Istilah Bahasa Inggris Yang Dipakai Dalam Permainan Billiard

Istilah Bahasa Inggris Yang Digunakan Dalam Permainan Billiard




Hai teman IBI….


Pada kesempatan kali ini IBI akan membahas wacana istilah yang digunakan dalam permainaan billiard.


Istilah Bahasa Inggris Yang Digunakan Dalam Permainan Billiard Istilah Bahasa Inggris Yang Digunakan Dalam Permainan Billiard
Istilah Bahasa Inggris Yang Digunakan Dalam Permainan Billiard

Biliar ialah sebuah cabang olahraga yang masuk dalam kategori cabang olahraga konsentrasi, sehingga sangat diperlukan ketahanan dan pemahaman mental yang benar serta harus ditunjang oleh kemampuan fisik yang prima biar bisa berprestasi lebih tinggi dan stabil.


Cabang olahraga ini dimainkan di atas meja dan dengan peralatan bantu khusus serta peraturan tersendiri. Permainan ini terbagi dari beberapa Jenis, antara lain jenis Carom, English Billiard dan Pool. Dapat dimainkan secara perorangan maupun tim.


kira-kira apa saja ya istilah yang digunakan pada permainan billiard, pribadi saja kita simak.




1. CUE


Adalah tongkat atau stik yang di gunakan sebagai alat penyodok bola dalam permainan billiar yang biasanya terbuat dari kayu atau serat komposit dalam aneka macam motif corak dan bentuk.


2. CUE BALL


Adalah bola billiard yang digunakan sebagai bola utama atau bola yang berfungsi sebagai media penghubung antara stik billiard dengan object ball / bola target.


3. OBJECT BALL / POOL BALL


Adalah bola biliard yang menjadi sasaran singgungan dari cue ball untuk diarahkan ke posisi tertentu atau dimasukan ke dalam pocket sebagai tujuan permainan.


4. POCKET


Adalah kantung pada meja billiar yang fungsinya sebagai tempat masuknya bola billiard,pocket pada meja billiard berjumlah enam buah ( 3 buah pada tiap sisinya ) dengan ukuran kurang lebih dua kali diameter bola biliard .


5. SAFETY SHOT


Adalah trik yang dilakukan untuk tujuan bertahan dalam permainan billiard yang dilakukan dengan cara menempatkan bola target/pool ball pemain lawan pada posisi tertentu biar pemain lawan tidak mempunyai kesempatan posisi bola yang terbuka.


6. BALL IN HAND


Adalah situasi ketika seorang pemain mendapat kesempatan untuk melaksanakan sodokan bebas / bebas meletakan cue ball pada posisi tertentu,hal ini berlaku jikalau pemain lawan melaksanakan kesalahan (foul).


7. CHALK


Adalah perlengkapan yang digunakan untuk melapisi bab atas (tip) dari stik biliard yang berfungsi biar tidak terjadi slip pada persinggungan antara tip dengan cue ball (missed cue).


8. MISSED CUE


adalah situasi stik billiar terpeleset pada ketika melaksanakan sodokan terhadap cue ball, Karena terpeleset, maka bola sasarannya akan meleset juga atau tidak sesuai yang kita inginkan.


9. SCRATCH


Adalah situasi pada ketika cue ball masuk ke dalam pocket atau keluar dari meja. Scratch merupakan foul/kesalahan dalam permainan biliar.


 


10. BACK SPIN


Adalah situasi ketika cue ball yang putaranya berbalik arah, hal ini terjadi alasannya ialah sodokan stik billiard yang mengenai tempat bab bawah cue ball. Putaran balik inilah yang akan menciptakan cue ball kembali ke area semula sesudah bersinggungan dengan bola sasaran.


11. FOLLOW THROUGH SHOT


Adalah teknik sodokan dengan memakai ayunan dorong pada titik atas dari cue ball. Sodokan ini akan menghasilkan putaran atas atau forward spin, yang menghasilkan imbas cue ball akan terus bergulir maju sesudah mengenai bola sasaran.


12. DRAW SHOT


Adalah teknik sodokan stik biliard pada cue ball yang menghasilkan imbas back spin.


13. ENGLISH SHOT


Adalah teknik sodokan stik bilyar pada cue ball untuk menghasilkan imbas spin samping/memutar pada cue ball dan bola target.Teknik ini dilakukan dengan cara menyodok bab sisi kiri atau kanan dari cue ball, di Indonesia lebih sering digunakan istilah efek.




Ituah yang pada kesempaatan kali ini sanggup IBI sampaikan pada teman semua semogga sanggup menambah pengetahuan dan sanggup dijadikan materi berguru bahasa inggris teman semua.


– Tetap Semangat-


Referensi materi IBI yang lainnya:



 


 


0 Response to "Istilah Bahasa Inggris Yang Dipakai Dalam Permainan Billiard"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel