6.256 Guru Honorer Akan Diangkat Menjadi Pns

Pemerintah bakal mengangkat 6.256 guru tidak tetap (GTT) menjadi pegawai negeri sipil (PNS).
Sebanyak 6.256 guru tidak tetap (GTT) akan menjadi pegawai negeri sipil (PNS) untuk wilayah penempatan terluar, tertinggal, dan terpencil tahun ini. Hal ini disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat menemui para kepala sekolah di Gedung Eka Kapti, Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun, Jawa Timur (17/02/17).

"Pak bupati, guru yang di Kare (salah satu nama kecamatan di Lereng Gunung Wilis) bisa ikut diusulkan nanti," kata Muhadjir yang kutip dari Tempo.

Menurutnya, pengangkatan guru di tempat terpencil merupakan perhatian pemerintah terhadap kinerja mereka. Apalagi, dedikasinya telah dibuktikan dengan menjalankan kiprah dengan penuh pengorbanan selama bertahun-tahun. Meskipun begitu, Ia menyadari hal itu belum bisa mengurai ketimpangan kesejahteran para pendidik secara nasional.

"Semuanya berharap diangkat tapi pemerintah belum bisa (karena keterbatasan anggaran)," kata Muhadjir.

Sebanyak 1,2 juta dari 2,9 juta guru masih berstatus honorer atau tidak tetap. Aa mengungkapkan, para guru honorer mendapat gaji yang sangat minim. Karena itu, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah sanggup diambil untuk memberi honorarium para guru tidak tetap tersebut.

Baca juga: Kemdikbud Siapkan Aturan Pembayaran Gaji Guru Honorer

Selain itu, dengan adanya payung aturan berupa Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 wacana Komite Sekolah, Ia mengatakan, sekolah boleh menghimpun dana dari masyarakat dan bisa dipakai untuk menambah kesajahteraan guru tidak tetap tersebut.

0 Response to "6.256 Guru Honorer Akan Diangkat Menjadi Pns"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel