Selain Bentuk Ibadah, Ini 6 Manfaat Puasa Bagi Anak

Anda tidak perlu merasa ragu untuk mengajarkan anak semoga menjalankan puasa semenjak dini Selain Bentuk Ibadah, Ini 6 Manfaat Puasa Bagi Anak
Anda tidak perlu merasa ragu untuk mengajarkan anak semoga menjalankan puasa semenjak dini. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk anak sampai kelak ia dewasa.

Puasa merupakan salah satu bentuk ibadah yang mempunyai berbagai manfaat. Mengajarkan anak berpuasa semenjak dini sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh para orangtua. Tujuannya ialah untuk membiasakan semoga kelak saat anak sudah beranjak cukup umur tidak merasa kesulitan untuk berpuasa. Apa saja manfaat puasa untuk anak dan bagaimana cara mengajarkannya? Untuk mengetahuinya, yuk simak klarifikasi berikut.

6 Manfaat Puasa Untuk Anak

Ada berbagai manfaat puasa untuk anak. Manfaat puasa bagi anak meliputi:

1. Puasa Mendekatkan pada Agama

Puasa dapat mendekatkan anak pada agama. Puasa mengajarkan berbagai hal perihal kehidupan. Anda dapat memahamkan anak mengenai pentingnya berpuasa yang merupakan perintah Allah. Si kecil diajarkan untuk berpuasa sebagai upaya melatih mereka menyadari keberadaan Allah pada diri mereka.

2. Puasa Mengajarkan Rasa Empati

Berpuasa dapat mengajarkan rasa empati. Dengan rasa tenggang rasa akan menciptakan anak menjadi lebih menghargai setiap apa yang diperolehnya. Baik itu dalam skala yang kecil maupun skala yang besar. Misalnya berupa makanan dan minuman. Berbagi makanan dan minuman kepada orang lain untuk berbuka puasa mengajarkan pada mereka bahwa banyak orang di luar sana yang mengalami nasib tidak seberuntung mereka. Rasa tenggang rasa ini mengakibatkan anak lebih peduli pada lingkungan yang ada di sekitarnya.

3. Puasa Mengajarkan Kedisiplinan

Anak diajarkan kedisplinan mengenai waktu dengan berpuasa. Setiap hari anak diajarkan untuk berdiri pagi alasannya ialah harus makan sahur. Bangun di pagi hari ini akan menjadi kebiasaan bagi anak. Ajarkan juga anak untuk disiplin dalam berdoa dan berniat untuk menjalankan ibadah puasa.

4. Puasa Menjadikan Tubuh Lebih Sehat

Puasa sangat bermanfaat untuk kesehatan badan manusia. Hal ini sudah dibuktikan melalui berbagai penelitian. Pola makan anak menjadi lebih teratur dengan berpuasa alasannya ialah sudah ada waktu khusus yang dipakai untuk sahur dan berbuka. Ketika berpuasa orangtua dapat memilihkan makanan yang mempunyai kandungan gizi dan nutrisi bermanfaat serta diharapkan oleh badan anak pada masa pertumbuhannya.

5. Puasa Mengajarkan Kesabaran

Dengan berpuasa anak menjadi terlatih untuk senantiasa bersabar. Ia harus bersabar untuk tidak makan dan minum selama seharian. Meskipun pada waktu tersebut mencicipi lapar dan haus.

6. Puasa Mengajarkan Kejujuran

Sikap jujur dapat tertanam pada anak dengan cara berpuasa. Anak berpuasa untuk melatih mereka jujur terhadap orangtua, teman-temannya serta diri mereka sendiri. Jujur pada diri sendiri dapat diperoleh dengan mereka menyadari harus menahan rasa haus, rasa lapar dan juga menjaga perilaku mereka.



Cara Mengajarkan Anak Berpuasa

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengajarkan anak berpuasa, diantaranya yaitu:

1. Menemani Anak dalam Menjalankan Puasa

Temani anak dalam menjalankan puasa. Berikan motivasi dan semangat semoga ia tidak merasa terbebani dengan berpuasa. Pahamkan kepada anak bahwa mereka tetap dapat melaksanakan segala macam acara atau pekerjaan rumah meskipun menjalankan puasa.

2. Melatih Berpuasa pada Awal-awal

Pada awal-awal berpuasa, latihlah anak untuk melakukannya dengan setengah hari terlebih dahulu. Jika berhasil, maka Anda dapat memberikannya motivasi semoga berpuasa sehari penuh. Berikan kebanggaan untuk membuatnya lebih bersemangat.

3. Mengajarkan Tentang Pahala Puasa dan Manfaatnya

Ajarkan anak mengenai pahala dari berpuasa beserta keuntungannya untuk memberikannya pemahaman mengapa ia harus menjalankan puasa.

Jadi, 6 manfaat puasa bagi anak di atas perlu dipahami. Anda tidak perlu merasa ragu untuk mengajarkan anak semoga menjalankan puasa semenjak dini. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk anak sampai kelak ia dewasa.

0 Response to "Selain Bentuk Ibadah, Ini 6 Manfaat Puasa Bagi Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel