Hal Yang Perlu Disiapkan Saat Akan Perjalanan Ke Luar Negeri

Hal Yang Perlu Disiapkan Ketika Akan Perjalanan Ke Luar Negeri




Pada kesempatan kali ini IBI akan membagikan isu kepada teman IBI semua. isu yang akan disampaaikan yaitu “Hal Yang Perlu Disiapkan Ketika Akan Perjalanan Ke Luar Negeri”. Apa saja sih yang perlu kita siapkan kalau akan pergi atau perjalanan ke luar negeri? langsug saja kita simak saja daftarnya berikut ini.


Hal Yang Perlu Disiapkan Ketika Akan Perjalanan Ke Luar Negeri Hal Yang Perlu Disiapkan Ketika Akan Perjalanan Ke Luar Negeri
Hal Yang Perlu Disiapkan Ketika Akan Perjalanan Ke Luar Negeri



Hal Yang Perlu Disiapkan



  1. Pasport.


Paspor yaitu dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melaksanakan perjalanan antar negara. Paspor dokumen wajib yg harus dipunyai untuk keluar negeri,  untuk buat paspor anda sanggup tiba sendiri ke kantor imigrasi terdekat dari kawasan tinggal anda, dengan membawa dokumen menyerupai KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Ijazah Terakhir, Surat Nikah (bagi yang sudah menikah), serta surat acuan dari perusahaan anda bekerja (bagi karyawan/pegawai). Bisa juga anda menggunakan biro jasa di travel yang sudah biasa melayani pembuatan paspor, walaupun lebih mahal tentunya dibanding dengan bila anda mengurus sendiri.






2. Visa. 


Visa yaitu surat izin yang dikeluarkan suatu negara kepada warga negara abnormal yang akan masuk ke negara tersebut.banyak negara yang membebaskan pengurusan visa ini, ada juga  menerapkan visa on arrival (voa). Negara-negara Asean menyerupai Malaysia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam, Laos, Myanmar, Brunei Darussalam, Filipina. Membebaskan visa bagi Warga Negara Indonesia. Untuk negara yang menerapkan visa on arrival (visa yang sanggup dibeli ketika kedatangan di bandara atau perbatasan suatu negara yang dituju yang menerapkan sistim visa on arrival (voa). Sebaiknya bagi yang gres pertama kali ke luar negeri, mulai dulu ke negara yang tidak menggunakan visa.






3. Tiket pesawat. 



Sobat harus memastikan jadwal keberangkatan teman keluar negeri, semoga  persiapan  keberangkatan sanggup dlakukan semaksimal mungkin. Dengan membeli tiket lebih awal maka kita tiddak akan repot untuk menguruus pernak pernik yang akan  dibawa atauu disiapkaan. Apalagi dijaman modern ini kita dimudahkan untuk membeli tiket pesawat.







4. Credit Card dan Debit CardJalan-jalan ke luar negeri dengan membawa uang tunai di dalam tas sangat membahayakan. Untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, lebih baik Anda membawa credit card dan debit card.


Beberapa traveler lebih menentukan menyimpan debit card-nya di hotel dan membawa credit card selama mereka jalan-jalan. Kenapa? Karena ketika Anda harus kehilangan credit card, Anda sanggup segera menghubungi Bank Anda. Selain itu, Anda pun tetap sanggup tenang, sebab Anda masih menyimpan debit card di hotel.






5. Tukar Uang Secukupnya


Tak perlu menukar rupiah dalam bentuk mata uang abnormal terlalu banyak. Tukarkan uang rupiah Anda secukupnya. Bepergian dengan membawa uang tunai dalam jumlah besar, sangatlah beresiko. Anda akan menjadi sentra perhatian tangan-tangan nakal.




6. Cek Kesehatan Sebelum Berangkat dan Bawa obat-obatan


Penting untuk mengontak dokter pribadi atau sekedar cek kesehatan ke puskesmas atau dokter sebelum berangkat ke luar negeri. Apalagi negara yang akan dikunjungi yaitu negara yang punya riwayat penyebaran wabah penyakit. Pastikan bahwa kau mendapat vaksin yang dibutuhkan serta minta resep untuk menjaga kesehatan selama di luar negeri. Dan jangan lupa untuk membawa obat obatan yang biaanya kita konsumsi dikala sakit atau nge-drop. Perlu diingat untuk menjaga kesehatan dan mengkonsumsi vitamin ketika diperjalanan.





7. Tas dan isinya



Bawa pakaian dan perlengkapan untuk berpergian seperlunya saja, kalau kita tak mau repot dengan biaya bagasi, biasanya tas punggung sanggup dibawa s/d berat 7kg ke atas kabin pesawat, tergantung kebijakan peraturan maskapai penerbangan yang anda gunakan.

Sedangkan mengenai barang bawaan ketentuan imigrasi boleh membawa cairan di dalam wadah @100 ml  maksimal 1 liter. Tetapi kalau yang namanya bawa air/cairan biasanya disita imigrasi. tapi kalau bawa masakan kering menyerupai popmie atau roti/biskuit masih boleh dibawa. Tapi setiap negara memberlakukan hukum yang berbeda, lebih baik mencari isu eksklusif di hukum imigrasi negara mana yg akan kita tuju atau kita kunjungi.






8. Internasional Adaptor 


Di luar negeri, banyak hal berbeda dari Indonesia. Hal paling sepele yang mungkin dilupakan orang yaitu adaptor. Di luar negeri, masing-masing negara mempunyai tipe adaptor yang berbeda. Membawa internasional adaptor dalam ransel akan memudahkan Anda untuk mengisi daya ponsel, kamera, dan gadget lainnya.




9. Tulis Schedule Perjalanan di Negara Tujuan


Hal ini penting sebab kita ungkin di negara tersebuut hanya terbata beeberapa hari saja, jadi usahakan untuk mencatat semmua aagenda yan akan dilakukan disana supaya hari-hai anda disana sanggup digunakaan semaksimal mungkin.




Demikian artikel yang sanggup IBI sampaikan, semoga sanggup bermanfaat dan sanggup dijadikan materi mencar ilmu serta menambah isu untuk teman IBI semua.


semoga perjalananmu menyenangkan…. 🙂




Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :



0 Response to "Hal Yang Perlu Disiapkan Saat Akan Perjalanan Ke Luar Negeri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel