Mengenal Manfaat Mendongeng Untuk Anak

Pastinya dulu ketika kita masih kecil pernah atau sering mendengarkan sebuah dongeng yang diceritakan oleh orang dewasa, baik oleh orang bau tanah maupun guru. Rasanya begitu menyenangkan mendengarkan dongeng yang dibawakan dengan penuh imajinasi dan imajinasi kita ketika mengikuti ceritanya. Bahkan menginginkan bisa terus didongengkan di keesokan harinya lagi.

Sekarang mari kita bahas kembali manfaat mendongeng untuk anak. Pendidikan melalui dongeng sangat disukai anak-anak. Berbagai pesan gampang diterima oleh anak kalau disampaikan melalui sebuah cerita. Jika kita masih ingat dongeng Si Kancil, Sangkuriang hingga dongeng anak terkenal menyerupai Cinderella atau Putri Salju. Begitupun dengan anak, mereka bisa mengingat pesan utama dari cerita-cerita tersebut melalui mendongeng.

Dongeng bukan hanya sekedar media hiburan tetapi juga alat mendidik yang baik bagi anak-anak. Melalui dongeng, orangtua, guru dan anak sanggup memetik banyak manfaat. Berikut manfaat dongeng untuk anak-anak:
  • Dongeng mengajarkan banyak nilai konkret yang mempunyai kegunaan membangun rujukan tingkah laris anak ketika bertumbuh.
  • Anak yang terbiasa mendengarkan dongeng umumnya lebih pintar berekspresi dan percaya diri ketika harus tampil di depan umum.
  • Kebiasaan mendengarkan dongeng menjadi anak lebih berdikari alasannya yaitu terbiasa berpikir kritis dan kreatif dalam menyikapi suatu masalah.
  • Dari dongeng tersebut selalu ada nasihat yang tersirat. Tanpa disadari, anak akan mengaplikasikan apa yang mereka sanggup dari dongeng tersebut.
  • Anak yang sering mendengarkan dongeng mempunyai kemampuan berbahasa yang baik. Mereka bisa berkomunikasi dengan baik alasannya yaitu memperoleh banyak kosakata yang didapat dari sebuah dongeng sehingga gampang bersosialisasi.
  • Dengan dongeng imajinasi anak juga terus dilatih berkembang sehingga secara intelektual anak ini lebih unggul.
  • Sebuah dongeng selalu mempunyai pesan moral di baliknya yang menciptakan anak berguru membedakan hal yang baik dan jelek untuk selanjutnya diterapkan dalam kehidupan.
  • Mendongeng secara rutin sangat efektif mengakrabkan kekerabatan antara orangtua dan anaknya atau guru dengan muridnya.

Memberikan pengertian melalui dongeng yaitu langkah yang baik dan sanggup mempererat hubungan, baik antar orang bau tanah dan anak, atau guru dan murid. Anak-anak tidak suka digurui, mereka sanggup berguru dari dongeng. Apakah Bapak Ibu suka menyajikan dongeng yang seru, menarik dan bisa mengajak bawah umur terlibat penuh dengan melibatkan kelima indera mereka? Yuk bagi ceritanya di kolom komentar!

0 Response to "Mengenal Manfaat Mendongeng Untuk Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel