Teknologi Isu Dan Komunikasi

Teknologi Informasi (TI), ataupun dalam bahasa Inggris dikenal yang dengannya istilah Information technology (IT) merupakan istilah umum bagi atau bisa juga dikatakan untuk teknologi apa pun yng membantu kita-kita dalam membuat, merubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/ataupun berbagi berita.
TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi bagi atau bisa juga dikatakan untuk data, bunyi, dan video. Semisal dari Teknologi Informasi bukan cuma berupa komputer pribadi, namun pula telepon, TV, perlengkapan keluarga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). Tak bisa disangkal bersama-sama keberadaan teknologi gosip dan komunikasi memperlihatkan sumbangsih yng besar dalam peradaban kita-kita dikala ini ini. Hal ini memperlihatkan bersama-sama kita-kita akan selalu berusaha bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapat ke hidup-an yng lebih nyaman dan serba instan. Praktis! Itulah kata yng pantas dalam menggambarkan ke hidup-an yng makin canggih ini, segala acara sehari-hari akan terasa lebih simpel disaat teknologi berperan di dalamnya. Akan tetapi apakah teman-teman tahu bagaimana sejarah penting keberadaan teknologi gosip dan komunikasi ?
Masa Prasejarah ( … s/d 3000 SM )
Pada awal mulanya Teknologi Informasi yng dikembangkan kita-kita pada masa ini berfungsi menjdai system bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengenalan bentuk-bentuk yng orang-orang kenal, orang-orang menggambarkan gosip yng orang-orang dapatkan pada dinding-dinding gua, perihal berburu dan hewan buruannya. Pada masa ini orang-orang mulai melaksanakan pengidentifikasian benda-benda yng ada disekitar lingkungan orang-orang tinggal dan mewakilinya yang dengannya benuk-bentuk yng lantas orang-orang lukis pada dinding gua daerah orang-orang tinggal, Lantaran kemampuan orang-orang dalam berbahasa cuma berkisar pada bentuk suara dengusan dan instruksi tangan menjdai bentuk awak komunisasi orang-orang pada masa ini. Perkembangan selanjutnya merupakan diciptakan dan digunakannya alat-alat yng menghasilkan suara dan isyarat, semisal gendang, terompet yng terbuat dari tanduk binatang, instruksi asap menjdai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
Masa ( 3000 SM s/d 1400-an M )
Pada masa ini Teknologi Informasi belum menjadi teknologi masal semisal yng kita kenal dikala ini ini, teknologi gosip masih digunakan oleh kalangan-kalangan dibatasi saja, digunakan pada kurun -saat khusus dan tidak murah.
3000 SM
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng pertama kali ukiran pena digunakan oleh bangsa Sumeria yang dengannya mempergunakan symbol -symbol yng dibuat dari pictograf menjdai huruf. Symbol ataupun huruf-huruf in pula mempunyai bentuk suara yng berbeda ( Penyebutan ), menyebabkan bisa atau bisa menjadi kata, kalimat dan bahasa.
2900 SM
Penggunaan karakter Hieroglyph pada bangsa Mesir kuno Hieroglyph yaitu bahasa symbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh setiap symbol yng berbeda, yng disaat digabungkan menjadi satu akan mempunyai tips pengucapan dan arti yng berbeda, bentuk ukiran pena dan bahasa hieroglyph ini lebih maju dibandingkan yang dengannya ukiran pena bangsa Sumeria.
500 SM
Serat Papyrus digunakan menjdai kertas. Kertas yng terbuat dari serat pohon Papyrus yng tumbuh disekitar sungai nil ini menjadi media menulis / media gosip yng lebih besar lengan berkuasa dan fleksibel dibandingkan yang dengannya lempengan tanah liat yng sebelumnya digunakan menjdai media berita.
105 M
Bangsa Cina menemukan kertas. Kertas yng didapati oleh bangsa Cina pada masa ini merupakan kertas yng kita kenal dikala ini, kertas ini dibuat dari serat bamboo yng dihaluskan, disaring, dicuci, kemudain diratakan dan dikeringkan, inovasi ini pula memungkinkan system pencetakan yng di lakukan yang dengannya mempergunakan balok kayu yng ditoreh dan dilumuri oleh tinta ataupun yng kita kenal dikala ini yang dengannya system cat.
Masa modern ( 1400-an M s/d dikala ini )
Tahun 1455
Mesin cetak yng mempergunakan plat karakter yng terbuat dari besi yng bisa diganti-ganti dalam bingkai yng terbuat dari kayu dikembangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng pertama kalinya oleh Johann Gutenberg.
Tahun 1830
Agusta Lady Byrn menulis acara computer yng pertama didunia bekerja percis yang dengannya Charless Babbage mempergunakan mesin Analytical-nya. Yng didesain bisa atau bisa memasukan data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal menjdai bentuk computer digital lyang pertama meskipun tips kerjanya lebih bersifat mekanis dari pada bersifat digital, 94 tahun sebelum computer digital pertama ENIAC I dibentuk.
Tahun 1837
Samuel Morse mengembangkan telegraph dan bahasa kode Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone yng dikirim secara elektronik antara dua daerah yng berjauhan melalui kabel yng menghubungkan kedua daerah yang telah di sebutkan. Pengiriman dan penerimaan gosip ini bisa atau bisa dikirim dan diterima pada kurun yng hampir bersamaan saatnya. Penemuan ini memungkinkan gosip bisa diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu.
Tahun1861
Gambar bergerak yng proyeksinya kedalam sebuah layar pertama kali digunakan menjdai cikal bakal film dikala ini.
Tahun 1876
Melvyl Dewey mengembangkan system penulisan decimal.
Tahun 1877
Alexander Graham Bell membuat dan mengembangkan telepon yan g dipergunakan pertama kali secara umum. Fotografi yang dengannya kecepatan tinggi didapati oleh Edward Maybridge.
Tahun 1899
Dipergunakan system penyimpanan dalam Tape ( Pita ) magnetis yng pertama.
Tahun 1923 Zvorkyn membuat tabung TV yng pertama.
Tahun 1940
Dumulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang gosip pada masa PD II yng dipergunakn bagi atau bisa juga dikatakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen – dokumen militer yng disimpan dalam bentuk magnetic Tape.
Tahun 1945
Vannevar Bush mengembangkan system pengkodean mempergunakan hypertext.
Tahun 1946
Computer digital pertama didunia ENIAC I dikembangkan. ENIAC, abreviasi dari Electronic Numerical Integrator And Computer, merupakan computer elektronik penuh pertama yng didesain supaya Turing-complete, yng bisa atau bisa diprogram ulang yang dengannya tips mengatur ulang kabelnya supaya bisa menuntaskan segala jenis problem perhitungan. ENIAC dikembangkan dan dibangun oleh Angkatan Darat AS bagi atau bisa juga dikatakan untuk Laboratorium Penelitian Persenjataan orang-orang yang dengannya tujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghitung table tembakan senjata. Ide perihal ENIAC dipikirkan dan didesain oleh J. Presper, Eckert dan John William Mauchly dari Pennsylvania University. Computer yang telah di sebutkan mulai dibangun pada 17 Mei 1943 menjdai Proyek PX dan dibangun di Moore School of Electrical Engineering semenjak pertengahan 1944 dan dioperasikan secara resmi semenjak Februari 1946 setelah menelan biaya sebesar $500.000. Ia lantas dimatikan pada 09 November 1946 bagi atau bisa juga dikatakan untuk diperbaharui dan ditingkatkan memorinya. ENIAC diperlihatkan kepada umum pada 14 Februari 1946 di Pennsylvania University dan dipindahkan ke Aberdeen Proving Grounds, Maryland pada 1947. Pada 29 Juli tahun yng percis, ENIAC dinyalakan dan akan terus beroperasi sampai-sampai pukul 23.45 pada 02 Oktober 1955.
Sebuah tim yng terdiri dari delapan perempuan memprogram ENIAC yang dengannya memanipulasi ribuan kabel dan saklarnya. ENIAC memperoleh pemberitaan yng luas karena ukurannya yng besar. Ia mempunyai 17.468 tabung vacuum, 7.200 diode Kristal, 1.500 pemancar, 70.000 resistor, 10.000 kapasitor dan sekitar 5 juta sambungan yng disolder yang dengannya tangan. Beratnya 27 ton dan ukurannya 2,4 m x 0,9 m x 30 m. ENIAC mengambil luas sekitar 167 m2 dan mengkonsumsi energy sebesar 160 kW.
Akan tetapi ENIAC sebetulnya bukanlah computer yng canggih dieranya. Tak semisal Z3 buatan Konrad Zuse dan MARK buatan Howard Aiken. ENIAC Perlu diatur ulang kabelnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjalankan acara gres ( Z3 dan MARK menjalankan programnya dari kaset ). Lebih lanjut lagi tak semisal Z3 dan computer modern, ENIAC melaksanakan penghitungan dalam decimal daripada biner.
Tahun 1948
Para peneliti diBell Telephone mengembangkan transistor.
Tahun 1957 Jean Hoerni mengembangkan transistor Planar. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan malah miliaran transistor dimasukan kedalam sebuah keeping kecil kristal silicon. USSR ( Rusia pada kurun itu ) meluncurkan Sputnik menjdai satelit bumi buatan yng pertama yng bertugas menjdai mata – mata. Menjdai kesannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency ( ARPA ) dibawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi dalam bidang militer. Tahun 1962 Rand Paul Barand, dari perusahaan RAND, ditugaskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembangkan suatu system jaringan Desentralisasi yng bisa atau bisa mengendalikan system pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang nuklir.
Tahun 1969
System jaringan yng pertama dibuat yang dengannya menghubungkan 4 nodes (titik), antara University Of California, SRI (Stanford), University California of Santa Barbara, dan University of Utah. Yang dengannya kekuatan 50 kbps.
Tahun 1972 Ray Tomlinson membuat acara E-mail yng pertama.
Tahun 1973 – 1990
Istilah INTERNET diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP lantas di lakukan pengembangan sebuah protocol jaringan yng lantas dikenal yang dengannya nama TCP/IP yng dikembangkan oleh group dari DARPA, 1981 National Science Foundation mengembangkan Back Bone yng disebut CSNET yang dengannya kapasitas 56 Kbps bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap institusi dalam pemerintahan. Lantas pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yng berfungsi menjdai alat koordinsi diantara : DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway.
Tahun 1991 – dikala ini
System perjuangan dalam bidang IT pertama kali terealisasi disaat CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. 1992 pembentukan komunitas internet, dan diperkenalkannya istilah Word Wide Web oleh CERN. 1993, NSF membentuk Inter NIC bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data dan database ( oleh AT&T ), jasa pendaftaran ( oleh Network Solution Inc ), dan jasa gosip ( oleh General Atomics/CERF Net), 1994 pertumbuhan internet melaju yang dengannya Amat cepat dan mulai merambah kedalam segi ke hidup-an kita-kita dan menjadi bab yng tak bisa dijauhkan dari kita-kita. 1995, perusahaan umum melalui diperkenankan menjadi provider yang dengannya membeli jaringan diBak Bone, langkah ini mengawali pemgembangan teknologi gosip khusurnya internet dan penelitian – penelitian system dan alat - alat yng lebih canggih.
Sumber : Internet

Sumber Rujukan Dan Gambar :

0 Response to "Teknologi Isu Dan Komunikasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel