8 Unsur-Unsur Tari Yang Niscaya Ada Dalam Sebuah Tarian

Seni tari merupakan sebuah gerak dinamis serta berirama yang menawarkan rasa ataupun nuansa tertentu kepada yang menyaksikannya. Didasari pengertian ini, bisa kita ambil kesimpulan bahu-membahu seni tari terdiri dari beberapa unsur. Unsur-unsur tari yang telah di sebutkan antara lain gerakan, tema, iringan musik, tata busana, tata rias, properti tari, serta lighting. Berikut akan kita bahas satu persatu mengenai unsur-unsur tari yang telah di sebutkan.

Unsur-Unsur Tari

Seni tari merupakan sebuah gerak dinamis serta berirama yang menawarkan rasa ataupun nuans 8 Unsur-unsur Tari yang Pasti Ada dalam Sebuah Tarian

1. Gerakan

Gerak yaitu unsur utama dalam sebuah tarian. Gerak tari yaitu serangkaian gerakan anggota badan yang memiliki nilai estetis menyebabkan bisa dinikmati oleh orang lain yang melihatnya. Ada 2 jenis gerak dalam tarian, yakni gerak maknawi ataupun gerak yang memiliki sebuah arti ataupun filosofi (misalnya gerakan pada Tari Serampang Dua Belas), dan gerak murni ataupun gerak yang sekedar mementingkan nilai estetis (misalnya gerakan pada Tari Saman).

2. Tema

Sebuah tarian niscaya memiliki suatu tema tertentu. Tema yaitu unsur tari yang tak bisa dijauhkan. Gerak tari biasanya ditentukan oleh tema tarian yang telah di sebutkan. Begitu pun yang dengannya iringan, tata busana, riasan, serta unsur-unsur tari yang lain-lainnya.

3. Iringan

Unsur tari selanjutnya merupakan iringan. Iringan dalam sebuah tari bisa berasal dari gerakan badan penari lain, serta ada juga yang berasal dari permainan aneka macam alat musik ataupun benda. Iringan tari yang berasal dari gerakan badan kita-kita contohnya hentakan kaki, tepukan tangan, serta suara-suara dari mulut, sedangkan iringan tari berupa permainan alat musik contohnya dari permainan alat musik tradisional ataupun alat musik modern.
Seni tari merupakan sebuah gerak dinamis serta berirama yang menawarkan rasa ataupun nuans 8 Unsur-unsur Tari yang Pasti Ada dalam Sebuah Tarian

4. Setting Panggung

Seni tari yaitu cabang dari seni pertunjukan yang niscaya butuh ruangan ataupun kawasan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pementasannya. Tempat pementasan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tarian tradisional contohnya bisa berupa pendopo, panggung, ataupun di hamparan lapang.

5 serta 6. Tata Busana serta Tata Rias

Nuansa ataupun rasa dari suatu tarian akan makin berpengaruh jikalau penari mempergunakan busana serta riasan khusus. Unsur tari yang satu ini dianggap Amat penting bagi suatu pertunjukan tari, menyebabkan Amat jarang sekali, malah tak ada satupun tarian yang penarinya mempergunakan kostum biasa ataupun tanpa dirias berlebi dahulu.
Seni tari merupakan sebuah gerak dinamis serta berirama yang menawarkan rasa ataupun nuans 8 Unsur-unsur Tari yang Pasti Ada dalam Sebuah Tarian

7. Properti

Di antara unsur-unsur tari yang lain-lainnya, properti yaitu bab yang paling Suka tidak di ingat-ingat lagi. Padahal unsur tari yang satu ini memegang peranan Amat besar bagi terciptanya suatu nuansa dari sebuah tarian. Beberapa semisal properti dari suatu tarian contohnya topeng pada tari topeng kelana, piring pada tari piring asal Sumatera Barat, serta payung pada tari payung.

8. Lighting

Pada pertunjukan tari modern, lighting yaitu unsur yang tak bisa dilepaskan dalam sebuah pertunjukan tarian. Unsur ini bisa atau bisa menguatkan nuansa serta membuat rasa tertentu pada tarian yang dipentaskan.
Nah, itulah beberapa unsur-unsur tari yang niscaya dimiliki oleh suatu pertunjukan tarian. Bila ada yang memiliki pendapat lain mengenai beberapa unsur tari di atas, silakan genakan kolom komentar bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki goresan pena atau artikel ini. (Modul XII Sekolah Menengah kejuruan Seni Tari, Erlangga)

Sumber Rujukan Dan Gambar :

0 Response to "8 Unsur-Unsur Tari Yang Niscaya Ada Dalam Sebuah Tarian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel