Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick

Dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick, guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok dengan anggota yang heterogen. Kelompok dibuat dengan mempertimbangkan keakraban, persahabatan atau minat. Setiap kelompok selanjutnya berdiskusi dan mempelajari bahan pelajaran.

Model pembelajaran Talking Stick yakni suatu model pembelajaran kelompok sama ibarat Snowball Throwing. Tetapi dalam penerapan model pembelajaran ini, dengan memanfaatkan tongkat oleh alasannya yakni itulah disebut Talking Stick (tongkat berbicara). Pada model pembelajaran Snowball Throwing setiap siswa menciptakan pertanyaan yang dibuat ibarat bola kemudian dilempar ke siswa lain.

Bagi kelompok yang memegang tongkat terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan dari guru. Sebelumnya siswa sudah mempelajari bahan pokoknya. Kegiatan tersebut diulang terus-menerus hingga semua kelompok menerima giliran untuk menjawab pertanyaan dari guru.

Langkah-langkah Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick
  1. Guru menyiapkan sebuah tongkat yang kira-kira panjangnya 20 cm.
  2. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota 4-6 siswa
  3. Guru memberikan bahan pokok yang akan dipelajari
  4. Guru memperlihatkan kesempatan para kelompok untuk membaca dan mempelajari bahan pelajaran.
  5. Siswa berdiskusi membahas dilema yang terdapat di dalam wacana.
  6. Setelah siswa akibat membaca bahan pelajaran dan mempelajari isinya, guru mempersilahkan siswa untuk menutup isi bacaan.
  7. Guru mengambil tongkat dan memperlihatkan kepada salah satu siswa, sesudah itu guru memperlihatkan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian hingga sebagian besar siswa menerima bab untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
  8. Guru bersama siswa menyimpulkan bahan yang telah dipelajari.
  9. Guru memperlihatkan evaluasi/penilaian.
  10. Guru menutup pembelajaran.

Kelebihan penerapan model pembelajaran Talking Stick yakni menguji kesiapan siswa dan melatih membaca dan memahami dengan cepat serta lebih ulet dalam belajar. Model pembelajaran ini menciptakan anak didik ceria, senang, dan melatih mental anak didik untuk siap pada kondisi dan siatuasi apapun.

0 Response to "Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel