Untung Menjadi Petani Timun Yang Menjanjikan




timun ialah salah satu komuditi pangan pokok yang sungguh diperlukan saat ini. mentimun biasa digunakan sebagai lalapan atau pendamping kuliner, dalam industri pangan, timun ialah lalapan paling utama banyak sekali macam kuliner, juga timun umumdimanfaatkan selaku jus, dan masih banyak faedah lain sebagainya.

Contohnya yaitu pada kuliner pecel lele, sambel, dan makanan serupa.

Oleh alasannya itu timun mempunyai harga yang tidak mengecewakan dipasaran.

Inilah alasan yang membuat perjuangan menanam timun bisa sungguh menguntungkan alasannya timun mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi di mata penduduk .



usaha timun

Potensi Pasar

Faktor utama pendorong yang menimbulkan makin banyaknya permintaan timun dipasaran, kian banyaknya jumlah pengusaha rumah makan yang membutuhkan timun. Dan ini merupakan menandakan baik bagi para petani timun, karena kemungkinan hasil panen timun akan laku dipasaran.


Keuntungan bertani ketimun

Timun banyak diperlukan oleh usahawan masakan dan masakan. Meningkatnya seruan pasar terhadap komoditi timun akan meningkatkan kesempatanpasar dan harga yang baik untuk timun. sehingga potensi usaha bercocok tanam timun juga kian terbuka lebar.

Timun mudah untuk di budidaya

Harga timun tergolong stabil


Kenapa harus menentukan timun ??

Alasan kenapa usaha bercocok tanam timun dipilih sebab memiliki beberapa kelebihan, diantaranya yakni :


1. teknik dan cara budidaya yang gampang

Teknik dan cara budidaya yang relatif gampang menjadi keuntungan tersendiri pada usaha bercocok tanam timun. Dengan menerapkan teknik sederhana, budidaya timun tidak memerlukan banyak penanganan, ongkos pemeliharaan selama proses bikinan juga tidak terlalu besar.


2 timun  merupakan keperluan pokok

Timun ialah salah satu lalapan wajib dalam berbagai masakan sehinga timun menjadi salah satu kebutuhan primer yang niscaya diperlukan saban hari.



Tips memulai usaha bercocok tanam timun

Persiapan

Sebelum memulai usaha bercocok tanam timun ada beberapa antisipasi yang perlu anda kerjakan diantaranya :


1. Persiapan lahan

Sama seperti usaha bercocok tanam lain nya, menanam timun juga memerlukan antisipasi khususnya pada lahan. Anda bisa membajak apalagi dulu lahan yang mau anda gunakan untuk menanam timun untuk menggemburkan tanah dengan cara mencangkul  untuk membuat timun anda bisa tumbuh secara maksmal.

Timun biasa ditanam pada tanah yang dibuatkan gundukan panjang untuk menyingkir dari timun terendam air dikala hujan. Bisa juga di buatkan pagar untuk merambat timun.


2. Persiapan bibit

Pilihlah bibit timun sesuai dengan target pasar anda,. Anda mampu pribadi datang ketoko bibit dan berkonsultasi terhadap penjual untuk mendapatkan hasil yang tepat dengan harapan anda. Atau anda dapat membibit sendiri timun melalui proses pembibitan pastinya hal ini membutuhkan kemampuan khusus.

Tips memilih bibit timun yang baik  

Rendam benih selama 15 menit. Benih yang mengapung mempunyai arti benih yang jelek dan mempunyai kesempatan kecil untuk tumbuh sehingga harus dibuang.


3. Penanaman

Benih yang tetap terendam bermakna mempunyai kwalitas baik selanjutnya direndam selama 24 jam.sesudah itu, benih dipindahkan ke lipatan handuk basah selama 12 jam hingga akan bakal akar muncul.

Ketika akar mulai keluar, benih dapat ditanam pribadi di daerah yang telah disiapkan. Pada ekspresi dominan hujan, pembibitan mesti diberikan atap plastik transparan untuk menghindari timun mati alasannya adalah terendam air.


4. Pupuk

Pupuk adalah komplemen semoga membuat timun anda lebih subur dan sehat. Pilihlah pupuk sesuai dengan jenis timun anda. Jangan menunjukkan pupuk terlalu sedikit atau teralu berlebihan pada timun alasannya adalah akan berpengaruh kurang baik pada kwalitas timun anda nantinya.


5. Penyakit

Hama ialah lawan utama para petani utamanya timun, hama yang biasa menyerang flora timun ialah ulat, belalang yang mengkonsumsi daun timun sehingga pertumbuhan timun menjadi tidak maksimal atau bahkan bisa membuat timun mati.

Selain hama ada juga aneka macam macam virus, Dan masih banyak lagi.

Anda mampu memilih obat sesuai dengan ang menyerang tumbuhan timun anda, berkonsultasilah dengan pedagang obat hama dan virus flora timun alasannya mereka telah paham obat hamamana yang tepat untuk digunakan.


6.Panen

panen biasa dilaksanakan setiap tergantung dengan perkembangan timun anda.

Untuk timun lazimnya di panen dikala ukuran timun sudah mulai besar dan yang paling penting timun di panen sebelum bau tanah, yang ditandai dengan timun yang berubah warna menjadi kekuningan.


mungkin Cuma itu saja dulu yang bisa saya bagikan kali ini wacana peluang usaha budidaya timun, semoga bisa berguna untuk anda, dan jangan lupa untuk secepatnya membuka usaha sebelum kesempatan itu didahului orang.

Sampai jumpa dan agar sukses


0 Response to "Untung Menjadi Petani Timun Yang Menjanjikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel