Cara Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Soal

Cara Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Soal Cara Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Soal
Kemampuan siswa untuk menemukan key word perlu dilatih dan dibiasakan.
Ujian Nasional (UN) masih menjadi salah satu tolak ukur kelulusan dan prasyarat menempuh jenjang pendidikan lanjutan. Dalam menghadapi UN banyak upaya yang dilakukan sekolah dan guru dalam mencapai keberhasilan maksimal UN terhadap anak didiknya, semoga berhasil memperoleh nilai UN dengan baik sehingga bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan sesuai impian siswa.

Banyak hal yang menjadi pertimbangan UN masih dibutuhkan dalam bidang pendidikan antara lain: UN menciptakan persebaran nilai menjadi lebih lebar, sehingga sanggup terlihat lebih positif kemampuan siswa terhadap pelajaran yang diterima selama sekolah, UN sebagi sarana penilaian dimana penilaian yakni dimensi penting dalam administrasi bidang pendidikan, UN sebagai syarat kelulusan, UN sebagai bentuk penilaian dan bisa mendorong perilaku positif, lantaran siswa terdorong untuk belajardan berdoa lebih giat, UN yakni untuk pemetaan kualitas pendidikan di Indonesia, UN yakni salah satu proyek pemerintah yang berorientasi output, UN untuk mengukur kualitas hasil dalam bidang pendidikan, kualitas identik dengan standar dan standar itu dibutuhkan dalam bidang pendidikan.

Pelaksanaan UN masih memakai soal dalam bentuk tertulis oleh lantaran itu perlu upaya untuk mengerjakan dengan baik dalam menuntaskan permasalahan yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Salah satu cara meningkatkan pemahaman soal dalam bentuk tulis yakni menemukan key word  (kata kunci soal). Key word dalam soal yakni kata atau ungkapan yang mewakili konsep atau gagasan yang menandai suatu kelompok soal. Kemampuan siswa untuk menemukan key word perlu dilatih dan dibiasakan mulai pada jenjang pendidikan dasar.

Penulis mencoba membiasakan siswa pada jenjang sekolah dasar dalam menemukan kata kunci pada soal dengan cara: siswa membaca soal lebih dari satu kali, siswa menggaris bawahi kata-kata penting yang menjadi inti pertanyaan soal dan merupakan kata yang mewakili konsep dalam sebuah soal.

Baca juga: Kumpulan Soal UN & US SD/MI Tahun 2012 - 2014

Keuntungan yang diperoleh siswa dengan terbiasa mencari key word antara lain: siswa paham maksud soal sehingga bisa menjawab dengan benar, siswa terhindar dari persepsi ganda terhadap soal, siswa sanggup meningkatkan ketelitian dalam memilih inti dari pertanyaan soal, siswa tidak terkecoh dengan kata berlawanan seperti” tidak dan kecuali”.

Contoh:
Ibu menampung air hujan di depan rumah dalam kolam sampai penuhsebagai persediaan menyiram tumbuhan saat hujan tidak turun.Kesesokan harinya panas sangat terik, saat sore ibu mermaksuk menyiram tanamannya ternyata air dalam kolam tinggal sedikit. Perubahan wujud apakah yang terjadi pada insiden tersebut....
a. membeku
b. mengkistal
c. menguap
d. mencair

Melatih dan membiasakan siswa menemukan key word mulai dari kini merupakan langkah sempurna untuk mempersiapkan siswa dalam menempuh UN yang dalam waktu erat akan dilaksanakan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk hasil nilai UN yang lebih baik.

*) Ditulis oleh Louis Ifka Arishinta, Guru SD Muhammadiyah 9 Malang
Anda juga sanggup mengirim goresan pena Anda ke

0 Response to "Cara Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Soal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel