Mengukir Harapan Menakjubkan Dari Era Kanak-Kanak

Menumbuh kembangkan kreatifitas, impian dan impian para kanak-kanak, sangatlah diperlukan.
Masa kanak-kanak yaitu masa indah yang penuh warna. Kejadian-kejadian di masa kanak-kanak bila diisi dengan kegiatan-kegiatan yang menggembirakan, akan menjadi kenangan indah yang selalu diingat hingga dewasa.

Menumbuh kembangkan kreatifitas, impian dan impian para kanak-kanak, sangatlah diperlukan, semoga bisa menjadi aliran dan pandangan gres bagi mereka menuju masa depan yang terpampang luas di depan mata. Hanya cukup menyediakan selembar kertas, untuk ditulis, banyak sekali hal apa saja yang kelak akan mereka ciptakan, terutama di zaman yang serba teknologi menyerupai sekarang.

Hal ini sudah cukup memancing mereka untuk berpikir kreatif dan inovatif memimpikan apa saja yang mereka angankan. Salah satu pola faktual yang sudah terjadi, sepasang insan kembar Wright bersaudara, mempunyai impian bisa menjelajahi dunia dengan cara terbang. Mereka menemukan teknologi alat transportasi udara, yang hingga kini dipakai oleh banyak orang untuk pergi ke mana saja tujuan mereka.

Wright dan saudaranya telah berjasa menemukan teknologi pesawat terbang hingga bisa membawa kita menjelajahi dunia ini kemanapun tujuan kita. Semua dimulai dari impian. Semua dimulai dari angan-angan, namun bukan hanya sekedar angan-angan. Namun angan-angan yang dibarengi perjuangan yang tidak ringan untuk bisa mewujudkan impian mereka. Ditempuh dengan beberapa kali kegagalan, pantang mengalah dan mau terus berusaha, sehingga perjuangan mereka menjadi pandangan gres bagi banyak orang.

Cuplikan berikut ini berisi impian dan angan-angan yang ditulis oleh siswa kelas IV SDIT Al Ittihad tahun 2015, generasi penerus bangsa ini, namun isinya penuh penemuan dan teknologi yang mungkin saja akan terwujud di masa depan. Diantara sekumpulan narasi impian mereka, inilah beberapa cuplikan dari beberapa siswa yang mempunyai impian unik yang mungkin saja bisa terwujudkan di masa depan.

Contohnya, Nabila menulis : Inilah teknologi Impianku. Aku ingin membuat sebuah teknologi. Nama teknologi itu yaitu Robot Remat. Mengapa saya memberinya nama demikian…? Karena pada salah satu tombol robot itu berbentuk Remat yang mempunyai panjang 20 cm dan lebar sekitar 5 hingga dengan 6 cm. Robot itu bisa membantu membuatkanku sebuah alat elektronik, contohnya HP, computer dan lain-lain. Bukan hanya itu saja, robot Rematku bisa membuat alat-alat elektronik untuk ibu-ibu rumah tangga, contohnya mesin cuci, kompor, blender daging dan sebagainya. Cara mengoperasikannya yaitu dengan ditekan salah satu tombol yang berwarna merah dan hijau. Itulah Teknologi impianku.”

Lain lagi yang ditulis oleh Dini, ini tulisannya:” Teknologi Ciptaanku. Aku ingin bisa membuat robot pembantu. Robot pembantuku mempunyai sifat rajin dan pintar. Kalau saya sedang jenuh atau bosan sendirian, maka robot pembantuku bersedia menemaniku bermain bersama. Ia juga bahagia bermain dengan belum dewasa kecil. Robot pembantuku tidak suka kalau melihat rumah kotor, kalau ada sampah ia eksklusif mengumpulkan dan membersihkannya. Lebih hebatnya lagi, robotku bisa memilah sampah-sampah yang masuk ke dalam tubuhnya.

Sampah kering dimasukkan ke dalam kotak sampah kering, sedang sampah basah, dimasukkan ke dalam kotak sampah lembap yang bisa eksklusif dijadikan pupuk untuk tanaman. Wow keren ya…Tetapi ia tidak suka berteman dengan orang yang jorok dan pemalas. Ia hanya mau berteman dengan anak yang rajin dan sholeh. Dan ia melaksanakan pekerjaannya dengan cepat. Lucu ya robotku itu …”. Dan berikutnya Bayza dengan narasinya yang berjudul “ Mobil Tak Beroda”. “Suatu dikala nanti saya harus bisa membuat sebuah kendaraan beroda empat yang unik. Yaitu kendaraan beroda empat tak beroda.

Mobil ini mempunyai satu keunikan yang dahsyat yaitu kendaraan beroda empat yang mempunyai tenaga angin yang berpengaruh di bawahnya, sehingga kendaraan beroda empat ini sanggup melayang sekitar 30 m dari permukaan jalan. Panjang kendaraan beroda empat ini 2.5 m dan tingginya 1.5 meter. Di atas kendaraan beroda empat tersebut terdapat panel surya, untuk menangkap sinar matahari yang bisa dijadikan listrik. Bagian bawahnya diberikan menyerupai skateboat, jadi bukan roda.

Jika berjalan pada malam hari atau sedang hujan, kendaraan beroda empat ini bisa berjalan tanpa memakai energi materi bakar, alasannya sudah mempunyai tenaga cadangan atau pengganti, yang disimpan dalam bentuk energi cahaya matahari sehingga ramah lingkungan. Ketika jalanan sedang ramai atau macet, kendaraan beroda empat canggihku itu bisa dinaikkan ke atas, sehingga bisa melewati mobil-mobil yang macet.

Apa lagi kalau bertemu dengan sungai, mobilku bisa melayang di udara untuk bisa hingga ke seberang.” Sedangkan Ishma dengan narasinya yang singkat dan sederhana namun menggugah hati: ”Kursi Roda Ajaib”. “Aku akan membuat dingklik roda ajaib. Kursi roda ini bisa dipakai untuk menaiki dan menuruni tangga.

Karena, saya melihat, kursi-kursi roda yang dibentuk sekarang, hanya bisa dijalankan didaerah yang datar. Namun kursiku ini akan saya design bisa dipakai di segala permukaan, terutama permukaan yang mendaki dan menurun, sehingga saya bisa membantu orang-orang cacat bebas bergerak memakai kursinya.”

Demikianlah pikiran impian menakjubkan dari masa kanak-kanak. Ada semacam keinginan yang berpengaruh untuk sanggup mewujudkannya, walaupun gres sebatas impian. Setiap hari, bagi mereka yaitu suatu hal yang tidak tidak mungkin mungkin saja sanggup terwujud. Semua hal seakan menjanjikan, dan menjanjikan lebih banyak kegembiraan, fasilitas dan petualangan.

Dan tidak ada yang bisa mencegah kita untuk menahan keinginan dan impian anak-anak, alasannya bagi mereka keajaiban bisa saja terjadi, walaupun kini impian mereka belum terwujud. Ibarat pepatah: “ If You Can Dream It, You Can Achieve It !. Di masa depan, mungkin saja semua bisa terwujud. Inshaallah…

*) Ditulis oleh Delta Nia, S.Pd, M.Pd Guru SDIT Al Ittihad Rumbai

0 Response to "Mengukir Harapan Menakjubkan Dari Era Kanak-Kanak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel