Tips Dan Sumber Motivasi Menuntaskan Skripsi Atau Tesis

Tips dan Sumber Motivasi Menyelesaikan Skripsi atau Tesis -- Cerita Motivasi Menyelesaikan Tugas Akhir Kuliah, Sumber Motivasi Menyelesaikan Skripsi atau Tesis, Tips Ampuh Menyelesaikan Skripsi dan Tesis, Kata-kata Motivasi Semangat untuk Menyelesaikan Skripsi (S1) atau Tesis (S2).

Kali ini admin akan membuatkan informasi wacana Tips dan Sumber Motivasi Menyelesaikan Skripsi atau Tesis. Informasi ini admin tujukan secara khusus untuk mahasiswa S1 dan juga untuk mahasiswa S2. Ayo pribadi saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Tips dan Sumber Motivasi Menyelesaikan Skripsi atau Tesis Tips dan Sumber Motivasi Menyelesaikan Skripsi atau Tesis

Hidup ialah perjuangan. Setiap hari kita melaksanakan acara untuk memperjuang apa yang menjadi keinginan kita. Dengan usaha tersebut, sanggup menciptakan kita menjadi pribadi yang lebih hebat dari sebelumnya, meski tak sanggup dipungkiri kita pun pernah mengeluh ketika menghadapi persoalan yang begitu besar.

Setiap mahasiswa tentunya menginginkan semoga dirinya bisa menuntaskan kuliahnya dengan cepat atau sempurna waktu. Namun pada kenyataannya banyak juga mahasiswa yang menghabiskan waktu yang cukup usang untuk menuntaskan kuliah.

Pada dasarnya ada banyak hal yang menyebabkan mahasiswa lambat untuk selesai kuliah, diantaranya yaitu sering mengulang mata kuliah alasannya ialah mendapat nilai dibawah standar, usang menuntaskan magang, dan usang menuntaskan kiprah akhir.

Bagi kalian para mahasiswa, usaha meraih gelar sarjana bukan usaha yang mudah. Akan banyak rintangan yang harus kalian lewati untuk meraih gelar tersebut.

Rintangan yang sering muncul contohnya : sulitnya memilih judul penelitian, sulitnya mendapat ACC wacana usulan judul penelitian, sulitnya menuliskan hasil pemikiran, sulitnya mendapat ACC seminar, hingga menjalani proses bimbingan yang terkadang sulit untuk bertemu dosen pembimbing.

Faktor-faktor kesulitan tersebut harus bisa diatasi semoga kau bisa terus semangat untuk menuntaskan kiprah final dengan sempurna waktu dan kesannya bisa meraih gelar sarjana.

Apa ya kiprah final mahasiswa S1? Pasti teman-teman yang kuliah di tingkat Sarjana dijamin tau dech..

Ya, benar sekali.. jawabnya ialah Skripsi.

Skripsi ialah karya ilmiah yang harus dibentuk oleh mahasiswa sebagai kiprah final yang harus diselesaikan untuk memperoleh gelar Sarjana dari Perguruan Tinggi.

Namanya juga karya ilmiah, jadi tidak bisa sembarangan data yang bisa dimasukkan ke dalam skripsi. Data-data yang disajikan harus menurut fakta, hasil aliran orang-orang sebelumnya atau para andal yang telah melaksanakan penelitian di bidang yang relevan..

Jadi, ketika kau sedang melaksanakan proses penyelesaian skripsi, bukan hanya kemampuan akademik dan konsistensimu yang akan diuji, tetapi kejujuranmu diuji juga. Apakah kau akan menyajikan data sesuai fakta ataukah data yang disajikan ialah data manipulasi. Semua itu merupakan ujian bagi kamu.

Perjuangan dalam menuntaskan skripsi ialah usaha yang luar biasa. Bukan hanya pikiran, tenaga dan biaya pun harus dikeluarkan. 

Pikiran dipakai untuk menyalurkan ide-ide yang akan dibentuk dalam skripsi. Terkadang lancar dan terkadang buntu. Saat menemui kesulitan atau buntu, maka bertanyalah pada temanmu terutama yang sama pembimbingnya atau yang telah berpengalaman, atau bertanya pada dosen pembimbing skripsimu secara pribadi untuk menemukan solusi atas kesulitanmu.

Tenaga, kau membutuhkan tenaga ekstra untuk menuntaskan skripsi. Bergadang tiap malam sudah menjadi suatu kebiasaan demi menuntaskan skripsi. Di siang harinya harus menemui dosen yang terkadang sulit ditemui. Rasa capek sudah niscaya di alami oleh mahasiswa tingkat final demi menuntaskan skripsi.

Selain pikiran dan tenaga, kau juga niscaya membutuhkan biaya untuk menuntaskan skripsi. Kamu perlu membeli kertas, tinta, dan sejumlah peralatan lain untuk skripsi, serta biaya perjalanan untuk menemui dosen, biaya makan, dan lain sebagainya. Apalagi jikalau kau tidak bisa menuntaskan skripsi dengan sempurna waktu, terpaksa dech harus membayar uang kuliah lagi.

So..,, untuk kau yang sedang berjuang menuntaskan skripsi, teruslah bersemangat,, jangan pernah menyerah,, gelar sarjana akan segera kau raih sebentar lagi.

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai sumber motivasi semoga kau terus bersemangat untuk menuntaskan skripsi. Yuk, disimak berikut ini.

Sumber Motivasi Agar Skripsimu Cepat Selesai

1. Carilah Teman yang sama Pembimbingnya dan Memiliki Motivasi Tinggi

Kamu niscaya tidak sendirian ketika menuntaskan skripsi. Ada teman-teman lain yang sama pembimbingnya dengan kamu. Kamu harus saling support satu sama lain semoga saling mengingatkan di ketika yang satu malas semoga sama-sama terus bersemangat.

Berdasarkan pengalaman admin ketika bimbingan skripsi dulu. Ada saja sahabat yang malas, dan ada pula sahabat yang konsisten terus untuk segera menuntaskan skripsi. Nah, disitu admin berpikir harus mengikuti sahabat yang bersemangat semoga skripsi bisa segera diselesai. Benar sekali, admin bisa menuntaskan skripsi berkat support dari teman-teman yang spirit-nya tinggi.

Jadi, untuk kau yang sedang proses menuntaskan skripsi, carilah sahabat terutama yang sama pembimbingnya semoga bisa sama-sama bimbingan dan sahabat tersebut mempunyai motivasi yang tinggi atau lebih tinggi dari kamu.

2. Ingatlah Pesan dan Harapan Orang Tuamu

Ketika kau malas atau kehilangan motivasi untuk menuntaskan skripsimu, maka ingatlah pesan dan impian orang tuamu. Setiap orang renta mengharapkan anaknya bisa menuntaskan kuliah dengan lancar. Maka bersemangatlah, doa orang tuamu sangat mujarap dan selalu menyertaimu.

3. Ingat Dengan Keinginan Awalmu ketika Masuk Kuliah yang Ingin Lulus Tepat Waktu

Jika kau kehilangan motivasi dalam menuntaskan skripsi, maka ingatlah keinginanmu dulu waktu awal masuk kuliah yang berniat untuk lulus kuliah tepat. Ingat pula perjuangamu selama kuliah. Jika kau tidak mau menuntaskan skripsi, maka akan sia-sia perjuanganmu. Jadi, bersemangatlah untuk menuntaskan skripsimu.

4. Ingat Keinginanmu dan Pacarmu untuk Menikah

Bagi yang telah mempunyai calon pacar. Pacarmu sudah niscaya akan memperlihatkan motivasi kepadamu untuk segera menuntaskan kuliah. Jadikan dirinya sebagai sumber motivasi menuntaskan kuliahmu segera mungkin.

5. Ciptakan Rasa Ingin segera Wisuda

Dengan mempunyai keinginan untuk segera wisuda, maka kau bisa termotivasi untuk segera menuntaskan skripsimu. Ketika kau malas, maka ingatlah keinginanmu tersebut.


Itulah beberapa sumber motivasi untuk menuntaskan skripsi. Temukan sumber motivasimu dan teruslah berjuang menuntaskan skripsi.

Selain sumber motivasi di atas yang bisa menciptakan kau termotivasi kembali untuk menuntaskan skripsi, ada beberapa tips juga yang perlu kau baca semoga bisa memotivasi dirimu. Yuk.. disimak.

Tips Ampuh Agar Skripsimu Cepat Selesai

1. Berdoalah kepada Allah

Ingatlah, berdoa itu sangat penting. Maka berdoalah kepada Tuhan semoga skripsi yang kau buat bisa dipermudah dalam proses penyelesaiannya, diperlancar dalam proses bimbingan, diperlancar ketika ujian, hingga lulus kuliah.

2. Buat Agenda Harian

Ketika kau ingin segera menuntaskan kuliah, maka jadwal harian perlu kamj buat. Misalnya, "setiap hari saya harus mengetik 2 - 5 lembar". Nah kau harus memenuhi itu semoga skripsimu cepet selasai.

3. Konsisten

Jika kau telah menciptakan jadwal harian, maka kau harus konsisten dengan itu. Kamu harus berupaya untuk menghasilkan ketika skripsi 2 - 5 lembar per hari. Teruslah jaga konsistensimu.

4. Skripsi itu Dikerjakan, Bukan dipikirkan saja

Jika kau ingin segera menuntaskan skripsi, maka kerjakanlah. Rencana-rencanamu untuk mengetik ini mengetik itu harus diwujudkan dalam tindakan nyata. Jangan hanya dipikirkan saja.

So.. Pikirkan kemudian kerjakan skripsimu. Skripsi itu dikerjakan, bukan dipikirkan saja.

5. Bertindaklah semoga Skripsimu Cepat Selesai

Jangan hanya berpikir ingin cepat selesai skripsi jikalau kau belum bertindak. Bertindak ialah hal yang wajib dilakukan. Pepatah menyampaikan "Tindakan kecil yang dilakukan ketika ini lebih berarti dari pada planning besar yang hanya dipikirkan saja".

Jika kau ingin segera menuntaskan skripsimu, maka bertindalah. Kerjakan secara konsisten dan jangan pernah mengalah ketika berhadapan dengan masalah. Ceritakan pada sahabat baikmu apa yang kau hadapan, insyaAllah temanmu bisa membantu.

So,, untuk kau yang ingin segera menuntaskan skripsimu, ayo bertindaklah.

6. Jangan Takut Salah

Dalam mengerjakan skripsi, sudah niscaya kau akan mengalami yang namanya "salah" alasannya ialah memang kau masih tahap belajar. Ketika kau menemui kendala, jangan takut untuk selalu berkonsultasi dengan dosen pembimbing, alasannya ialah memang kiprah dosen pembimbing ialah membimbing kamu.

Pada ketika bimbinganpun niscaya kau akan disalahkan oleh dosen pembimbingmu. Yang jelas, kau jangan takut salah. Tugasmu hanyalah menciptakan skripsi, dan kiprah dosen pembimbing ialah mengoreksi skripsi. Jadi, jangan takut salah alasannya ialah takut salah bisa menciptakan orang mengalah duluan.

7. Buatlah Grup Diskusi

Saat kuliah kau niscaya punya banyak sahabat kan?, nah, demi kelancaran proses penyelesaian skripmu dan teman-teman, maka buatlah grup diskusi. Grup tersebut dipakai untuk saling bertukar pendapat, saling bertukar dongeng ketika bimbingan dengan dosen, saling membantu sahabat yang mengalami kesulitan, dan berdiskusi mengenai masalah-masalah skripsi.

8. "Skripsi yang Baik Adalah Skripsi yang Selesai"

Skripsi yang Baik Adalah Skripsi yang Selesai, Ya itulah kata-kata dari Mendikbud kita dulu, Pak Anies Baswedan. Jelas sekali, sebaik apapun skripsimu, jikalau tidak selesai masih belum bisa dikatakan skripsi yang baik. Oleh alasannya ialah itu, selesaikanlah skripsimu segera skripsimu bisa dikatakan skripsi yang baik.


Itulah beberapa tips yang bisa kau terapkan semoga skripsimu cepat selesai. Mudah-mudah jikalau kau bisa menerapkan tips tersebut dengan baik, skripsimu bisa selesai dengan sempurna waktu.

Tips-tips dan sumber motivasi yang telah admin jelaskan di atas juga cocok untuk mahasiswa S2 yang sedang menuntaskan Tesisnya.

Tidak sanggup dipungkiri pula bahwa mahasiswa S2 juga mengalami hambatan dalam menuntaskan Tesis. Kendala yang muncul dumulai dari pengajuan judul, proses bimbingan, hingga dengan seminar dan sidang akhir.

Oleh alasannya ialah itu, tips-tips dan sumber motivasi di atas perlu dibaca oleh mahasiswa S2, atau bahkan mahasiswa S3.

Jangan pernah menyerah, teruslah berjuangan secara konsisten, kiprah akhirmu akan segera selesai. (Tarsudin).

Ayo Baca Juga :

Demikianlah artikel wacana Tips dan Sumber Motivasi Menyelesaikan Skripsi atau Tesis. Semoga sehabis membaca artikel ini kau semua bisa mendapat semangat gres dalam menuntaskan skripsi atau tesis. Let's share this article to your friends. Go spirit for succes. Thanks.

0 Response to "Tips Dan Sumber Motivasi Menuntaskan Skripsi Atau Tesis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel