Alasan Mengapa Siswa Sekolah Dasar Nakal

Alasan Mengapa Siswa Sekolah Dasar Nakal Alasan Mengapa Siswa Sekolah Dasar Nakal
Perilaku siswa yang bandel di dalam kelas berkaitan dekat dengan perkembangan usia mereka.
Dalam psikologi pendidikan, tentu kita mengenal tahapan-tahapan perkembangan anak. Mulai dari beliau kanak-kanak, sampai dewasa. Bagi seorang guru, mengenal tahapan perkembangan anak secara komprehensif sangat membantu dirinya menemukan solusi atas tindakan-tindakan murid di dalam kelas yang mengganggu proses pembelajaran. [Baca: Penyebab 'Anak Nakal' dan Cara Mengatasinya]

Di sekolah dasar, sikap siswa yang bandel di dalam kelas ketika jam pelajaran berlangsung tentu berkaitan dekat dengan perkembangan usia mereka, yang mana lebih didominasi harapan untuk bermain dan bercengkerama dengan teman-temannya. Mereka tidak terlalu betah di dalam kelas bila mereka hanya duduk dan mendengar klarifikasi dari gurunya.

Sering sekali dialami situasi kelas yang terganggu alasannya ialah ulah dan tindakan beberapa orang murid yang sangat mengganggu suasana pelajaran selama pelajaran berlangsung. Beberapa tindakan mereka, misalnya; mengganggu sahabat sebangku yang sedang asyik mendengar pelajaran, menggambar sesuatu yang muncul dalam pikirannya ketika guru sedang berbicara, tidur ketika pelajaran berlangsung, bahkan ada yang memukul temannya ketika jam pelajaran berlangsung.

Akibatnya, situasi kelas menjadi gaduh, konsentrasi murid lainnya menjadi terganggu-tidak lagi mendengar penyajian bahan yang dipaparkan guru dan pelajaran kesannya harus ditunda beberapa ketika alasannya ialah sang guru harus memberi training terhadap murid yang menimbulkan situasi itu di dalam kelas. Situasi-situasi tersebut tidak hanya terjadi satu kali. Saban hari, guru selalu menemukan situasi tersebut di dalam kelas.

Meskipun situasi pembelajarannya terganggu oleh tindakan-tindakan bandel dari murid di dalam kelas, seorang guru senantiasa dituntut untuk bersikap sabar, rendah hati dan bisa mengendalikan situasi tersebut dengan baik. Seorang guru harus tetap hening dan fokus pada tujuan penyajian materi.

0 Response to "Alasan Mengapa Siswa Sekolah Dasar Nakal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel