Masuknya Islam Ke Indonesia, Perkembangan, Dan Penyebarannya

Indonesia merupakan negara yng dominan penduduknya menganut agama Islam. Islam di Indonesia diyakini oleh sekitar 199.959.285 jiwa ataupun 85,2% dari total jumlah penduduknya.
Masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia sampai-sampai bisa mencapai jumlah penganut yng begitu besar itu sebenarnya sudah melalui sejarah yng Amat panjang. masuknya Islam ke Indonesia yang telah di sebutkan melalui periodisasi ataupun pembabakan-pembabakan yng cukup menarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk kita ketahui. Semisal apa periodisasi sejarah Islam di Indonesia yang telah di sebutkan, silakan simak pemaparan kami berikut.

Masuknya Islam ke Indonesia

Terkait yang dengannya sejarah masuknya Islam ke Indonesia, ada beberapa teori dan pendapat yng menyatakan kapan sebetulnya dampak kebudayaan dan agama Islam mulai masuk ke nusantara. Pendapat-pendapat yang telah di sebutkan bukan cuma didasarkan pada bukti-bukti yng sudah didapati, melainkan pula dikuatkan oleh adanya catatan-catatan sejarah yng dibentuk oleh bangsa lain di masa lampau.
Indonesia merupakan negara yng dominan penduduknya menganut agama Islam  Masuknya Islam ke Indonesia, Perkembangan, dan Penyebarannya

1. Masuknya Islam semenjak Abad ke-7 Masehi

Sebagian jago sejarah menyebut andai sejarah masuknya Islam ke Indonesia telah dimulai semenjak era ke 7 Masehi. Pendapat ini didasarkan pada informasi yng diperoleh dari para pedagang Arab. Dari informasi yang telah di sebutkan, diketahui bergotong-royong para pedagang Arab sebenarnya sudah menjalin korelasi dagang yang dengannya Indonesia pada masa perkembangan Kerajaan Sriwijaya pada era ke 7.
Dalam pendapat itu disebutkan bergotong-royong wilayah Indonesia yng pertama kali mendapat dampak Islam merupakan tempat pantai Sumatera Utara ataupun wilayah Samudra Pasai. Wilayah Samudra Pasai yaitu pintu gerbang menuju wilayah Indonesia lain-lainnya. Dari Samudra Pasai, melalu jalur perdagangan agama Islam menyebar ke Malaka dan selanjutnya ke Pulau Jawa.
Pada era ke 7 Masehi itu juga agama Islam diyakini telah masuk ke wilayah Pantai Utara Pulau Jawa. Masuknya agama Islam ke Pulau Jawa pada era ke 7 Masehi didasarkan pada informasi dari China masa pemerintahan Dinasti Tang. Informasi itu menyatakan tentang adanya orang-orang Ta’shih (Arab dan Persia) yng mengurungkan niatnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyerang Kaling di bawah pemerintahan Ratu Sima pada tahun 674 Masehi.
Indonesia merupakan negara yng dominan penduduknya menganut agama Islam  Masuknya Islam ke Indonesia, Perkembangan, dan Penyebarannya

2. Masuknya Islam semenjak Abad ke-11 Masehi

Sebagian jago sejarah lain-lainnya beropini bergotong-royong sejarah masuknya Islam ke Indonesia dimulai semenjak era ke 11 Masehi. Pendapat ini didasarkan pada bukti adanya sebuah kerikil nisan Fatimah binti Maimun yng berada di bersahabat Gresik Jawa Timur. Batu nisan ini berangka tahun 1082 Masehi.

3. Masuknya Islam semenjak Abad ke-13 Masehi

Di samping kedua pendapat di atas, beberapa jago lain malah meyakini andai sejarah masuknya Islam ke Indonesia gres dimulai pada era ke 13 Masehi. Pendapat ini didasarkan pada beberapa bukti yng lebih kuat, di antaranya dikaitkan yang dengannya masa runtuhnya Dinasti Abassiah di Baghdad (1258), informasi dari Marocopolo (1292), kerikil nisan kubur Sultan Malik as Saleh di Samudra Pasai (1297), dan informasi dari Ibnu Battuta (1345). Pendapat yang telah di sebutkan pula diperkuat yang dengannya masa penyebaran anutan tasawuf di Indonesia.

Penyebaran Islam di Indonesia

Pada masa kedatangan agama Islam, penyebaran agama Islam di lakukan oleh para pedagang Arab dibantu oleh para pedagang Persia dan India. Abad ke 7 Masehi yaitu awal kedatangan agama Islam. Pada masa ini, gres sebagian kecil penduduk yng bersedia menganutnya karena masih berada dalam kekuasaan raja-raja Hindu-Budha.
masuknya Islam ke Indonesia dan proses penyebarannya berlangsung dalam waktu yng usang yakni dari era ke 7 hingga era ke 13 Masehi. Selama masa itu, para pedagang dari Arab, Gujarat, dan Persia semakin intensif berbagi Islam di tempat yng orang-orang kunjung lebih-lebih di tempat sentra perdagangan. Di samping itu, para pedagang Indonesia yng telah masuk Islam dan para Mubaligh Indonesia pula ikut berperan dalam penyebaran Islam di aneka macam wilayah Indonesia. Akibatnya, dampak Islam di Indonesia semakin bertambah luas di kalangan masyarakat lebih-lebih di tempat pantai.
Pada tamat era ke 12 Masehi, kekuasaan politik dan ekonomi Kerajaan Sriwijaya mulai merosot. Seiring yang dengannya kemunduran dampak Sriwijaya, para pedagang Islam beserta para mubalighnya kian ulet melaksanakan tugas politik. Misalnya, saaat mendukung tempat pantai yng ingin melepaskan diri dari kekuasaan Sriwijaya.
Menjelang berakhirnya era ke 13 sekitar tahun 1285 bangkit kerajaan bercorak Islam yng berjulukan Samudra Pasai. Malaka yng yaitu sentra perdagangan penting dan pula sentra penyebaran Islam berkembang juga menjadi kerajaan gres yang dengannya nama Kesultanan Malaka.
Pada awal era ke 15, kerajaan Majapahit mengalami kemerosotan, malah pada tahun 1478 mengalami keruntuhan. Tidak sedikit tempat yng berusaha melepaskan diri dari kerajaan Majapahit. Pada tahun 1500, Demak bangkit menjdai kerajaan Islam pertama di Jawa. Berkembangnya kerajaan Demak menjdai kerajaan Islam ini lantas disusul berdirinya Kesultanan Banten dan Kesultanan Cirebon. Di luar Jawa pula tidak sedikit berkembang kerajaan yng bercorak Islam semisal Kesultanan Ternate, Kesultanan Gowa, dan kesultanan Banjar.
Melalui kerajaan-kerajaan bercorak Islam itulah, agama Islam semakin berkembang pesat dan tersebar di aneka macam wilayah Indonesia. Agama Islam tak cuma dianut oleh penduduk di tempat pantai saja, akan tetapi telah menyebar ke daerah-daerah pedalaman.
Indonesia merupakan negara yng dominan penduduknya menganut agama Islam  Masuknya Islam ke Indonesia, Perkembangan, dan Penyebarannya

Saluran Penyebaran Agama Islam di Indonesia

Proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia berlangsung secara sedikit demi sedikit dan dialakukan secara damai melalui beberapa kanal berikut:
  1. Saluran perdagangan, proses penyebaran agama Islam di lakukan oleh para pedagang muslim yng menetap di kota-kota pelabuhan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membentuk perkampungan muslim, contohnya Pekojan. Saluran ini yaitu kanal yng dipilih semenjak awal sejarah masuknya Islam ke Indonesia.
  2. Saluran perkawinan, proses penyebaran agama Islam di lakukan yang dengannya tips seseorang yng sudah menganut Islam menikah yang dengannya seorang yng belum menganut Islam menimbulkan jadinya pasangaannya itu ikut menganut Islam.
  3. Saluran dakwah, proses penyebaran Islam yng di lakukan yang dengannya tips menawarkan penerangan tentang agama Islam semisal yanbg di lakukan Wali Songo dan para ulama lain-lainnya.
  4. Saluran pendidikan, proses ini di lakukan yang dengannya mendirikan pesantren guna memperdalam ajaran-ajaran Islam yng lantas menyebarkannya.
  5. Saluran seni budaya, proses penyebaran Islam mempergunakan media-media seni budaya semisal pergelaran wayang kulit yng di lakukan Sunan Kalijaga, upacara sekaten, dan seni sastra.
  6. Proses tasawuf, penyebaran Islam di lakukan yang dengannya menyesuaikan teladan pikir masyarakat yng masih berorientasi pada anutan agama Hindu dan Budha.

Alasan Agama Islam Gampang Diterima Warga Indonesia

Proses penyebaran Islam di Indonesia berjalan yang dengannya cepat karena didukung faktor-faktor berikut :
  1. Syarat masuk Islam Amat simpel karena seseorang dianggap sudah masuk Islam andai ia sudah mengucapkan kalimah syahadat.
  2. Pelaksanaan ibadah simpel dan biayanya murah.
  3. Agama Islam tak mengenal pembagian kasta menimbulkan tidak sedikit kelompok masyarakat yng masuk Islam karena ingin mendapat derajat yng percis.
  4. Peraturan-aturan dalam Islam bersifat fleksibel dan tak memaksakan.
  5. Agama Islam yng masuk dari Gujarat, India mendapat dampak Hindu dan tasawuf menimbulkan simpel dipahami.
  6. Penyebaran agama Islam di Indonesia di lakukan secara damai tanpa kekerasan dan diubahsuaikan yang dengannya kondisi sosial budaya yng ada.
  7. Runtuhnya kerajaan Majapahit pada tamat era ke 15 yng menciptakan simpel penyebaran Islam tanpa ada pembatasan dari otoritas kerajaan Hindu-Budha.

Nah, itulah sejarah masuknya Islam ke Indonesia dan penyebarannya sampai-sampai era ke-13. Simak pula bagaimana sejarah perkembangan Islam di Indonesia dan peta jalur masuknya pada goresan pena atau artikel selanjutnya.

Sumber Rujukan Dan Gambar :

0 Response to "Masuknya Islam Ke Indonesia, Perkembangan, Dan Penyebarannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel