Kurikulum Gres Sesudah K-13 Berjulukan Kurikulum Nasional

Sayang kalau kurikulum hanya ganti nama tanpa memperbaiki kelemahan fundamentalnya.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan berencana meluncurkan kurikulum berjulukan Kurikulum Nasional. Kurikulum ini menjadi pengganti Kurikulum 2013 (K-13) yang dibentuk pada Mendikbud sebelumnya, Mohammad Nuh.

Namanya hanya Kurikulum Nasional tanpa ada perhiasan tahun. Dengan adanya Kurikulum Nasional ini, maka K-13 bakal dikupas menjadi tiga bab atau jenis. Yaitu Kurikulum Nasional, kurikulum berbasis pengembangan atau potensi daerah, dan kurikulum paling kecil meliputi kekhasan atau kondisi masing-masing sekolah.

Baca juga: Kurikulum 2013 Akan Diganti Kurikulum Nasional

Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kemendikbud Tjipto Sumardi menyerupai yang kutip dari JPNN (07/12/15) tidak menampik bahwa kurikulum yang gres nanti harus diversifikasi (beraneka ragam). Menurutnya hal ini sejalan dengan pasal 36 dan 37 UU 20/2003 ihwal Sistem Pendidikan Nasional.

Pihaknya akan mengundang pakar-pakar dan praktisi pendidikan untuk memperlihatkan kode penyusunan kurikulum baru. Tujuannya biar beban berguru penerima didik terbebani mata pelajaran yang semakin berat. Kemendikbud menargetkan meskipun kurikulum beragam, tidak hingga menambah jam berguru per pekannya.

Evaluasi K-13 akan selesai Januari tahun depan dan sesuai kode Mendikbud Anies Baswedan hasil penilaian K-13 harus dapat diterapkan di tahun pelajaran 2016-2017 tahun depan. Meskipun dalam beberapa kesempatan sebelumnya, Kemendikbud sempat memasang sasaran penilaian K-13 selesai tamat 2015 ini.

Pengamat pendidikan Doni Koesoema menyayangkan kalau kurikulum hanya ganti nama tanpa memperbaiki kelemahan fundamentalnya. Menurutnya, ganti nama tanpa mengubah substansi tidak ada artinya. Secara rinci beliau menyampaikan Kemendikbud belum membocorkan hasil penilaian K-13.

0 Response to "Kurikulum Gres Sesudah K-13 Berjulukan Kurikulum Nasional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel