Inilah 4 Kiat Sukses Hadapi Ujian Nasional Un 2013

Ujian Nasional (UN) sudah semakin dekat, tanggal 6-8 Mei mendatang siswa tingkat sekolah dasar akan melaksanakan UN. Semua yang terlibat berusaha untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional yang mengujikan tiga mata pelajaran itu, mulai dari guru, orang renta bahkan siswa sendiri.

Berbagai kiat dan taktik dilakukan untuk menyiapkan diri semoga sanggup mengerjakan banyak sekali soal yang diujikan dengan benar sehingga sanggup lulus dan memperoleh nilai maksimal. Tanpa kiat persiapan yang tepat, akhirnya tentu tidak akan optimal pada ketika ujian.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para guru, orang renta dan siswa ketika tengah mempersiapkan diri. Terkadang bawah umur berguru dengan 'mati-matian' semua materi yang ada tanpa taktik yang benar sehingga justru sanggup menciptakan tidak fokus pada pelaksanaannya.

Inilah 4 taktik sukses hadapi UN 2013 yang diungkapkan oleh Pemerhati Pendidikan, Saufi Sauniwati, menyerupai dikutip dari Kompas.com (27/3/2013):

1. Jangan hanya menghafal
Kiat pertama mempersiapkan diri menghadapi ujian ialah penguasaan materi yang akan diujikan. Yang dimaksud pada penguasaan materi ini bukan hanya menghafal semua materi yang ada. Namun, semoga lebih mudah, biasakan diri berlatih soal untuk mengaplikasikan rumus yang ada dengan tepat.

2. Rajin mengevaluasi diri
Kiat kedua untuk sukses UN ialah rajin melaksanakan penilaian diri. Ini berkaitan dengan latihan soal yang dilakukan oleh siswa. Latihan saja tidak cukup apabila tidak dievaluasi dengan baik. Evaluasi ini tidak hanya sekadar menilai benar dan salah, tetapi juga harus dievaluasi durasi pengerjaan soalnya.

3 Istirahat dan jaga kesehatan
Kiat ketiga menghadapi ujian ialah membagi waktu antara berguru dan melepaskan penat (istirahat). Saat menjelang UN, bawah umur biasanya berguru tiada henti dan ikut banyak sekali macam try out. Hal ini akan bermasalah kalau tidak ada jeda untuk meregangkan pikiran dan sanggup berakibat anak mengalami stress.

3. Berdoa
Kiat terakhir tentu saja berdoa semoga diberi kelancaran. Tidak heran kalau banyak sekolah yang lalu menggelar doa bersama ketika menjelang UN. Dengan berdoa ini, siswa dan guru sanggup memperoleh ketenangan tersendiri sebelum dan ketika UN.

0 Response to "Inilah 4 Kiat Sukses Hadapi Ujian Nasional Un 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel