Kepala Sekolah Dan Guru Jangan Sibuk Urus Spj

Kepala Sekolah dan Guru Jangan Sibuk Urus SPJ Kepala Sekolah dan Guru Jangan Sibuk Urus SPJ
Semua harus mengubah teladan pikir sehingga tak lagi berkutat dengan hal tak perlu.
Presiden Joko Widodo menyinggung soal kesibukan para PNS yang selama bekerja justru dihabiskan untuk mengurus SPJ (Surat Pertanggungjawaban). Parahnya, kata dia, kondisi ini juga menjangkit hingga ke sekolah. Kepala sekolah dan guru lebih sibuk mengurus SPJ dibanding mengajar.

Baca juga: Belum Banyak Guru yang Memiliki Jiwa Mendidik

"Saya juga pesan pada ibu Menkeu dan Pak Menko Perekonomian, jangan terlalu bertele-tele rezim keuangan kita. Maaf ini, hampir 60-70 persen birokrasi kita sibuk ngurus SPJ. Lembur hingga malam ngapain SPJ, SPJ. Maaf, jikalau orientasi kita ke situ berdasarkan aku keliru," kata Jokowi.

Dia meminta laporan keuangan dapat dibentuk lebih singkat dan gampang dibaca serta diperiksa. Sehingga energi tidak terbuang hanya untuk menciptakan laporan SPJ. PNS jangan terjebak rutinitas yang dianggap benar itu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyampaikan seluruh penyelenggara negara harus mengubah teladan pikir sehingga tak lagi berkutat dengan hal tak perlu. Orientasi harus bergeser dari proses ke hasil.

"Sekali lagi orientasi kita harus hasil jangan hingga kehilangan energi betul semua mengarah pada SPJ," kata Jakowi di Istana Negara Jakarta (20/9).

0 Response to "Kepala Sekolah Dan Guru Jangan Sibuk Urus Spj"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel