Wajib Tahu, 7 Jenis-Jenis Lem Prakarya

 Anda galau harus membeli lem jenis apa untuk membuat prakarya dengan kertas Wajib Tahu, 7 Jenis-Jenis Lem Prakarya

Anda galau harus membeli lem jenis apa untuk membuat prakarya dengan kertas? Bagaimana kalau Anda sedang membuat ikat rambut dari plastik dan kain? Ada banyak sekali jenis lem di pasaran, dan kalau Anda tidak membeli jenis yang tepat, acara prakarya sanggup berakhir dengan rasa frustrasi sebab ikat rambut Anda tidak menempel erat. Ketahui jenis-jenis lem prakarya untuk menghindari hal ini!

Tips bekerja dengan lem prakarya
  • Semua lem bersifat berbahaya kalau tertelan. Jika Anda melaksanakan prakarya dengan anak-anak, awasi secara seksama.
  • Sebagian lem yang sifatnya cair mengering sangat cepat. Ketika menggunakannya, alasi meja dengan kertas koran. Jika baju terkena bekas lem, tidak perlu khawatir—ketahui cara menghilangkan bekas lem di baju secara efektif dan bertindaklah sesegera mungkin.
  • Sebagian lem juga sanggup berbahaya kalau terhirup terlalu lama. Dalam hal ini, kerjakan prakarya di luar atau buka jendela lebar-lebar.

Jenis-jenis lem prakarya

Berikut ini sejumlah jenis lem berdasarkan bentuk, cara pemakaian, dan sifat masing-masing :

  1. Lem batang. Ini jenis lem yang paling gampang digunakan anak-anak. Daya rekatnya tidak besar, biasanya hanya cukup untuk kertas biasa, kertas poster, dan karton. Walau demikian, bekas lem ini sanggup meninggalkan noda kalau tidak segera ditangani. Lengkapi diri dengan pengetahuan cara menghilangkan bekas lem semoga Anda tidak stres dikala si kecil mulai menempel-nempel mozaik kertas.
  2. Lem cair. Lem cair berbahan dasar air dan bersifat ibarat dengan lem batang—cocok untuk prakarya berbahan kertas, karton, dan beberapa jenis kain. Lem jenis ini juga sanggup digunakan dengan menambahkan elemen-elemen dekoratif, ibarat abu pewarna atau glitter, untuk menambah estetika hasil prakarya.
  3. Lem panas. Lem panas atau lem tembak merupakan solusi yang umum digunakan untuk prakarya-prakarya berbahan logam, plastik, dan kayu. Lem panas yang sudah digunakan sanggup mencair kembali dikala terpapar temperatur tinggi. Karena sistem lem memakai listrik dan lem mengering sangat cepat dikala masih panas, lem ini sebaiknya tidak digunakan oleh anak-anak. Lem panas juga sanggup digunakan untuk membuat motif timbul di atas prakarya.
  4. Lem kayu. Meskipun berbahan dasar air, lem kayu mempunyai daya rekat tinggi. Khusus dibentuk untuk merekatkan kayu, melepaskannya sanggup membutuhkan proses pengampelasan kalau sudah kering. Sifatnya kaku (tidak ibarat lem cair yang sangat fleksibel) dan biasanya berwarna putih pekat, kuning, atau bening. Terdapat lem kayu yang tahan air sehingga cocok untuk penggunaan di luar rumah dan yang tidak tahan air untuk pemakaian di dalam ruangan.
  5. Lem super. Sesuai namanya, lem super mempunyai daya rekat yang luar biasa. Lem jenis ini sanggup digunakan untuk materi karet, logam, kaca, keramik, dan lain sebagainya. Biasanya dijual dalam wadah kecil, sebab seharusnya tidak digunakan sebagai solusi untuk apa saja. Lem super biasanya digunakan untuk memperbaiki benda-benda yang rusak tapi masih berfungsi—misalnya vas bunga kesayangan. Lem super pada umumnya tidak cocok untuk plastik, kecuali kalau tertera di kemasannya.
  6. Lem semprot. Berhati-hatilah dikala memakai lem semprot sebab lem ini berbahaya kalau terhirup. Buka jendela lebar-lebar dan gunakan masker hidung dan mulut. Daya rekatnya tidak sanggup ditawar-tawar: begitu menempel, Anda tidak akan sanggup berubah pikiran. Lem semprot ideal digunakan untuk styrofoam, busa, dan kain felt.
  7. Lem kain. Lem kain biasanya berbahan cair dan berwarna bening untuk merekatkan kain. Anda juga sanggup menggunakannya untuk menempelkan manik-manik atau hiasan lain pada baju. Ketika membeli, perhatikan label. Ada lem yang tahan basuh dan ada yang tidak sanggup dicuci. Jika digunakan untuk prakarya jahit-menjahit atau dekorasi baju, sebaiknya beli lem yang tahan cuci.

Demikian 7 jenis lem yang biasa digunakan untuk kerajinan tangan atau prakarya. Kini Anda sanggup memakai lem yang sempurna untuk setiap proyek kreativitas Anda. Jangan lupa untuk membaca petunjuk pemakaian lengkap di kemasan masing-masing lem sebelum memakai sebab tiap merek mempunyai spesifikasi tersendiri.

0 Response to "Wajib Tahu, 7 Jenis-Jenis Lem Prakarya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel