat dari proses membiasakan anak berpuasa yakni di hari pertama puasa. Ada bab kritis hari pertama puasa yang dialami anak yakni menjelang jam dua belas atau ketika matahari sedang panas-panasnya dan antara jam tiga hingga menjelang berbuka puasa. Anak seringkali merengek ingin makan atau minum pada ketika tersebut.

6 Tips Membantu Anak Melewati Puasa Pertama

Ada beberapa tips yang sanggup Anda terapkan dalam membantu anak melewati puasa pertama.

1. Memastikan Anak Makan Sahur

Pastikan anak Anda makan sahur supaya ia berpengaruh menjalankan puasanya. Pada awalnya memang berat membangunkan bawah umur di pagi-pagi buta,lalu mengajaknya makan sahur. Jadi, sediakan sajian favorit anak supaya ia bersemangat untuk sahur.Kalau sanggup berikan masakan yang hangat serta berkuah supaya lambung anak nyaman untuk mendapatkan masakan yang masuk. Berikan juga perhiasan tambahan supaya anak mempunyai energi lebih dalam menjalani puasa contohnya dengan mengkonsumsi madu.

2. Memberikan Motivasi dan Penghargaan

Berikan anak motivasi untuk menjalankan puasa dan berikan penghargaan jikalau ia berhasil melaksanakannya. Wujud penghargaan tidak selalu berupa materi. Namun sanggup juga dengan cara menyiapkan sajian berbuka yang anak sukai atau memberikan kebanggaan atas keberhasilannya tersebut. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih bersemangat dalam menjalankan puasa.

3. Menemani Anak di Waktu-waktu Kritis

Anda perlu menemani anak di waktu-waktu kritisnya yakni jam dua belas serta antara jam tiga hingga menjelang berbuka. Pada waktu-waktu ini anak akan mencicipi haus dan juga lapar. Ajaklah anak bermain dengan permainan yang disukainya.Anda juga sanggup menceritakan kisah-kisah usaha zaman Nabi dan para sobat dengan menggunakan boneka tangan semoga tidak menjenuhkan.

4. Menceritakan Makna Puasa

Latihlah anak berpuasa dengan menceritakan wacana makna dari puasa itu sendiri. Kemaslah dalam aneka macam macam dongeng yang menarik.

5. Menyiapkan Makanan yang Tepat

Siapkanlah masakan yang sempurna untuk anak yang sedang belajar berpuasa sesuai dengan kebutuhan serta kesukaannya. Pastikan kebutuhan energi anak terpenuhi dengan baik baik itu pada ketika berbuka maupun sahur.

6. Menciptakan Suasana Berpuasa yang Menyenangkan

Anda perlu membuat suasana berpuasa yang menyenangkan supaya anak sanggup terlibat untuk ikut berpuasa.Anda sanggup memulainya dengan sahur yang menyenangkan.Persiapkan dengan baik dan jangan hingga terburu-buru. Lakukanlah sahur dengan penuh syukur dan gembira supaya anak menikmati sahur. Tunjukkanlah kepada anak bahwa Anda selama seharian berpuasa tetap sanggup melaksanakan aneka macam acara dengan semangat walaupun tidak minum dan tidak makan.

Enam tips membantu anak melewati puasa pertama ini sanggup Anda terapkan di rumah di momen Ramadhan tahun ini. Yakinkan kepada anak bahwa berpuasa bukanlah sesuatu hal yang menyiksa dan terasa menyenangkan dikerjakan. Jelaskan juga mengenai pentingnya berpuasa semoga anak bersemangat untuk melaksanakannya.

0 Response to "6 Tips Membantu Anak Melewati Hari Pertama Puasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel