Jilbab/Kerudung Dan Perkembangannya

Jilbab telah dikenal semenjak dulu. Di beberapa negara Islam, pakaian homogen jilbab dikenal dalam tidak sedikit istilah, semisal chador di Iran, pardeh di India dan Pakistan, milayat di Libya, abaya di Irak, charshaf di Turki, dan hijâb di beberapa negara Arab-Afrika semisal di Mesir, Sudan, dan Yaman. Terlepas dari istilah yng dipakai, sebetulnya konsep berjilbab memanglah milik seluruh agama. Misalnya dalam kitab Taurat, kitab suci agama Yahudi, dikenal beberapa istilah yng semakna yang dengannya hijâb semisal tif’eret. Demikian juga dalam kitab Bibel yng yaitu kitab suci agama Nasrani (Kristen dan Katolik) diistilahkan yang dengannya zammah, re’alah, zaif dan mitpahat.
Pendapat dari Eipstein, semisal bersumber Ust. Nasaruddin Umar dalam tulisannya, "Hijâb sudah dikenal sebelum adanya agama-agama Samawi (Yahudi dan Nasrani / Kristen)" jilbab telah menjadi ihwal dalam Code Bilalama (3.000 SM), lantas berlanjut di dalam Code Hammurabi (2.000 SM) dan Code Asyiria (1.500 SM). Ketentuan penggunaan jilbab malah telah dikenal di beberapa kota renta semisal Mesopotamia, Babilonia, dan Asyiria. Yang dengannya demikian sejarah mencatat sebenarnya jilbab sendiri yaitu cuilan dari busana yng dianjurkan ataupun dikenalkan ataupun di wajibkan ataupun menjadi identitas dari agama-agama besar di dunia. Bisa disimpulkan sebenarnya jilbab/Hijaab muncul dari lingkungan keagamaan dan menjadi tradisi kehormatan di lingkungan terhormat (kerajaan, biara, ordo, kawasan ibadah, dsb). Bila membandingkan yang dengannya sejarah rok mini, jelas jilbab lahir dari semangat dan miliu yng berbeda.
Jilbab/Hijab/Kerudung awal mulanya merupakan sebuah benda yng kemunculanya akhir dari dorongan syaraiat, pengertiannya munculnya ilham budaya materiJilbab/Hijab/Kerudung merupakan berasal dari aturan Alloh yng terang, telah diberi definisi dan ketentuan apa yng dimaksud, dan dalam kadar semisal apa sesuatu bisa disebut menjdai sebuah Jilbab/Hijab/Kerudung (Al Qur’an surat An – Nur (24): 31). Menjadikan kita-kita tinggal memahami lantas mewujudkanya. Dalam konteks ini, penulis menafsirkan awalnyaJilbab/Hijab/Kerudung masih sebatas menjdai fungsi teknis, pengertiannya gres sebatas menjdai sebuah benda yng mempunyai fungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menutupi cuilan badan yng dihentikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dilihat oleh orang lain, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari maksiat bagi yng melihat( Al Qur’an surat Al – Ahzab (33): 59). Lantas fungsiJilbab/Hijab/Kerudung tak cuma sebatas menjdai fungsi teknis saja. Lantaran dalil tak sebatas itu dalam memerintah, namun Jilbab/Hijab/Kerudungjuga menjdai sebuah identitas bagi si pemakainya. risikonya masyarakat Arap yng menggunakan Jilbab/Hijab/Kerudung sesuai syariat mempunyai identitas sosial baru, yakni menjdai seorang perempuan muslim yng dihormati dan lelaki segan dan tak menggangu, demikianlah catatan sejarah mengatakan. Menjadikan jikaJilbab/Hijab/Kerudung dikaitkan menjdai sebuah identitas sosial kaitanya yang dengannya keagamaan, maka pembacaan Jilbab/Hijab/Kerudung berkembang lagi, tak cuma sebatas teknofak, dan sosiofak namun fungsi ideofak otomatis pula menempel karena Jilbab/Hijab/Kerudung merupakan cuilan dari syariat agama islam, yng tidak lain islam menjdai sebuah ideologi bagi sebagaian kita-kita dimuka bumi ini.
Menjdai mode, jilbab lahir dari konsep ihwal kecantikan dan keindahan berstandar tinggi, malah ilahiah. Pula karena ini beliau kita bisa mengerti dan memaklumi adanya tuntutan semoga pemakai jilbab Perlu punya spiritual quotient yng special ! Tak saja anggun jilbabnya pula santun dan glamor akhlaknya, saya rasa seluruh pihak mendapat ini menjdai titik ideal. Dalam aturan Islam -setidaknya yng mewajibkan penggunaan jilbab- urusan jilbab bisa dipandang menjdai syarat berbusana seorang wanita, yng tak secara otomatis menyulap pemakainya menjadi perempuan berakhlak indah, itu masih butuh tidak sedikit pembuktian yng lain. Maksud saya begini ; kalau ada dua perempuan pencuri, yng satunya berjilbab dan yng lain tak berjilbab, maka bobot dosanya berbeda. Pencuri berjilbab melanggar satu larangan yakni mencuri, sedangkan yng tak berjilbab melanggar dua larangan yakni mencuri dan tak berbusana yang dengannya baik.
Abad ke 7 merupakan kala dimana awal perintah berkerudung/berhijab, dalam konteks kala ke 7 di semenanjung Arabia, kondisi sosial masyarakat jauh dari efek peradaban dua imperium besar yakni Romawi dan Persia.(lihat: sejarah Muhammad, M Husein Haekal) Hal ini menjdai dampak dari geomorfologi Arab yng terpencil dan terkukung dari pegunungan dan padang pasir, hal ini berdampak pada efek budaya yng cukup kecil terlaksana, mengakibatkan apa yng dikembangkan oleh masyarakat masih sesuai yang dengannya doktrin yng ada di lingkungan masyarakat Arab. Jilbab/Hijab/Kerudung menjdai sebuah hasil pemahaman atas dalil agama pula belum mengalami perubahan akhir efek dua sentra kebudayaan dan masih sesuai yang dengannya makna, dan ketentuanya, yng dimaksud disini sesuai yang dengannya dalil merupakan Jilbab/Hijab/Kerudung berguna: kain epilog kepala mengakibatkan kain menjulur sampai-sampai dada.
Hal ini bisa ditarik sebuah pengetian sebenarnya masyarakat pendukung kebudayaanJilbab/Hijab/Kerudung pada awal mulanya masih memegang teguh ketentuan-ketentuan dalil ihwal Jilbab/Hijab/Kerudung, dan belum terfikirkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk merubah makna Kerudung/Hijab/Jilbab. Pasca islam pada kala ke 9-12 mengalami perkembangan dan persebaran mengalami akulturasi yang dengannya kebudayaan lainya, contohnya di sebagaian Negara timur-tengah berkembang model Jilbab/Hijab/Kerudung yang dengannya cadar, burqa, niqop, dan masker, lantas berkembang juga di Nusantara ataupun Melayu kala 19Jilbab/Hijab/Kerudung selendang yng tak menutupi penuh kepala, dan cuma di selampirkan. di kawasan timur pula berkembangJilbab/Hijab/Kerudung yang dengannya motif hiasan tertentu sesuai yang dengannya konteks lingkunganya, tak sebatas polos tanpa motif, dan lain sebagainya. Hal ini menggambarkan sebenarnya ada sebuah perkembangan dalam mencoba bagi atau bisa juga dikatakan untuk menafsiakan Jilbab/Hijab/Kerudung. Faktorya tentu tidak sedikit, hal ini terkait yang dengannya kondisi sosial budaya, lingkungan, dan pemahaman atas dalil agama.
Singkatnya dalam konteks kondisi sosial-budaya misalnya: pendapat yng masih menjadi perdebatan para ahli, sebenarnya khusunya di Jawa pada kala 19, masih tidak banyak masyarakat yng menggunakan Jilbab/Hijab/Kerudung sesuai ketentuan dalil, cuma sebatas selendang yng diselampirkan di kepala, hal ini sebagaian beropini bahwasanya, hal ini menjdai dampak teladan penyebaran agama islam yng di lakukan oleh Wali Songo, yng Amat toleran yang dengannya budaya lokal, mengakibatkan pada waktu itu Wali Songo gres memperlihatkan problem Teologis belum hingga pada problem fiqih Jilbab/Hijab/Kerudung, karena menyadari sebenarnya hal ini akan merubah budaya berpakaian masyarakat jawa yng Amat mencolok. Semisal lain dalam konteks kondisi lingkungan alam: contohnya pada masyarakat di Melayu, yng menggunakan Jilbab/Hijab/Kerudung yang dengannya materi dan motif yng lebih variatif, hal ini menggambarkan kondisi materi bakuJilbab/Hijab/Kerudung, yng sesuai yang dengannya kondisi sumber daya alam masyarakat pendukungnya. Dan semisal yng yang terakhir merupakan perubahanJilbab/Hijab/Kerudung karena pemahaman dalil agama yng memicu berubahanya Jilbab/Hijab/Kerudung. Misalnya saja Cadar yng masih menjadi perdebatan para ulama dalam hal keharusanya memakai.
Dari seluruh proses dari awal pemahaman kita-kita atas dalil agama yng menyebutkan keharusan berkerudung/berhijab, sampai-sampai kala selanjutnya dalam proses perubahan Jilbab/Hijab/Kerudung bisa dimaknai sebenarnya kita-kita pendukung budaya materi Jilbab/Hijab/Kerudung mempunyai teladan fikir pada dimensi Jilbab/Hijab/Kerudung menjdai sebuah benda materi sacral, karena ini merupakan perintah Alloh, mengakibatkan tak ada penemuan yng berguna, andai ada hal ini penyebabnya yaitu karena factor-faktor yng sebetulnya bukan melenceng dari anggapan kesakralan itu sendiri, ini cuma terkait yang dengannya factor teknis saja, belum beranjak pada problem pergeseran ideologi.
Memaknai Kejadian Perubahan Budaya Materi: Jilbab/Hijab/Kerudung Kreatif
Yng dimaksud Jilbab/Hijab/Kerudung Kreatif dalam hal ini merupakan sebuahJilbab/Hijab/Kerudung yng penulis anggap hilang dari sisi nilai-nilai ideologis menjdai dasar kemunculnya, dan bergeser yng lebih menonjol pada sisi gaya hidup ataupun sebuah mode. Menjadikan Kerudung/Hijab/Jilbab disini mengalami pergeseran makna, dari sacral menjadi profane.Kerudung/Hijab/Jilbab hari ini pula sudah menjadi symbol-simbol lapisan sosial, tentusaja maksud penulis bukan sebatas symbol lapisan sosial dalam kontek antara agama, semisal pada permulaan munculnyaJilbab/Hijab/Kerudung itu sendiri, namun menjdai sebuah symbol lapisan sosial dalam kontek klasifikasi tingkatan ekonomi. Selanjutnya penulis pula menemukan sebuah peristiwa yng cukup menarik sebenarnya fenomenaJilbab/Hijab/Kerudung kreatif sudah menarik segelintir orang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengapresiasi melalui sebuah perkumpulan yng dipersatukan atas dasar budaya materi ini. Sebenarnya hobi, kegemaran dan perjuangan memakaiJilbab/Hijab/Kerudung ini mengispirasikan sekelompok perempuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendirikan sejumlah situs bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempromosikan dan lantas mempunyai basis massa dan visi-missi tertentu.
Lantas munculnya Jilbab/Hijab/Kerudung kreatif pula menumbuhkan sebuah klasifikasi yng baru, hal ini sebuah peristiwa yng biasa dalam konteks zaman ketika ini. Misalnya kita berangkat dari sebuah semisal, semoga simpel menggambarkan hal ini. Lagam ataupun model pada budaya materi celana jeans misalnya, tahun 70-an umum sudah berkembang model calana jeans cutbrai, gres pada tahun 90-an model ini pernah sempet menghilang, dan kembali muncul tahun 2007. Lantas model ini tahun 2010 menghilang karena model celana jeans pensil. Gaya celana pensil ini secara otomatis akan menganeliasi gaya cutbraiy, mengakibatkan andai ada cukup umur yng masih menggunakan celana jeans cutbraiy era ini dalam perspektif klasifikasi fashions beliau akan masuk pada golongan mode kuna. Hal ini terealisasi secara otomatis, mengakibatkan celana pensil dalam waktu sekejap menjamur dan digunakan segala lapisan masyarakat yng selalu tak mau ketinggalan mode. Nampaknya begitu pula yang dengannya Jilbab/Hijab/Kerudungini. Jilbab/Hijab/Kerudung ini mulai menjamur,apalagi yang dengannya pemberian media massa dan elektronik, Jilbab/Hijab/Kerudung ini siap-siap akan menjadi sentra perhatian baru, mengakibatkan masyarakat akan tidak sedikit memburu model ini. Dalam perkembangan waktu semisal yng berlaku pada celana jeans, sebenarnya andai masih ada yng mempergunakan Jilbab/Hijab/Kerudung “formal” maka secara otomatis beliau akan masuk dalam klasifikasi gaya era masa lalu, tentu hal ini melalui kacamata masyarakat pengagum mode.
Kemunculan mode ini memanglah tak tiba sesederhana semisal apa yng kita banyangkan. Kemunculan ini tentu melalui beberapa fase dan kepentingan. Ada beberapa tahapan yng penulis jabarkan disini tentu dalam kontek Indonesia. Pertama: sebenarnya munculnya Kerudung/Hijab/Jilbab yng marak di Indonesia gres muncul pasca tumbangnya rezim Orde Baru. Pada waktu itu ditandai yang dengannya munculnya kerudungisasi dikalangan masyarakat kampus. Orde Baru merupakan dimana Kerudung/Hijab/Jilbab menjadi sebuah hal yng masih awam bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai. Hal ini memanglah Amat terkait yang dengannya situasi politik dan budaya pada masa itu. Peperangan yng panjang pasca kemerdekaan, hingga kondisi pemerintah yng antipati terhadap gerakan ekstrimis kanan yng terwakilkan oleh gerakan DII dan Negara Islam Indonesia sampai-sampai yang terakhir bencana Tanjung Priok berdampak pada pengamalan agama islam. Selain itu pula kebijakan pemerintah yng cukup represif terhadap pengawasan kegiatan pengamalan agama dan siar islam yng di lakukan sejumlah organisasi islam pula berdampak pada sosialisasi atas Jilbab/Hijab/Kerudung ini, mengakibatkan dampaknya Amat terlihat pada masa Orde Baru tidak banyak muslimah yng menggunakan Kerudung/Hijab/Jilbab. Kedua: era tahun 90-an, pemerintah cukup mulai memperhatikan ke hidup-an beragama. Hal ini menjdai sebuah dampak dari ke hidup-an eksklusif Soeharto yng telah mulai berusia lanjut. Religiusitas Soeharto meningkat ditandai yang dengannya berangkatnya haji dan umroh yng selalu dipertontonkan melalui media, hal ini dampaknya cukup tidak buruk alias bagus, kelonggaran beragama mulai ditunjukan yang dengannya beberapa surat keputusan presiden yng dikeluarkan.
Ketiga: pasca reformasi ada sekolompok masyarakat yng menginginkan ke hidup-an islami di setiap lini aktivitas, dan pula dibarengi yang dengannya kebebasan berekspresi, hal ini makin mempermudah segala acara hidup sesuai yang dengannya ideologi masing-masing. Keempat: lantas fase yng yang terakhir ini beliau yng menyuburkan symbol-simbol agama digunakan dalam ke hidup-an, termasukJilbab/Hijab/Kerudung. Sebuah catatan yng penulis tekankan merupakan pada awal mulanya masyarakat belum berfikiran akan memodifikasi gayaJilbab/Hijab/Kerudung orang-orang. hal ini tentu saja bisa dipahami bahwasanya, masyarakat gres berguru menggunakan simbol gres yng sebetulnya telah usang dikenal, dampaknya merupakan normative, dan masih sesuai yang dengannya ketentuan yng selaras yang dengannya dalil.
Fase selanjutnya memanglah Jilbab/Hijab/Kerudung menjadi ekspresi dominan masyarakat muslimah indonesia. hal ini mendorong juga dimunculkanya aturan-atruran yng melegalkan Jilbab/Hijab/Kerudung, lebih-lebih di instansi-instansi islam yng menjdai forum pendukung kebudayaan ini. Dampaknya massiveJilbab/Hijab/Kerudung menjadi hal yng biasa ataupun lumrah pada perkembangan selanjutnya. Kelumprahan ini beliau sebetulnya akar dari sebuah upaya desakralisasi Jilbab/Hijab/Kerudung itu sendiri, ditambah pengutamaan pada esensi kewajiban berkerudung bagi seorang muslimah mulai ditinggalkan, dan cuma sebatas aturan berkerudung yng diberlakukan, lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk sekolah islam. Tentu saja hal ini tak mewadahi jikalau muncul sebuah apologistik, terhadap esensi berkerudung.
Sumber: Internet

Sumber Rujukan Dan Gambar :

0 Response to "Jilbab/Kerudung Dan Perkembangannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel