Yang Harus Dilakukan Guru Untuk Sikapi Terorisme

Yang Harus Dilakukan Guru untuk Sikapi Terorisme Yang Harus Dilakukan Guru untuk Sikapi Terorisme
Mendikbud Anies Baswedan memberikan panduan bagi guru untuk membantu siswa mencermati kejadian teror.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan memberikan panduan guru untuk membantu siswa mencermati kejadian teror. Berikut yang harus dilakukan guru untuk menyikapi terorisme yang kutip dari CNN Indonesia (15/01/16):

Sediakan waktu bicara pada para siswa wacana kejahatan terorisme. Siswa sering menyebabkan guru kawasan mencari informasi dan pemahaman wacana apa yang sedang terjadi.

Bahas secara singkat apa yang terjadi, mencakup fakta-fakta yang sudah terverifikasi. Jangan membuka ruang terhadap rumor, isu, dan spekulasi.

Beri kesempatan siswa untuk mengungkapkan perasaannya wacana tragedi/kejahatan yang terjadi. Nyatakan dengan terang rasa murung kita terhadap para korban dan keluarganya.

Arahkan rasa kemarahan pada target yang tepat, ialah pada pelaku kejahatan, bukan pada identitas golongan tertentu yang didasarkan pada prasangka.

Kembali pada rutinitas normal. Terorisme akan sukses apabila mereka berhasil mempengaruhi kehidupan sehari-hari dan kehidupan kebangsaan.

Ajak siswa berpikir positif. Ingatkan bahwa negara kita telah melewati banyak bencana dan duduk kasus dengan tegar, gotong royong, semangat persatuan dan saling menjaga.

Ajak siswa berdiskusi dan mengapresiasi kerja para polisi, TNI, dan petugas kesehatan yang melindungi, melayani, dan membantu kita di masa tragedi. Diskusikan lebih banyak wacana sisi kesigapan dan keberanian mereka daripada sisi kejahatan pelaku teror.

0 Response to "Yang Harus Dilakukan Guru Untuk Sikapi Terorisme"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel