Metode Pembelajaran Index Card Match

Metode ini sanggup dikatakan sebuah permainan yang menyenangkan  Metode Pembelajaran Index Card Match
Metode ini sanggup dikatakan sebuah permainan yang menyenangkan.
Metode pembelajaran Index Card Match sanggup memupuk kolaborasi siswa dalam menjawab pertanyaan dengan mencocokkan kartu indeks yang ada di tangan mereka. Proses pembelajaran ini lebih menarik alasannya siswa mencari pasangan sambil mencar ilmu mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan.

Dalam metode ini siswa harus mengerjakan banyak tugas. Mereka harus memakai otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar juga harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan daerah duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras.

Metode pembelajaran Index Card Match membuat siswa terbiasa aktif mengikuti pembelajaran sehingga acara siswa meningkat. Metode ini sanggup melatih teladan pikir siswa alasannya dengan metode ini siswa dilatih kecepatan berpikirnya dalam mempelajari suatu konsep atau topik melalui pencarian kartu balasan atau kartu soal.

Metode pembelajaran yang merupakan salah satu model Cooperative Learning ini yaitu suatu cara pembelajaran aktif untuk meninjau ulang bahan pelajaran dengan teknik mencari pasangan kartu indeks yang merupakan balasan atau soal sambil mencar ilmu mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana menyenangkan. Metode ini sanggup meningkatkan acara dan hasil mencar ilmu siswa.

Langkah-Langkah Penerapan Metode Index Card Match
  • Guru membuat potongan-potongan kartu sebanyak jumlah siswa yang ada di dalam kelas.
  • Guru membagi pecahan kartu-kartu tersebut menjadi dua bab yang sama.
  • Pada separuh bab pecahan kartu-kartu, guru menuliskan pertanyaan perihal bahan yang akan dipelajari. Setiap kartu berisi satu pertanyaan.
  • Pada separuh kartu yang lain, guru menuliskan balasan dari pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat.
  • Guru mengocok semua kartu sehingga akan tercampur antara pertanyaan dan jawaban.
  • Guru membagikan satu kartu kepada setiap siswa. Guru selanjutnya menjelaskan bahwa ini yaitu acara yang dilakukan berpasangan. Separuh dari jumlah siswa akan mendapat pertanyaan dan separuh yang lain akan mendapat jawaban.
  • Guru meminta kepada siswa untuk menemukan pasangan mereka. Jika ada yang sudah menemukan pasangan, guru meminta kepada mereka untuk duduk berdekatan. Guru juga menjelaskan supaya mereka tidak memberitahu bahan yang mereka dapatkan kepada sobat yang lain.
  • Setelah semua siswa menemukan pasangan dan duduk berdekatan, guru meminta kepada setiap pasangan secara bergantian untuk membacakan pertanyaan yang diperoleh dengan keras kepada teman-temannya yang lain. Selanjutnya pertanyaan tersebut dijawab oleh pasangannya.
  • Guru mengakhiri proses ini dengan membuat penjelasan dan kesimpulan.

Kelebihan dan kelemahan Index Card Match 

Kelebihan Metode Pembelajaran Index Card Match
  • Menumbuhkan kegembiraan dalam kegiatan mencar ilmu mengajar.
  • Materi pelajaran yang disampaikan lebih menarik perhatian siswa.
  • Mampu membuat suasana mencar ilmu yang aktif dan menyenagkan.
  • Mampu meningkatkan hasil mencar ilmu siswa mencapai taraf ketuntasan belajar.
  • Penilaian dilakukan bersama pengamat dan pemain

Kelemahan Metode Pembelajaran Index Card Match
  • Membutuhkan waktu yang usang bagi siswa untuk menuntaskan kiprah dan prestasi.
  • Guru harus meluangkan waktu yang lebih.
  • Lama untuk membuat persiapan.
  • Guru harus mempunyai jiwa demokratis dan keterampilan yang memadai dalam hal pengelolaan kelas.
  • Menuntut sifat tertentu dari siswa atau kecenderungan untuk bekerja sama dalam menuntaskan masalah.
  • Suasana kelas menjadi gaduh sehingga sanggup mengganggu kelas.

0 Response to "Metode Pembelajaran Index Card Match"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel