Media Pembelajaran Slaide Dari Kalender Bekas

Menjadi guru di kurun globalisasi memerlukan pemikiran yang kreatif dan inofatif, menanamkan kosep kepada siswa dan menumbuhkan siawa berfikir kreatif ialah tantangan untuk menuntaskan problem dalam pembelajaran. Kesulitan dalam membelajarkan siswa kelas 5 (lima) perihal kepingan – kepingan batang tumbuhan pada siswa SD Negeri 1 Winongsari telah mengispirasi saya untuk menciptakan media yang inofatif dan kreatif , sudah beberapa kali memberi kiprah dan menjelaskan ternyata masih ada beberapa anak yang belum bisa menyebutkan kepingan bagian batang tumbuhan. Keterbatasan media pembelajaran menciptakan saya berfikir dan berinofasi hingga kesannya saya menemukan slaide sederhana dari kalender bekas sebagi media dalam pembelajaran.

Slaide kalender ialah sebuah media yang terbuat dari kalender bekas dan dibentuk ibarat slaide. Slaide ini memiliki beberapa slaide yang di gunakan untuk membedakan kepingan -bagian batang. Media pembelajaran ini memanfaatkan barang bekas untuk membuatnya, media ini gampang sebab bahan-bahanya gampang di temukan dan menumbuhkan kreatifitas siswa.

Sujono Trimo memperlihatkan pengertian motivasi ialah suatu kekuatan penggagas dalam prilaku individu dalam prilaku individu baik yang akam menentukan arah maupun daya tahan (perintence) tiap sikap insan yang didalamnya terkandung pula ungsur-ungsur emosional insane yang berasangkutan.

Siswa menciptakan slaide dari kalender bekas dalam kelompokDalam acara awal saya memberika motifasi biar siswa dalam berfikir lebih siap, pemberian buku dan materi yang sesuai, dan menjelaskan acara kegiatan yang perlu dilakukan dalam kelompok siswa bekerja dalam kelompok untuk menentukan poin–poin yang akan di masukan pada slaide kalender.

Siswa menciptakan slaide dari kalender bekas dalam kelompok

Memberikan motifasi kepada anak sangat penting sebab dengan motifasi yang baik akan menjadikan rasa percaya diri anak sehingga proses pembelajaran akan lebih evektif dan kretifitas anak sangat diperlukan biar terwujutnya pembelajaran yang berkarakter sebagai guru bukan hanya akil mengajar dan akil menentukan metode pembelajaran tetapi bagaimana menciptakan anak bisa berkreasi dan bisa menghasilkan karya dan sesui dengan materi pembelajaran, ceramah yang lama, member pekerjaan ruamah yang berlebiahan kini sudah bukan menjadi tuntutan yang utama dalam dunia pendidikan.

Dalam acara kelompok siswa mengambar slaide bagian-bagian batang tumbuhan dengan mengunakan kreatifitas mereka dan kebersamaan yang terlihat menambah acara pembelajaran semakin menarik dan menyenangkan.

Dengan diskusi dan kreatifitas siswa mengambar kepingan slaide

Contoh Slaid kalender karya siswa

Pada slaide pertama siswa pertanda tumbuhan dan member judul, slaide kedua siswa menggambar batang tumbuhan ,untuk slaide yang ke 3 siswa mengambar dan member tanda untuk kepingan kulit terluar (crok) dan fungsinya dan kepingan yang ke 4 siwa menggambar kepingan floem beserta fungsinya , kepingan slaide yang ke 4 siswa menggambar dan memberi tanda untuk kepingan xylem sebagai slaide yang terakhir siswa mengisi dengan kesimpulan.

Siswa mempresentasikan hasil karya siswa

Dalam acara selesai siswa mempresentasikan hasil karya meraka, dengan slaide dari kalender siswa bisa menjelaskan bagiaan-bagian batang tumbuhan dan manfaatnya, dengan acara persentasi sanggup menumbuhkan keberanian siwa berbicara didalam kelas untuk menjelaskan materi pembelajaran yang sesuai.

Melalui slaide kalender bekas ini saya terbantun untuk melakuan pembelajaran yang efektif dan terbantu untuk melaksanakan evaluasi sebab disamping bisa melaksanakan penial produk saya juga bisa menilai performance, saya bisa mengetahui kemampuan siswa bekerja sama dalam kelompok dan kreatifitas siwa melalui pembuatan media sederhana dari kalender bekas.dan melihat kemampuan anak untuk memberikan materi di depan kelas dengan proteksi media yang mereka buat bersama – sama dalam kelompok.

*) Dikirim oleh SUKONO, S.Pd
Lahir tahun 1987 lulus kuliah tahun 2010 kini menjadi guru wiata bakti di SD Negeri 1 Winongsari Kec Kaliwiro, Kab Wonosobo.

0 Response to "Media Pembelajaran Slaide Dari Kalender Bekas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel