Tanda-Tanda Anak Mempunyai Kecerdasan Kinestetik

Tak Bisa Diam Tanda Anak Punya Kecerdasan Kinestetik Tanda-tanda Anak Memiliki Kecerdasan Kinestetik
Tak bisa membisu itu tanda kecerdasan kinestetiknya anggun sehingga perlu distimulasi agar berkembang lebih maksimal.
Howard Gardner mengelompokkan kecerdasan menjadi delapan, yaitu: linguistik, matematik, visual-spasial, musik, interpersonal, intrapersonal, naturalis, dan kinestesik. Menurut Gardner, bila anak sangat pandai memakai kemampuan motoriknya, semisal andal menari, bermain sepak bola, atau berenang, itu menandakan anak mempunyai kecerdasan kinestetik tinggi. Lebih gampang memahaminya, kecerdasan kinestesik yakni kecerdasan dalam melaksanakan gerakan anggota badan.

Itu artinya, bila anak tak bisa diam, suka melompat, berlari, menari, berjoget, naik sepeda, dan lain sebagainya, mungkin kecerdasan kinestetiknya anggun sehingga perlu distimulasi agar berkembang lebih maksimal. Tak hanya itu, anak yang mempunyai kecerdasan kinestesik tinggi biasanya menyukai permainan yang melibatkan fisik, mempunyai koordinasi mata dan tangan yang baik, lebih gampang mencar ilmu dengan praktik, arif memakai bahasa tubuh, dan sebagainya.

Di dalam kelas, biasanya anak yang cerdas kinestetik tidak mau membisu berlama-lama, niscaya ada saja gerakan yang ia buat, seperti: berdiri, menggoyang-goyangkan kepala, bahkan berjalan-jalan di dalam kelas. Yang harus kita lakukan yakni merangsang anak untuk lebih banyak bergerak alasannya yakni di dalam bergerak anak bisa mempelajari dan meningkatkan kemampuannya.

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Eastern, Finlandia yang lansir dari laman Intisari (13/06/17) menemukan, banyak siswa yang aktif di acara kinestetik, ibarat atletik, ternyata mempunyai kemampuan membaca dan matematika lebih baik. Dua kemampuan ini yakni kemampuan dasar akademik yang nantinya akan mendukung mereka untuk mencapai nilai akademik lebih baik di mata pelajaran yang lain.

Baca: Tanda-tanda Anak Ber-IQ Tinggi Sesuai Tahapan Umurnya

Selain untuk kecerdasan anak, aktif bergerak juga menciptakan anak tumbuh lebih sehat. Sebab, bergerak akan meningkatkan kinerja banyak sekali organ tubuh yang akan melancarkan sistem peredaran darah dan metabolisme tubuh. Ketika anak berlari dengan waktu tertentu, misal, detak jantungnya niscaya akan meningkat, sehingga menciptakan jantung lebih kuat, peredaran darah lebih lancar, dan suplai sari makanan ke banyak sekali area tubuh pun semakin baik.

Dengan banyak aktifitas, energi akan terkuras, anak butuh nutrisi untuk kebutuhan tubuhnya demi mengembalikan energi yang terkuras tadi. Dengan begitu, pertumbuhan anak pun akan berlangsung lebih optimal. Jadi, tak perlu khawatir bila anak tak bisa membisu dan selalu berlarian ke sana kemari. Karena itu tanda anak mempunyai kecerdasan kinestetik tinggi.

0 Response to "Tanda-Tanda Anak Mempunyai Kecerdasan Kinestetik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel