Bazar Tempat Meningkatkan Rasa Persatuan Siswa

Bazar Daerah Meningkatkan Rasa Persatuan Siswa Bazar Daerah Meningkatkan Rasa Persatuan Siswa
Pelaksanaan pameran selain sebagai sarana mencar ilmu juga meningkatkan rasa kesatuan dan persatuan warga sekolah.
Bazar tempat merupakan salah satu pameran yang diadakan MIN 1 Kota Malang khususnya kelas 5 sebagai puncak dari pelaksanaan pembelajaran tematik Tema 3 “Makanan Sehat” yang masing masing kelas mencerminkan tempat tertentu dengan menampilkan aneka macam macam ciri khas dari aneka macam tempat di Indonesia mulai dari makanan, kesenian, alat musik dan anjungan tempat lengkap dengan ciri khas daerah. Tujuan diadakan pameran yaitu:

  • Sebagai sarana mencar ilmu untuk semua muatan pembelajaran pada tema 3
  • Wadah membangun kolaborasi yang baik antar siswa, sekolah dan orang renta yang terbentuk dalam paguyuban kelas.
  • Meningkatkan rasa kesatuan dan persatuan warga sekolah.

Pelaksanaan pameran tempat melibatkan seluruh warga sekolah mulai siswa, orang renta dan wali kelas, mereka harus saling berafiliasi supaya pameran berjalan dengan lancar dan sukses. Banyak persiapan –persiapan yang diharapkan untuk menyambut pelaksanaan pameran daerah, mulia dari penentuan dengan undian tempat mana yang harus diangkat oleh masing-masing kelas, Misalnya kelas kami 5H sanggup undian DI Yogjakarta, persiapan undian jenis kuliner sehat khas tempat masing-masing yang akan di sajikan dalam kelas dengan cara siswa mendata diri kuliner khas apa yang akan dijual, persiapan tampilan seni tempat hasil undian, penentuan hasil karya seni, alat musik yang menjadi ciri khas tempat hingga penataan kelas lengkap dengan hiasan khas daerah. Pelaksanaan berada pada kelas masing-masing tetapi bisa dikunjungi oleh semua warga sekolah, tetapi pembukaan program dan tampilan siswa dilakukan bersama sama seluruh kelas dari kelas A – I sebab sekaligus memperingati hari sumpah perjaka yang bertepatan pada hari Sabtu tanggal 28 Oktober 2017.

Pelaksanaan pameran tempat sebagai puncak pelaksanaan pembelajaran tematik Tema 3 “ Makanan Sehat” bisa sebagai sarana lengkap membahas semua muatan dalam satu kegiatan. Misalnya muatan IPA ihwal kuliner sehat diwaliki seluruh jenis kuliner sehat yang terpilih pada masing-masing daerah, Muatan SBdP membedakan tangga nada mayor dan minor dari pilihan lagu yang mengiringi tari tempat masing-masing, muatan IPS siswa bisa membangun secara pribadi interaksi sosial dan interaksi lingkungan dalam setiap proses pelaksanaan pameran tempat mulai interaksi individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Muatan PKN adalah penerapan saling menghormati dan menghargai keberagaman budaya. Muatan Bahasa Indonesia kami siswa bisa menciptakan iklan dan menerapkan iklan dalam proses jual beli.

Pelaksanaan pameran tempat yang sempurna dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2017, menciptakan kami siswa sangat bahagia sebab acara ini kami bisa berperan langsung, dan bisa melihat ciri khas tempat di Indonesia secara faktual tanpa kita harus jauh jauh pergi ke tempat tersebut, kita bisa melaksanakan seluruh rangkaian gotong royong teman dan kami menjadi semakin cinta budaya Indonesia yang beragam. Akhirnya jam 12.00 siang acara pameran tempat final dan sebelum kami seluruh siswa pulang, kami harus tetap bertanggung jawab pada kebersihan kelas masing masing. Semoga goresan pena ini bermanfaat.

*) Ditulis oleh Recha Nisfiyafi'. Siswi kelas 5 MIN I Malang.

0 Response to "Bazar Tempat Meningkatkan Rasa Persatuan Siswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel