8 Amalan Sunah Yang Dilakukan Rasulullah Saw Setiap Hari

Blog Khusus Doa - Amalan Sunnah yaitu amalan-amalan yang apabila dilakukan mendapat pahala, namun tidak berdosa jikalau kita meninggalkannya. Rasulullah SAW sering mengamalkan amalan sunnah setiap hari. Beliau yang sudah maksum saja masih memohon ampun kepada Allah, kemudian bagaimana dengan kita yang selalu berkubang dalam maksiat?

Setiap insan seharusnya mengetahui bahwa Allah SWT telah menyeru semoga diberibadah dan berinfak saleh sebaik dan sebanyak mungkin. Agar kita menjadi eksklusif yang bertakwa, setidaknya sunah harian Nabi SAW yang sanggup kita pola dan amalkan dalam keseharian, diantaranya yaitu :
#1. Membaca Dzikir Pagi dan Sore.
Allah SWT berfirman:
وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالآصَالِ وَلا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ
Artinya :
''Dan sebutlah (nama) Rabbmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut dan dengan tidak mengeraskan bunyi di waktu pagi dan petang dan janganlah kau termasuk orang-orang yang lalai.'' (QS al-Araf: 205).
(Pelajari juga: Bacaan Doa di Pagi hari dan Doa di Sore Hari Lengkap Arab Latin dan Artinya)

#2. Merutinkan shalat Dhuha
Nabi SAW bersabda:
''Pada pagi hari setiap persendian kalian diwajibkan sedekah, setiap ucapan tasbih itu berskor satu sedekah, setiap kalimat tahmid itu berskor satu sedekah, satu ucapan tpakarl berskor satu sedekah, satu ucapan takbir berskor satu sedekah. memerintah yang makruf satu sedekah, mencegah yang mungkar satu sedekah. Dan tiruana itu sanggup diganti dengan dua rakaat shalat Dhuha.'' (HR Muslim).
Untuk ludang keringh mengetahui wacana sholat dhuha, silakan teman-teman sanggup pelajari 4 Keutamaan Sholat Dhuha yang Sangat Luar Biasa. Adapun untuk bacaan niat sholat dhuha serta doa sehabis sholat dhuha teman-teman sanggup cari di blog ini dengan memanfaatkan kolom pencarian, alasannya kami sudah pernah mempostingnya.

#3. Shalat Berjamaah Tepat Waktu.
Saking pentingnya shalat berjamaah sempurna waktu ini, sampai-sampai Nabi SAW bersabda:
''Kalau saja insan tahu pahala panggilan shalat dan shaf awal, kemudian mereka tidak sanggup mendapatkannya selain harus dengan mengundi, niscaya mereka akan mengundi.'' (HR Muslim).

#4. Menjaga Shalat Rawatib.
Dalam sebuah hadis disebutkan:
''Tidaklah seorang hamba melaksanakan shalat sunah dengan nrimo lillahitaala setiap hari sebanyak 12 rakaat melainkan niscaya Allah akan membangunkan rumah di surga.'' (HR Muslim).
Niat Sholat Rawatib - Niat Sholat Sunah Ba'diah dan Qobliyah Lengkap"

#5. Membaca Alquran.
Membaca Quran yaitu zikir terbaik yang akan mendatangkan banyak kebaikan bagi yang membacanya. Nabi SAW bersabda, ''Bacalah Quran alasannya bergotong-royong Quran akan tiba sebagai pemdiberi syafaat bagi sahabatnya (orang yang rajin membacanya).'' (HR Muslim).

#6. Selalu berusaha dalam kondisi yang suci.
Tentang senantiasa suci ini, Nabi SAW pernah bersabda, ''Siapa yang berwudhu dan membaguskan wudhunya, kesalahan-kesalahannya akan keluar dari jasadnya, bahkan hingga keluar dari ujung-ujung kukunya.'' (HR Muslim).

#7. Sedekah harian.
''Pernah suatu kadab, seorang lelaki tiba menemui Rasulullah SAW dan bertanya, Wahai Nabi, sedekah apa yang paling utama? Nabi SAW menjawaban, Bersedekahlah ketika kau dalam kondisi sehat, kikir, takut miskin, dan sedang berharap menjadi kaya, tidak menunda hingga nyawa di tenggorokan gres kau berkata, Aku sedekahkan ini untuk si fulan segini, padahal itu sudah menjadi bab si fulan (pakar warisnya).” (HR Bukhari).
(Pelajari juga: 16 Syarat Agar Amal Sedekah Kia diterima Allah SWT)

#8. Istighfar minimal 100 kali.
Tentang meminta ampun ini, Nabi SAW bersabda, ''Demi Allah, saya selalu diberistighfar dan bertobat kepada-Nya ludang keringh dari 70 kali dalam sehari.'' (HR Muslim).

Itulah beberapa amalan sunah yang diamalkan setiap hari oleh Rasulullah SAW. Tentu masih banyak amalan-amalan sunah lainnya yang Rasulullah amalkan. Semoga kita tiruana termasuk orang-orang yang selalu mengamalkan sunnah rasul tanpa meninggalkan kewajiban kita sebagai hamba Allah SWT. Amin.

0 Response to "8 Amalan Sunah Yang Dilakukan Rasulullah Saw Setiap Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel