Pengertian Variabel Bebas Dan Terikat Dalam Sebuah Penelitian (Lengkap)

Pengertian Variabel – Variabel merupakan besaran yang sanggup berubah dan besar lengan berkuasa terhadap suatu kejadian maupun hasil penelitian. Adanya variabel juga turut mempermudah Anda dalam menganalisis suatu permasalahan. Variabel juga sangat penting digunakan terutama pada penelitian sains, salah satunya yaitu variabel bebas.


Variabel dalam sebuah penelitian terdiri atas beberapa komponen, yaitu perlakuan, faktor dan atribut yang dipelajari dan akan diambil sebuah kesimpulan dari hasil pengkajian penelitian.


Definisi Variabel Menurut Para Ahli


 Variabel merupakan besaran yang sanggup berubah dan besar lengan berkuasa terhadap suatu kejadian mau Pengertian Variabel Bebas dan Terikat dalam Sebuah Penelitian (Lengkap)

Pengertian Variabel


Berikut ini yaitu beberapa definisi variabel yang sanggup Anda jadikan sebagai sumber referensi:


1. F. N. Kerlinger


Variabel merupakan sebuah konsep yang mempunyai nilai dan sudah diubah.


2. Feddy Rankuti


Variabel merupakan sebuah konsep yang mempunyai nilai dan di dalamnya terdiri atas 4 data yang mencakup skala, rasio, ordinal, nomina dan internal.


3. Sugiyono


Variabel merupakan salah satu bentuk yang dibentuk seorang peneliti sehingga menghasilkan sebuah info yang sanggup ditentukan kesimpulannya.


4. Eddy Soeryanto


Variabel merupakan suatu obyek yang mempunyai nilai penting dalam sebuah riset.


5. Kidder


Variabel merupakan sebuah kualitas yang dipelajari dan diambil kesimpulan oleh seorang peneliti


Dalam aneka macam macam pelajaran variabel mempunyai definisi yang berbeda, yaitu sebagai berikut:



  1. Pada bidang sains, variabel yaitu sesuatu yang menjadi obyek untuk diteliti yang di dalamnya terdapat nama dan nilai.

  2. Dalam bidang matematika, variabel sanggup berupa sebuah nilai. Hal ini mempermudah dalam proses menuntaskan sebuah soal matematika, salah satu temanya yaitu perihal aljabar.

  3. Di dalam kebijaksanaan matematika, variabel sanggup diartikan sebagai simbol. S

  4. Di bidang ilmu komputer, variabel mempunyai bentuk berupa  abjad, karakter  atau kata yang sanggup mewakili nilai – nilai pada memori komputer.


Macam – Macam Variabel Berdasarkan Fungsi dan Klasifikasinya


 Variabel merupakan besaran yang sanggup berubah dan besar lengan berkuasa terhadap suatu kejadian mau Pengertian Variabel Bebas dan Terikat dalam Sebuah Penelitian (Lengkap)

Pengertian Variabel


Berbagai macam variabel yang harus Anda kenal yaitu sebagai berikut:


 1. Pengertian Variabel Bebas (Variabel Independen)


Variabel bebas merupakan salah satu variabel yang punya efek besar terhadap variabel lainnya. Contohnya yaitu efek jumlah pupuk terhadap hasil produksi jagung manis. Dalam penelitian tersebut maka yang berperan sebagai variabel bebas yaitu pupuk.


2. Pengertian Variabel Terikat (Variabel Dependen)


Variabel terikat yaitu variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas. Variabel ini juga bersahabat disapa dengan kata variabel out put, variabel efek, variabel terpengaruh dan lain – lain. Contohnya yaitu efek jumlah pupuk terhadap hasil produksi jagung manis.  Dalam hal ini yang berperan sebagai variabel terikat yaitu tanaman.


3. Pengertian Variabel Moderator


Variabel ini sanggup besar lengan berkuasa untuk memperkuat atau pun melemahkan relasi antara variabel bebas dan variabel terikat. Anda sanggup menjumpai variabel ini dalam bentuk kualitatif maupun kuantitatif.


4. Pengertian Variabel Kontrol


Variabel kontrol merupakan variabel yang bersifat konstan dan sanggup dikendalikan.  Dalam suatu penelitian variabel kontrol berperan sebagai pembanding. Contohnya yaitu efek jumlah pupuk terhadap hasil produksi jagung manis. Dalam penelitian tersebut maka yang berperan sebagai variabel kontrolnya yaitu tanah, cahaya matahari dan air.


5. Pengertian Variabel Intervening


Variabel ini besar lengan berkuasa terhadap variabel bebas dan variabel terikat, namun variabel ini tidak sanggup diukur. Letak variabel ini berada diantara variabel bebas dan variabel terikat, dengan demikian variabel bebas pada penelitian yang sedang dijalankan tidak besar lengan berkuasa pribadi terhadap perubahan variabel terikat.


Berikut ini yaitu aneka macam macam variabel menurut kalsifikasinya:


6. Pengertian Variabel Nominal


Variabel nominal berfungsi untuk membedakan data individu yang lalu dikemas menjadi bentuk kategori. Contohnya yaitu jenis kelamin, pekerjaan, status ijab kabul dan lain – lain.


7. Pengertian Variabel Ordinal


Variabel ini cara menentukannya yaitu menurut ranking dan atau urutan. Contohnya yaitu diterapkan dalam mengurutkan ranking siswa.


8. Pengertian Variabel Interval


Variabel ini tersedia dan disajikan dalam bentuk interval. Fungsinya yaitu untuk membantu mengurutkan suatu data.


9. Pengertian Variabel Ratio


Variabel ratio merupakan salah satu variabel yang bentuknya hampir sama dengan variabel interval. Namun, dalam variabel ini mempunyai data nol mutlak.


Manfaat dan Ciri – ciri Variabel Penelitian yang Bagus


 Variabel merupakan besaran yang sanggup berubah dan besar lengan berkuasa terhadap suatu kejadian mau Pengertian Variabel Bebas dan Terikat dalam Sebuah Penelitian (Lengkap)

Pengertian Variabel


Berikut ini yaitu beberapa ciri khas variabel yang elok di dalam sebuah penelitian:


Manfaat variabel antara lain yaitu untuk menyiapkan baik alat maupun metode yang akan digunakan untuk mengumpulkan data, mencari metode yang sempurna untuk menganalisis sebuah data penelitian. Selain itu, juga berfungsi ketika dilakukan uji hipotesis.


Beberapa ciri yang mengatakan bahwa variabel penelitian Anda baik yaitu sesuai dengan tujuan penelitian yang Anda lakukan, variabel sanggup dilihat dan dilakukan pengukuran.


Selain itu, variabel penelitian yang baik harus diidentifikasi, diklasifikasi serta didefinisikan secara tegas sehingga meminimalisir dan mencegah munculnya kesalahan ketika mengumpulkan dan mengolah data.


Contoh Variabel Bebas dalam Bidang Matematika


 Variabel merupakan besaran yang sanggup berubah dan besar lengan berkuasa terhadap suatu kejadian mau Pengertian Variabel Bebas dan Terikat dalam Sebuah Penelitian (Lengkap)

Pengertian Variabel


Di dalam bidang study matematika Anda sanggup menjumpai adanya variabel bebas dan variabel terikat dalam sebuah persamaan matematika. Contohnya yaitu sebagai berikut:


Y = 5 + 3x


Pada persamaan tersebut y berfungsi sebagai variabel terikat, hal ini dikarenakan besarnya nilai y tergantung pada besarnya nilai x. Semakin besar nilai x maka nilai y semakin besar pula. Sebaliknya semakin kecil nilai x maka nilai y juga semakin kecil.


Oleh lantaran itu, variabel terikat dalam matematika sanggup diartikan sebagai sebuah nilai yang angkanya berubah – ubah tanggapan efek dari perubahan nilai pada sistem.


Sedangkan besarnya nilai x  mempengaruhi nilai y. Oleh lantaran itu, x berperan sebagai variabel bebas. Dalam hal ini diartikan sebagai masukan yang nilainya sanggup diambil secara bebas.


Contoh aplikasinya yaitu digunakan untuk menciptakan analisis regresi dalam bidang ilmu statistik.  Di dalamnya mengkaji lebih dalam mengenai relasi antara alasannya dan tanggapan pada variabel yang satu dengan variabel lainnya.


Pada analisis regresi maka sumbu x berperan sebagai variabel bebas, sedangkan sumbu y merupakan variabel terikat. Contohnya yaitu pada penelitian efek kadar garam NaCl terhadap kandungan senyawa metabolit sekunder daun pegagan.


Di dalam penelitian tersebut yang berperan sebagai variabel bebas yaitu kadar atau konsentrasi garam NaCl yang digunakan dalam percobaan tersebut. Sedangkan yang berperan sebagai variabel terikat yaitu kandungan senyawa metabolit sekunder.


Dalam menciptakan grafik analisis penelitian tersebut yaitu kadar NaCl diletakkan pada sumbu x, sedangkan kandungan senyawa metabolit sekunder pada sumbu y. Berdasarkan regresi linier yang terbentuk Anda sanggup menyusun persamaan y = a + bx.


Contoh Variabel Bebas, Variabel Terikat dan Variabel Kontrol pada Penelitian  Biologi


 Variabel merupakan besaran yang sanggup berubah dan besar lengan berkuasa terhadap suatu kejadian mau Pengertian Variabel Bebas dan Terikat dalam Sebuah Penelitian (Lengkap)

Pengertian Variabel


Pada aneka macam penelitian ilmiah sanggup Anda ketahui bahwa penelitian yang berupa kuantitatif maupun kualitatif, tentu di dalamnya terdapat variabel. Penelitian kuantitatif berupa penelitian eksperimen, surve dan lain – lain. Sedangkan penelitian kualitatif mencakup studi kasus, penelitian di dalam kelas dan lain – lain.


Berikut ini yaitu citra mengenai rujukan untuk memilih ketiga variabel tersebut dalam suatu penelitian biologi:


Sebuah penelitian dirancang memakai 5 jenis tabung yang isinya berbeda – beda. Tabung 1 hanya dijumpai kacang hijau saja, tabung 2 berisi kapas kering dan kacang hijau yang diletakkan terbuka. Tabung 3 berisi kapas kering, kacang hijau dan ditutup rapat. Tabung 4 berisi kapas basah, kacang hijau dan ditutup. Tabung 5 berisi kapas basah, biji kacang hijau dan dibiarkan.


Biji kacang hijau dibiarkan selama 2 hari dengan tujuan supaya Anda sanggup mengamati pada tabung berapa saja kacang hijau sanggup tumbuh.


Berdasarkan rancangan penelitian di atas maka Anda sanggup memilih bahwa variabel bebas dari penelitian tersebut yaitu tabung 2, 3, 4 dan 5 yang diberi perlakuan. Perlakuan yang diberikan yaitu ditutup dan tidak ditutup serta kondisi lingkungan yang kering dan basah.


Contoh variabel kontrol pada penelitian di atas yaitu yang terjadi pada tabung 1. Biji pada tabung pertama sengaja dibentuk tanpa perlakuan supaya sanggup digunakan sebagai pembanding dengan tabung lain yang diberi perlakuan.


Contoh variabel terikat pada penelitian di atas yaitu hasil dari biji yang berhasil tumbuh menjadi kecambah. Berdasarkan penelitian di atas maka biji yang tumbuh dengan baik yaitu tabung 5 dengan perlakuan biji diletakkan pada kapas lembap dan berada pada udara terbuka.


Contoh kedua perihal penelitian biologi yang di dalamnya terdapat variabel bebas dan terikat yaitu sebagai berikut:


Topik yang akan dibahas dan dilakukan percobaan yaitu efek cahaya terhadap pertumbuhan tanaman.  Pada penelitian ini yang berperan sebagai variabel bebas yaitu cahaya, sedangkan yang berperan sebagai variabel terikat yaitu pertumbuhan tanaman.


Selain itu, variabel lainnya yang tidak dilakukan penelitian maka semua diberi perlakuan yang sama baik pada kontrol maupun variabel bebas dan variabel terikat. Variabel tersebut antara lain yaitu perihal penyiraman air, suhu  dan lain – lain.


Setelah Anda memilih macam – macam variabel pada percobaan yang telah dirancang maka langkah selanjutnya yaitu melaksanakan penelitian menurut rancangan Anda.  Hasil penelitian yang diperoleh sanggup dikaji lebih dalam dan diambil suatu kesimpulan.



Hubungan Antara Variabel Bebas dan Variabel Terikat


 Variabel merupakan besaran yang sanggup berubah dan besar lengan berkuasa terhadap suatu kejadian mau Pengertian Variabel Bebas dan Terikat dalam Sebuah Penelitian (Lengkap)

Pengertian Variabel


Ada tiga macam relasi antara variabel bebas dan variabel terikat, yaitu simetris, asimetris dan timbal balik. Pertama, relasi simetris yaitu suatu variabel  tidak terpengaruh dengan oleh variabel lainnya.


Kedua, relasi asimetris, yaitu satu variabel mensugesti variabel lainnya. Sedangkan yang ketiga yaitu relasi timbal balik, yaitu antara satu variabel dengan variabel lainnya saling mensugesti satu sama lain.


Mempelajari relasi antara kedua variabel tersebut sangat penting untuk melaksanakan proses identifikasi mana saja yang termasuk kategori variabel bebas maupun variabel terikat.


Perbedaan antara variabel bebas dan variabel terikat yaitu pada variabel bebas sanggup besar lengan berkuasa terhadap perubahan variabel terikat. Sedangkan variabel terikat sendiri merupakan variabel output yang dipengaruhi oleh variabel bebas.


Variabel terikat tidak sanggup dimanipulasi, hal ini dikarenakan Anda harus mengamati aneka macam variasinya. Lain halnya dengan variabel bebas yang sanggup dilakukan manipulasi.


Contohnya sanggup Anda lihat pada penelitian eksperimental dibidang pendidikan. Anda sanggup memakai metode untuk mengajar sebagai variabel bebas. Namun, pada penelitian yang non eksperimental maka variabel bebasnya yaitu sesuatu yang bersifat logis dan besar lengan berkuasa terhadap variabel terikat.


Contoh lainnya yaitu pada orang yang gemar merokok. Merokok sanggup menjadikan terkena serangan jantung dan kanker paru – paru.  Dalam masalah tersebut maka Anda sanggup memilih variabel bebasnya yaitu merokok.


Variabel terikatnya yaitu penyakit kanker paru – paru. Banyak sekali ilustrasi yang sanggup Anda gunakan sebagai rujukan untuk memahami aneka macam variabel yang akan Anda gunakan ketika merancang sebuah penelitian.


Contoh Variabel Bebas dan Variabel Terikat dalam Sebuah Penelitian


 Variabel merupakan besaran yang sanggup berubah dan besar lengan berkuasa terhadap suatu kejadian mau Pengertian Variabel Bebas dan Terikat dalam Sebuah Penelitian (Lengkap)

Pengertian Variabel


Contoh penerapan variabel bebas maupun terikat dalam penelitian yaitu sebagai berikut:


Contoh pertama yaitu penelitian mengenai penentuan materi kimia yang penting untuk nutrisi tikus. Berdasarkan wangsit penelitian tersebut maka Anda sanggup menyusun desain percobaan, yaitu dengan memilih variabel bebas dan variabel terikat.


Pada penelitian tersebut yang berperan penting sebagai variabel bebas yaitu ada tidaknya materi kimia. Hal ini dikarenakan perlakuan materi kimia sanggup besar lengan berkuasa terhadap pertumbuhan dan perkembangan  tikus. Nantinya Anda sanggup melihat perbedaan antara tikus yang diberi materi kimia dan yang tidak diberi perlakuan materi kimia.


Variabel terikat dalam penelitian tersebut yaitu kesehatan tikus. Hal ini dikarenakan Anda sanggup mengamati kesehatan tikus sangat dipengaruhi oleh nutrisi materi kimia yang diberikan kepada tikus.


Penelitian lebih lanjut Anda sanggup menyebarkan variabel bebas yang digunakan. Contohnya, yang berperan sebagai variabel bebas yaitu jumlah materi kimia yang diberikan kepada tikus. Anda sanggup menciptakan variasi perlakuan jumlah materi kimia yang diberikan kepada tikus. Sedangkan variabel terikatnya yaitu kesehatan tikus.


Tujuan dilakukannya penelitian tersebut yaitu untuk mengetahui info mengenai jumlah materi kimia sempurna untuk diberikan kepada tikus sehingga tikus sanggup tumbuh dan berkembang dengan baik.


Contoh kedua yaitu efek kafein terhadap nafsu makan. Di dalam penelitian tersebut yang berperan sebagai variabel bebas yaitu perlakuan kafein, sedangkan yang berperan sebagai variabel terikat yaitu nafsu makan.


Kafein sanggup ditemukan pada kopi. Kopi sanggup membantu menekan nafsu makan seseorang. Namun, sayangnya ketika imbas kafein hilang maka orang akan kembali merasa lapar. Oleh lantaran itu, Anda sanggup menciptakan variasi konsentrasi kafein supaya Anda sanggup mengetahui berapa kadar kafein yang harus dikonsumsi supaya sanggup menekan rasa lapar.


Salah satu solusinya yaitu dengan mengkonsumsi kopi yang mengandung kafein tanpa gula. Indikator keberhasilannya ditandai dengan Anda tidak merasa lapar meskipun imbas dari kafein telah hilang.



Hubungan Antara Variabel Bebas, Variabel Terikat dan Variabel Moderator


 Variabel merupakan besaran yang sanggup berubah dan besar lengan berkuasa terhadap suatu kejadian mau Pengertian Variabel Bebas dan Terikat dalam Sebuah Penelitian (Lengkap)

Pengertian Variabel


Kali ini akan diulas lebih dalam mengenai rujukan relasi antara variabel bebas, variabel terikat dan variabel moderator. Contohnya yaitu motivasi kerja karyawan besar lengan berkuasa terahdapproduktivitas kerja. Selain itu, juga dipengaruhi oleh pimpinan yang memimpin instansi atau pun perusahaan.


Yang berperan sebagai variabel bebas dalam rujukan di atas yaitu motivasi kerja. Sedangkan yang berperan sebagai variabel terikat yaitu produktivitas kerja. Variabel moderator dalam rujukan tersebut yaitu pimpinan.


Hubungan Antara Variabel Bebas, Variabel Terikat dan Variabel Kontrol


 Variabel merupakan besaran yang sanggup berubah dan besar lengan berkuasa terhadap suatu kejadian mau Pengertian Variabel Bebas dan Terikat dalam Sebuah Penelitian (Lengkap)

Pengertian Variabel


Berikut ini yaitu beberapa rujukan yang sanggup menggambarkan dan memperjelas relasi antara ketiga variabel, yaitu variabel terikat, variabel bebas dan variabel kontrol. Contohnya yaitu penelitian mengenai perbedaan antara ketrampilan menggambar dari dua SD yang berbeda. Sebelum Anda mengambil data maka tentukan variabel kontrol yang sama dari dua SD tersebut.


Hal – hal yang perlu diperhatikan pada variabel kontrol yaitu kelas siswa yang diteliti pada kedua SD tersebut sama, daerah pengambilan data pun juga harus sama serta tema menggambarnya pun juga sama dan lain – lain.


Berdasarkan uraian di atas maka Anda sanggup mengetahui bahwa dalam suatu penelitian variabel bebas mempunyai tugas yang sangat penting. Variabel bebas ini sanggup mensugesti variabel lainnya. Oleh lantaran itu, dalam merancang sebuah penelitian hendaknya Anda memilih terlebih dahulu komponen yang termasuk variabel bebas, variabel terikat dan variabel kontrol.



Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih


Pengertian Variabel



0 Response to "Pengertian Variabel Bebas Dan Terikat Dalam Sebuah Penelitian (Lengkap)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel