Mendikbud: Pendidikan Huruf Juga Menyasar Guru

Nilai utama abjad PPK tidak hanya menyasar para siswa Mendikbud: Pendidikan Karakter Juga Menyasar Guru
Nilai utama abjad PPK tidak hanya menyasar para siswa, tetapi juga pada pendidik, dan orangtua.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan poros utama perbaikan pendidikan nasional yang berkaitan dekat dengan banyak sekali jadwal prioritas pemerintah. Tidak hanya bagi siswa, PPK juga akan menyasar guru dan orangtua.

"Program Penguatan Pendidikan Karakter dibutuhkan menjadi ruh dari pendidikan nasional. Nilai utama abjad PPK tidak hanya menyasar para siswa, tetapi juga pada pendidik, dan orangtua sebagai pendidik utama dan pertama," kata Muhadjir yang kutip dari kemdikbud.go.id (11/01/17).

Salah satu rencana penguatan tugas guru dan kepala sekolah yang dikala ini disiapkan Kemendikbud ialah mendorong revitalisasi tugas dan fungsi kepala sekolah sebagai manajer, dan guru sebagai inspirator PPK. Melalui pembelajaran berbasis penguatan abjad yang terintegrasi di sekolah dan di luar sekolah melalui PPK, sanggup menghadirkan generasi muda yang berdaya saing dan mempunyai abjad positif.

Mendikbud menegaskan ada lima nilai utama abjad yang menjadi prioritas pada PPK, berkaitan dekat dengan banyak sekali jadwal prioritas Kemendikbud di bidang pendidikan dan kebudayaan. Lima nilai utama itu ialah Religius, Nasionalis, Mandiri, Integritas, dan Gotong Royong.

Baca juga: Cara Sekolah Menerapkan Pendidikan Karakter

Di kesempatan yang berbeda, Wakil Dewan Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Itje Chodidjah menyampaikan melalui budaya yang dikembangkan di sekolah, PPK sanggup dilakukan melalui pembiasaan-pembiasaan sikap positif. Kepala sekolah dan guru sebagai motornya secara otomatis menjadi teladan. Selain itu, PPK sanggup juga pribadi sanggup diintegrasikan melalui tema maupun mata pelajaran.

"Karakter ialah garamnya pendidikan. Karakter memberi rasa dalam banyak sekali cara kita mendidik dan materi yang kita gunakan untuk mendidik melalui mata pelajaran," kata Itje.

0 Response to "Mendikbud: Pendidikan Huruf Juga Menyasar Guru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel